• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Sabtu, 16 Desember 2017

Obat Kilap Dan Karat Ternyata Ada Peminat

Tak disangka setelah menulis tentang klithikan Banjarsari dan bisa simak sini, ternyata ada yang berminat dengan cairan tersebut. Karena ada 2 jenis yakni untuk karat dan kilap, maka tulisan ini sekedar share untuk brother dari kalimantan selatan atau tepatnya Banjarbaru. Semoga ada kecocokkan, sebab untuk pemula pemakai cairan ini, cukup manjur. Namun belum dicoba jangka panjang. Bisa jadi nanti kawan kita ini bisa untuk testimonial. 

Foto nanti menyusul, mengingat baru ada problem di kamera HP dan kamera manual (sony classic type). Cairan untuk pembersih karat segelnya merah dan untuk pengkilap segelnya berwarna putih. Jika ada masalah dengan cairan dapat saja kasih masukan, sebab produk ini merupakan karya UKM yang berada di kawasan Solo jawa Tengah. Pengiriman dengan pos kilat khusus dengan nomor barcode : 160.819.709.36. Meski hanya reporting, sengaja ditulis dengan tema Obat Kilap Dan Karat Ternyata Ada Peminat, mudah mudahan ada yang merespon dari pulau lain yang ada di Indonesia.

Kamis, 14 Desember 2017

Pelatihan UKM Bidang Apapun Itu Penting

Anda bergerak di bidang usaha yang masih skala UKM baik merchandise atau bengkel. Jangan lupakan walaupun sederhana pelatihan itu. Disamping meningkatkan kredibilitas, akan menambah wawasan meski bidangnya sangat specific ( khusus ). Di saat ini karena sesuatu hal, yakni menunggu ibunda yang masuk usia udzur tiap tahun teringat pelatihan yang membahas problematika dan solusi terhadap perkembangan UKM yang makin meningkat. Pelatihan waktu itu diadakan oleh UGM dan meski cukup alokasikan anggaran lebih kurang 10 tahun lalu termasuk besar, namun manfaatnya cukup banyak. Akan tetapi bila masih scope nya seperti ini, memang perlu perjuangan sendiri agar naik kelas seperti miliki workshop sendiri, atau kantoran sendiri meskipun sederhana.


gubug ziptshirt jogja yang sekarang di Solo 

Pelatihan dibimbing pakar manajemen yang sifatnya umum. Namun pada sessi khusus panitya menyediakan tanya jawab antar pemilik UKM untuk saling bertukar pikiran hingga persoalan kritis. Ada 1 peserta pengusaha bengkel motor  ( juga belum besar dengan 5 karyawan ) andil dalam pelatihan itu. Persoalan klasik yang ia alami, setelah karyawan agak lihai dan banyak langganan lalu keluar dan mendirikan usaha sendiri. Akhirnya pelanggan lama pada lari mantan karyawan tersebut. Persoalan ini juga dibedah di acara tersebut dengan mentor khusus. Kalau tak salah ada 3 mentor yang sudah recomended.


Contoh Sertifikat Usai Pelatihan

Ketika kami akan pisah manajemen yakni terjadi 4 tahun setelah pelatihan itu, ternyata pakar manajemen bisa kita libatkan dan dijadikan acuan ( masukan ). Permasalahannya, bidang produksi mau misah serta akan mandiri sedangkan bagian finishing & potong bahan menjadi mandiri pula. Menurut pakar majemen yang dilibatkan, solusinya adalah : sebaiknya dengan label/ merek tetap. Produksi masih bisa nebeng (subcont/ borongan) dengan produksi yang lama. Mengingat tim produksi juga cukup anggotanya ( sekitar 5 personil ). Bagian finishing kebagian 4 personil. Dengan berbagai masukan, saran, nasehat dan rasionalitas akhirnya pada minggu depannya memang misah dalam arti lokasi dan studio. 

Nah, inilah pengalaman tak terlupakan saat terjun di bidang merchandise yang waktu itu ramai dengan konsumen : motor antik, komunitas CB, komunitas kucing, dll. Awalnya memang berat, karena tadinya 1 atap tiba tiba semua perlu kesana kemari untuk serahkan files, bahan, hingga antrian tidak seprti semula. namun semua tetap ada manfaatnya, dan pelatihan UKM bidang apapun itu penting dan jangan sampai dilewatkan. Boleh jadi anda sebagai pelaku usaha meski skala berapapun suatu saat akan membesar  dan berkembang. Makin berkembang, persoalan pun menjadi tak sederhana pula.

Minggu, 10 Desember 2017

Pelindung Angin Sepeda Motor Dipasang Di CB

Tadi pagi tiap senin pagi, biasa mengantar istri untuk balik ke Jogja (zip production) masih beroprasi disana. Tanpa sengaja jalan jalan ke pasar klithikan banjarsari, dimana dulu dapat dapat ini pula, sejenak lihat kaca pelindung angin sepeda motor yang terbuat dari acrylic kalau tak salah. Memang sepertinya untuk dipasang di motor CB dengan model stang klasik/ lama tentu perlu olahan atau memodif dengan cara menambah dudukan/ baut dan skrup. Yang penting ambil dulu, perkara cara pasang/ install belakangan sajalah, pikir saya.

inzet gambar : sumber tokoonlin88.com

winshiled glass/pelindung angin

Mungkin ada kawan kawan yang sudah miliki pelindung angin sepeda motor dipasang di CB, mungkin bisa saling berbagi pengalaman. Bentuknya perlu dirubah atau tetap dipertahankan ?. Sebab ini bersifat ornamen atau hiasan saja, sebenarnya tanpa inipun tak masalah. Namun demi menambah asesoris depan agar ramai, sepertinya winshiled glass/ acrylic ini cukup menawan juga. Silakan yang punya arsip atau dokumen motor CB anda yang sudah dilengkapi pelindung angin ini yang mustinya cocok buat motor matic, namun apa salahnya diaplikasikan buat motor CB.

Rabu, 29 November 2017

Tips Melindungi Motor CB Dari Serangan Hujan

Datanglah musim hujan menjelang penghujung November 2017. Segera ambil tindakan untuk melindungi motor CB kesayangan anda. Musim hujan kali ini cukup menandakan keadaan yang ekstrim yakni hujan dengan volume dan debit air yang besar. Di Solo kemarin malam, air sungai bengawan Solo hampir sejajar dengan muka tanah, di jalur Ponorogo-Pacitan ada informasi tanggul jebol, putuslah jalur 2 kota strategis lintas selatan tersebut. Wonogiri ....? Paling parah nampaknya. Sebagai motor yang berusia kurang lebih 30 tahun, tentu perlu perawatan dan perlindungan dari kondisi luar termasuk pengaruh air hujan.

inzet gambar : foto kiriman twitter mbak ana (khazanah).

Jalur Pacitan 28 November 2017

Meski kadar asam dari air hujan yang masuk permukaan bumi sudah berkurang akibat filter dari udara, tetap saja zat zat yang terkandung dalam air hujan bisa menyebabkan korosi (teyeng). Teyeng bila tidak segera diantisipasi akan sebabkan karatan yang lebih susah pembersihannya. harus dengan perlakuan khusus dan biaya ekstra. Yang miliki dana lebih, tentu tidak sayang untuk kromisasi lagi. Bagaimana yang dananya cekak atau minim ?. Karaten ini terkadang bila luput dari pantauan, efeknya tak enak dilihat. Misal : busi jadi agak warna kuning sekitar luarnya, besi beghel jadi kotor, velg akan berisik dengan warna kekuningan tidak teratur dll.

Efek Air Hujan Cepat Bikin Korosi

Bila hujan belum begitu deras, lakukan hal hal sebagai berikut :
  1. Pinggirkan segera dan tetap lindungi motor dengan apapun yang ada, misal jas hujan. 
  2. Jika tak bisa dipindah, misal tempat parkir segera akhiri belanja anda dan ambil tempat aman untuk istirahat sebentar. Knapa ? buat menghindari slagh berkali kali akibat kedinginan, hehehehe. Motor kok kedingianan.
  3. Bila sedang di jalan raya, segera stop/ berhenti dan cari tempat aman untuk ngopi sebentar atau sekedar rest agar badan tetap segar terutama yang tak bawa jas hujan
  4. Bila memungkinkan, segera cek busi anda langsung apakah kemasukan air meskipun sedikit. Ingat, sedikit waktu cek lebih baik daripada terlambat
  5. Bila sudah save dan aman, segera guyur motor dengan air yang bersih. Jika memungkinkan cuci sekalian dengan sabun apapun, sabun mandi juga tak apalah bila tak ada sabun cair atau sabun khusus motor.
  6. Berdoa agar hujan segera berhenti, hehehehe. Berusaha juga boleh khan
Kulonprogo DIY

Nah itulah tips sederhana untuk melindungi motor CB kesayangan Anda. Jangan lupa beri ulasan atau komentar bila tak berkenan dengan tulisan ini. Hujan memang tak ada yang mengharap, namun dengan hujan terciptalah kehidupan dan mudah mudahan sedikit Tips Melindungi Motor CB Dari Serangan Hujan cukup memberi pencerahan hari hari anda seiring hujan yang tiap hari turun.


Sabtu, 11 November 2017

Antara CB Motor & CB Mandor

CB yang dikenal selama ini dengan sepeda motor antara tahun 1973 hingga 1977 an, masyarakat indonesia hingga dunia cukup mengenal prosuk otomotif klasik ini. Tahukah nama CB juga sebuah profesi di dunia nyata terutama yang berdomisili di Solo Jawa Tengah yakni satuan keamanan untuk kebon tebu yang dipakai bahan baku pabrik gula. Di era 70 hingga 80 an, karena lahan tebu masih banyak dan penduduk juga masih jarang jarang maka terhamparlah kebon tebu di tengah perkampungan. Sebut saja di wilayah Solo selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo. Bisa dikatakan sekitar wilayah ponpes Ngruki saat ini hingga Waringinrejo.

Satuan keamanan CB ini atau sebut saja CB Mandor amat ditakuti anak anak yang gemar mengambil sisa sisa tebu yang masih ada usai panen raya. Meski demikian, tak membuat jera ( kapok ) anak anak untuk memanfaatkan tebu yang masih organik tanpa banyak bahan kimia saat musim tanam alias natural atau alamiah karena lahan itu memang cocok dan cukup untuk pengadaan pabrik gula setempat. Kami sendiri bisa dibilang tak banyak lakukan ini, hehehehe .....namun masih ingat sekitar 5X memanfaatkan waktu luang usai sekolah. Yang bikin ngeri bila pas ambil meski sekedar potongan/ tak utuh batangan tebu, maka CB Mandor ini langsung bunyikan peluit untuk lakukan pengejaran manual/ kaki dan sepeda. Inilah sekelumit kisah yang melatarbelakangi tulisan Antara CB Motor & CB Mandor

inzet gambar : pabrikgulamini.blogspot.co.id

panen tebu zaman doeloe

Belum banyak digunakan sepeda motor, karena memang lahannya mudah dan cukup dengan sepeda. Kecuali untuk lahan besar, mungkin sudah dikaryakan sepeda motor dinas seperti Honda XL 125. Bila ada yang ketangkap, hukumannya juga lokal ( langsung di tempat ). Namanya anak anak, kadang alasannya bisa melampaui alasannya wanita (ada saja untuk merengek rengek) agar lolos dari hukuman berupa : lari lari, push up hingga tak boleh pulang hingga sore sekitar jam 17.00. Saat itu juga lampu/ listrik masih terbatas, bila magrib tiba orang tua sudah gelisah bilamana anak anak belum pulang dan biasanya tempat pelampiasannya adalah masjid atau lapangan bola. Jika tidak ada, bisa ditebak perkiraan orang tua, pasti cari tebu di wilayah selatan.

Ada yang unik dan mungkin cukup berharaga untuk sebuah nilai pemerataan. Anak anak yang berhasil bawa pulang tebu tebu ini, misal 5 batang atau lebih. Kampung kapung yang dilewatinya, akan dicegat anak anak juga untuk saling berbagi hingga sampai rumah paling paling bisa menyisakan 1 batang saja. Hal ini sudah berlangsung bertahun tahun dan demikian perlakuannya, bila tak mau berbagai bisa dipastikan akan terjadi kelahi dan aturannya tangan kosong. Mungkin tak perlu bertanya hukumnya bagaimana. yang jelas dengan adanya CB Mandor tebu ini cukup mengisi hari hari hingga lahan lahan itu menjadi lahan perumahan, yang sekarang bisa disaksikan adanya perumahan cukup padat. Namun siapa sangka, dulunya adalah sejarah penting buat anak anak untuk menjadi kenangan & pelajaran persaudaraan antar kampung. Tanpa disadari, anak anak yang tumbuh hingga pemuda antar kampung itu saling mengenal dan akhirnya tak sedikit yang menemukan jodohnya, karena kisah CB Mandor yang sudah mulai dilupakan saat ini.

Senin, 06 November 2017

Nabi Alami Kecelakaan Tunggal Tidak Akibatkan Meninggal

Fenomena alamiah jelang acara otomotif skala besar, terkadang dihiasi berita mini atau singkat yang isinya tentang kecelakaan tunggal. Tidak bermaksud mengangkat berita kembali yang sudah kadaluarsa, namun inilah kenyataan yang sering terjadi mas juragan sekalian baik biker atau boncenger. Belum lama kira kira pertengahan bulan Oktber 2017, sepasang kekasih yang akan menuju acara Jepara telah alami kecelakaan tunggal dan menurut informasi yang berkembang keduanya meninggal setelah beberapa waktu. 

Seekor Unta Berjalan Sendirian

Pernah tulisan serupa dipaparkan di tulisan kecelakaan tunggal menimpa wanita yang berakibat wanita itu meninggal. Secara umum yang dialami utusan Tuhan ini ( N Muhammad SAW ) serupa sepulang dari perjalanan, bahkan dalam misi suci karena membebaskan Khaibar yang sebelumnya alami pemboikotan ekonomi besar besaran. Gambaran itu dikisahkan dalam sebuah hadist Bukhori no : 3084 ( buku aslinya sahih Bukhory ) dan dari download google : 2856 dengan tema nabi alami kecelakaan tunggal tidak akibatkan meninggal

Klik Untuk Membaca Terjemahan

Dari keterangan atau info itu bisa diambil beberapa faedah 
  1. Seorang insan mulia dunia ini ( utusan Alloh SWT ) pun seperti manusia lain pernah alami kecelakaan tunggal pada misi mulia
  2. Menolong saudara/ kawan/ teman baik kenal atau tidak, ternyata pernah dilakukan seseorang dengan menawarkan diri
  3. Menolong tak terbatas jenis kelamin, dalam kasus diatas justru yang ditolong adalah wanita, sedang Nabi masih sehat
  4. Bisa diperluas, pertolongan tanpa pandang bulu dari kelas, golongan, bangsa apapun untuk korban kecelakaan baik tunggal apalagi massal
  5. Disarankan berdoa untuk para pengendara yang akan memasuki tujuan, meski contoh di atas akan sampai di rumah. Alangkah baiknya doa/ permohonan keselamatan saat kepergian sebelumnya
  6. Kecelakaan tunggal bisa menimpa siapa saja dengan tujuan kepergian apapun juga, meski tujuannya mulia pun tak kan pernah bisa menghindar dari kecelakaan tunggal

Rabu, 25 Oktober 2017

Tema Publik Mendekati Motor Klasik

Semakin rumitnya urusan publik baik situasi yang kurang menentu dalam hitungan pekan/ mingguan atau bulanan, karena tema publik memang mengundang reaksi yang langsung dan sering menggunakan jalanan sebagai respon balik dalam rangka menyuarakan pendapatnya seperti yang terjadi belum lama depan gedung DPR. Uniknya, meski kondisi jalanan macet tetap ada yang diuntungkan minimal para asongan air mineral serta jajanan murah meriah. Pernah terjadi saat mau hadiri acara jamda Jawa Tengah ada tontonan di Temanggung di jalan raya, akhirnya cari jalan alternatif buat tembus acara CB regional itu. Urusan publik memang klasik dan umumnya seputar kebijakan yang terkadang mendadak/ insidentil. Mungkin inilah yang menyita perhatian publik, sedangkan persoalannya klasik, berputar seputar persoalan yang dulunya pernah terjadi. Antara klasik dan publik memang ada kaitan bila memang dihubungkan. Contoh nyata, soal klasik tentang kenaikan BBM yang akhirnya menyedot perhatian publik.


Tema Klasik Memang Asik

Tadi malam sekitar jam 20.00 ada diskusi metroTV dengan tajuk  hindari benci mari berkreasi dengan nara sumber seorang wanita. Kami kurang tertarik dengan pembicaraannya, namun ini hiburan satu satunya ibunda yang mulai senja tetap kubiarkan sajalah. Judulnya singkat, namun padat makna. Tentu hal ini tak dibahas di blog ini materinya secara mendalam. Akan tetapi pemilihan judulnya, yang bikin interest/ tertarik. Sepertinya dunia motor klasik apapun jenisnya, apalagi CB Indonesia tema tema singkat namun padat menjadi santapan empuk untuk tema merchandise atau tema sebuah acara. Padanan kata yang hanya 2 unsur lalu diakhiri 2 unsur dengan susunan sejenis seperti meredam benci mengasah kreasi. Intinya sebenarnya merajut kreasi, namun untuk pemanis ungkapan 2 kata di depan membuat nampak berisi tema itu.

Cara ini pun yang pernah ziproduction pakai untuk menentukan ide, judul, tema kaos atau apapun promosi produk. Dengan bahasa singkat namun padat makna amat disukai publik indonesia baik masyarakat awam hingga komunitas. Maksimum susunan adalah 3 kata di awal dan 3 kata di belakang. Bila lebh dari itu, sebaiknya dibuat histori singkat. Yang sepadan dengan tema diskusi tadi malam yakni meredam benci merajut kreasi misalnya :

Nganggo Cebe Dijamin Pedhe
Dari Hati  Kami Berbagi
Rono Rene Dulure Ente
Bojo Muring  Tetep Touring


yang terdiri dari 3 suku kata misalnya :


Jangan Ngaku Kaya - Sebeleum Naik Motortua
Saat Gas lepas - Jarakpun Tiada Batas
Lagi Raiso Touring - Isone Lagi Posting ( untuk stiker )
Sakdurunge Numpak Harley - Dolano Nganggo Cebe 


Yang lebih dari 3 suku kata masuk kategori cukup mahir mewujudkan ide. yang pernah dikeluarkan zip production seperti dan para pembuat produk memang perlu kategori ini, karena lebih kreatif serta sedikit lebih sulit.

Jiwaku Sudah Terlanjur Klasik - Bukan Matik Ataupun Plastik
Hujan Deras panas Terik - Honda CB Makin Asik
Kulo Sanes Gangster Dhee - Kulo Namung Biker Cebe

ada juga yang unik, yakni tidak sama akhirannya namun cukup familier yakni :


Umpomo Aku Ora Ngopeni CB - Mesthi Iso Munggah Kaji

Dengan dipilihnya tema atau judul untuk acara diskusi di media massa dan televisi, nampaknya memang erat kaitannya antara publik dan klasik, Silahkan bagi para kreator ide atau judul apapun untuk kelengkapan dan pengenalan produk anda. Tidak terbatas di merchandis saja, akan tetapi cocok juga untuk bidang lainnya. Makin singkat susunan tema/ judul justru akan memiliki daya tarik tersendiri.