Merawat Knalpot

Bicara perawatan terutama kelengkapan motor CB, tentu lain biker atau pengendara lain cara serta lain perlakuan. Di tulisan ini yang akan dibahas tentang knalpot yakni knalpot CB pada khususnya, berdasar pengalaman pun lain lain untuk masing masing biker. Yang akan disajikan berikut ini apa dan bagaimana kami menggunakan aplikasi knalpot yang ada. Adapun bilamana pembaca atau biker secara umum bisa saja memberikan pengalaman sejenis bahkan untuk menambahkan agar menjadi variatif. 

Pada awal masih menggunakan knalpot GL orisinilan, namun kira kira 6 bulan rasanya kurang nyaman. Suaranya cukup besar dan sedikit malu bila jalan di kampung. Begitu lihat knalpot tirev bro Ari Ghotic, waktu masih mahasiswa yang sudah sering gaspol dengan CB nya hingga jamnas CB jakarta TMII sedikit tertarik juga. Akhirnya knalpot tirev nya kupinang dan ternyata dibolehkan. Gulu banyak kami pertahankan dan cukup diganti tabung di bagian belakang saja tentu dengan jalan dipotong. Sambil menyesuaikan pengelasan untuk menenpel dengan dudukan yang disesuaikan dengan bentuk kaki kakinya karena knalpot sebelumnya sedikit lebih 


Knalpot Yang Sekarang Dipakai

Selama menggunakan knalpot tirev, suara cukup stabil tidak pelan juga tidak ngeplor ( suara meledak ), meski kecepatan yang tinggi tetap tidak membuat gaduh, jalan malam di kampung masih terasa nyaman. Hal yang kami sukai knalpot jenis tirev yang dipakai hingga sekarang ( 2 tahun sudah pemakaian ) jika di medan/ jalan yang seedang turun timbul atau muncul seperti meriam namun dengan suara rendah dengan bunyi maksimal 10 X. Saya tidak begitu tahu ini akibat atau gejala apa, namun melihat kondisi juga tak ada yang bocor. Nikmati saja kemana arah dan jalannya aspal naik atau turun, akan tetapi itu tadi jika menuruni jalan akan ada suara itu dan menjadikan kangen tersendiri.

Beberapa hal selama menggunakan knalpot tirev yang sudah kami lakukan diantaranya

1.  Tidak menggeber situasi apapun, kecuali untuk salam blar blar saja karena ini adat
2.  Memberikan tambahan las yang kecil untuk lubang lubang kecil yang bocor
3.  Membersihkan bagian luar sesekali dengan cairan pembersih
4.  Tidak memainkan gas, meski ada kawan atau biker CB lain yang mendahului di jalan
5.  Cek dan ricek tiap 1 bulan untuk deteksi kebocoran, namun ini bukan 1 keharusan
6.  Bila ada dana yang cukup, bukin mengkilap knalpot akan berdampak positiv, coba saja


Knalpot Apa Adanya

Godaan setan berupa " menggeber knalpot " saat acara CB atau acara motor apapun sangat membuat pusing 7 keliling panitya yang menjadi penanggung jawab. Spanduk dengan tema tema " No Bleyer Bleyer atau No Geber Geber " yang selalu disuarakan panitya sepertinya belum cukup efektiv untuk meredam kebanggaan motor CB nya. Perlu diingat, tindakan ini sebenarnya rawan pinalti dari masyarakat sekitar atau lokasi acara. Jika tidak bisa kontrol, justru akan ada penghakiman massa akibat salah atau kelebihan membleyer atau menggeber knalpot serta menggangu kepentingan umum. Dan ini sering terjadi di saat kritis yakni saat bubaran acara atau biker biker sedang berencana untuk pulang ke rumah masing masih, Naaah......!!!

Silakan para kanjeng pembaca atau biker biker memberikan koreksi atau tambahan pengalaman yang bila perlu yang asli atau tidak dibuat buat.

Terima Kasih sebelumnya.

0 komentar: