Senin, 30 Desember 2019

Usai Painting Tetap Bermasalah Pada Knalpot

Malam ini ada inspirasi baru dari medsos,kebetulan besok juga mau touring ke magelang, semarangvia jogjakarta sementara knalpot kami juga sedikit bocor meski kecil sifatnya, namun cukup mengganggu kenyamanan (suara).  Sudah lama dan kangen merasakan memori ini. Bedanya, saat itu untuk menjaga rumah kakakanda yang sedang naik haji ke Makkah. Khusus touring besuk memang sedang ada acara khusus, spesial dan ditunggu keluarga besar kami menyangkut urusan tinggalan almarhum kakek, yang memang perlu diurus dengan serius.

postingan bp sony di wall nya

Langsung persoalan saja, kasus yang dialami brother senior dari Banyuwangi (Bp Sony Yormarsono) tentang knalpotnya. Ternyata setelah pekerjaan selesai atau usai painting tetap bermasalah pada knalpot yang menjadi bahasan ini, mendapat respon baik dari sesama biker CB. Beliau Pak Sony memang sudah tak perlu lagi ditanya pengalaman touringnya. Barusan beliau dari touring panjang dan jauh IDT (indonesia bagian timur) yakni papua. Status beliau cukup membuat wah.....sekaligus kebanggan biker CB Nusantara karena untuk menuju sana diperlukan stamina tubuh dan stamina kantong yang tak sedikit. Berapa habisnya ? tanya saja, beliau sangat rajin posting posting wajar di wall FB nya. Termasuk even nasional jambore CB belum lama ini yang berlangsung di bumi Sulawesi tepatnya Sulawesi Selatan.

Di video ini terlihat dengan jelas, apa penyakitnya dan cukup jelas dilihat dengan mata telanjang. Kenapa bisa demikian ?. Banyak saran dan masukan yang diberikan oleh brother brother lain, dengan sukarela serta loss gass....hahahaha, istilah yang akrab dan floor (ikhlas) demi kawan sesama biker CB.



Adapun nasehat, masukan dan saran dari beberapa kawan akan diturunkan sebagai berikut (kami ambil yang agak cukup uraiannya) :

  1. Slamet Haryadi Coba pake cat khusus tralis pak.merek aclose super yg black dop.yg pnting ksh bersih depu permukaan.👍👍  
  2. Gedhang Yoyok ngecatnya di panggang di kompor/di panasi api kalau pakai cat hi temp pak sony 😁
  3. Paijo Ok Bersihi kenalpotnya kurang bersih pak Sony sama sedikit rekomended sebut merk pakai merk oksigen piloknya. Semoga bermanfaat.
  4. Paijo Ok Sonny Yoemarsono belinya pilok di toko tiga warna ato sering disebut wa wa wa sudah tersebar dmn2 kok pak Sony. Kemungkinan kurang bersih le bersihi knalpot. Setau q hi temp kalahnya sama bensin. Bukan sama panas pak son.
  5. Kaconk Nouva Powder coating aman mbah paling klo kenalpot aja gak sampek sertus di jamin uawet
  6. Ribut Susanto Klo barang lama dicat anti panas hrsx disandblass dulu pak.... Biar bersih dari material lepas...
  7. Rizaldy Abdillah Media yang di cat harus bersih, terutama dari karat
    Bisa pakai gerinda brus, kalau permukaan kurang rata (karat parah) bisa d haluskan dengan mata gerinda amplas (flap disk)
    Lalu lanjut amplas dengan air sabun untuk membuat pori" pada permukaan dan mem
    bersihkan kotoran serta minyak (amplas kasar saja, ukuran 400 atau lebih kasar lagi)
    Pengecatan awal tipis", media tidak perlu tertutup cat sempurna (tipis wae pokok e beh) biarkan mengering (kira" surya 1 batang sambil ngopi)
    Lanjut lapis ke 2 tipis dan rata (biar mengering lagi, tinggal ngopi)
    Selanjutnya bisa d tebalkan catnya, cat hi temp juga tidak boleh terlalu tebal (jarak semprot -+ 30cm)
    Pingin simple powder coating
    Maaf kalau salah, masih belajar juga
Terima kasih kepada Bp Sony atas postingannya malam ini, sebagai bahan pekerjaan knalpot yang akan kami lakukan untuk cek ricek meski hanya kecil persoalannya. Namun untuk wawasan dan masukan jangka panjang, nampaknya kasus knalpot pak Sony bisa juga dialami brother brother lain terhadap motor kesayangannya yakni CB nya. Semoga artikel ini bermanfaat kepada kanjeng pembaca yang budiman serta siapapun dan dimanapun.




0 comments: