Beriklan Keluar Jalur

Terkadang iklan bisa dibuat dengan persis apa maunya yang di iklankan. Ketika berada di bandara Jeddah beberapa waktu lalu, banyak sekali iklan dengan tulisan besar dengan materi " simcard baru " di negara baru, bahasa iklan tidak aneh aneh dan lugas. Ada kuota sekian harga sekian dan seterusnya. Media pun hanya dengan 1 logo atau 1 gambar dan tidak banyak menggunakan gambar hiasan seperti outline atau gambar penunjang lainnya ( dalam hal kuota misalnya orang sedang bertelpon ria, atau sedang memegang HP ). Itu di negri timur tengah yang relativ perlakuan hukum sangat ketat sekali apalagi wilayah Jeddah wilayah transit seluruh dunia bagi mereka yang mau ke tanah suci.


Sedikit Iklan Di Wall Bandara Jeddah 


Iklan Sugeng Rawuh Di  Jeddah.....Woo Keren

Lain ladang, lain belalang. Lain motor lain karakter pemilik ( khusus motor klasik ). Masih kaitan dengan tulisan sebelumnya, ini tentang dunia iklan dalam seni menjualnya baik part/ onderdil atau motor utuhnya.Pernah ditulis tentang bengkel : masbro nyentrik ini, tentu untuk melanggengkan usahanya dengan cara " Beriklan Keluar Jalur ". Iklan iklan di jalanan sebut saja sebuah perusahaan sigaret, baik di media elektronik atau fisik akan menampilkan gambar latar yang sama sekali tak ada hubungan dengan produk tersebut. Sama sekali tak ada hubungannya. Mungkin inilah yang ditempuh masbro nyentrik diatas agar tetap survival  ( berkelanjutan ).

Iklan Uus Yang Fotonya Cukup Jelas

Contoh cara berjualan part atau motor yang dilakukan Masbro Uus ( Kus ) terbilang nyentrik dan memang ini tidak bermasalah sepanjang yang membaca adalah komunitas pencinta CB dan saudara klasik lainnya. Jika diluar kalangan ini yang membaca atau kebetulan mendapati status atau postingnya, bisa berabe berat. Tidak ada niyat atau posting berkaitan dengan bahasa nya langsung, namun itulah pendekatannya. Bedakan dengan dengan bahasa politik lah, kira kira begitu. Seperti berikut ini :


Monggo yg minat GL 100 ,,,,basic newtec 1995

Mesin full mp primus yustisio,,,,,
Kitab suci lengkap dan hadistnya,,,Pajek panjang ,,,KUDUS JAWA TENGAH.
Harga.,,,9jt nego sitik wae rasah akeh akeh...
Siap turing,jengat jengat koyo salto...
Wa.082136607087.
5baa0ddd.


Foto 2 Iklan Sama Sama Bagusnya Dengan 1

Contoh lainnya, tak kalah nyentriknya dengan materi pertama ( motor utuh ), akan tetapi berkaitan dengan part/ onderdil ( baca bekas ). Disini pemasang iklan menggunakan jalur bahasa non standard komunikasi bahasa iklan yang umum, namun sekali lagi hanya kalangan CB yang bisa memahami makna iklan iklan ini. Kesimpulannya, bila anda bagian dari pencinta CB atau pencinta motor klasik lainnya, hal hal demikian sudah sangat dikenali dengan baik ( wellknown advertising ).


Penggerak hati,,,

Cinta bukan hanya di bibir saja,,,,Tapi bukti nyata...





Ada 2 metode yang sering dijumpai pembuat iklan : gambar jelas dan terang namun dengan bahasa bebas, yang kedua tanpa bahasa apapun ( keterangan penunjang ) cukup dengan satu ( 1 ) gambar saja sudah memudahkan dalam membuat iklan berkesan, seperti yang yang lazim ( pegadaian ). Yang penting dalam beriklan tidak menmbuat down ( menyerang ) pihak pesaing/ kompetitor, dan selama dasar ini dipakai semua dalam beriklan syah dan wajar meski " Beriklan Keluar Jalur ".



Ternyata beriklan diperlukan jurus jurus pula, agar calon konsumen atau pengguna hingga calon pembeli benar benar yakin akan tujuan pemasang, yakni pihak pertama yang berkepentingan dengan iklan tersebut. Selamat beriklan, dan terserah dengan apapun keadaannya yang terppenting : singkat, padat, tepat.






0 komentar: