Kelangsungan Usaha Itu Perlu Iklan

Menurut istri yang full mengurusi kegiatan di zip production Jogja, bahwa akan ada job order berbahan baju atau kemeja, maka hari ini langsung saja memanfaatkan forum atau wadah buat iklan untuk lowongan kerja bidang penjahit ( sewing operator ). Bersamaan mencari tenaga untuk penjahit, ternyata mesin potong kain sedang trouble juga. Ini namanya " pas pas an ". Pas ( saat ) butuh sesuatu, pas rusak sesuatu. Pas pas an memang kadang ada bagusnya, namun tergantung situasi dan kondisi. 


Forum Iklan Yang Diminati

 Biasanya usai iklan dan terpasang, respon cukup cepat dan masalah negosiasi sangat tergantung pengelola dan calon yang berminat.  Mbak nuri/ Bu Nuri yang kebetulan menghandle aktivitas di zip production memang cukup piawai hadapi calon tenaga. Dengan keramahan dan keluwesan, umumnya calon tenaga kerja akan memaklumi keadaan berdasarkan situasi dan kondisi yang cukup rasional. Pengalaman yang sudah sudah, umumnya dibuat model harian/ salary dulu, setelah nampak kemajuan akan dibuat sistem borongan.



Ini salah satu antisipasi saja, agar usaha itu berlangsung dan tak melulu hanya melayani penggemar atau biker CB. Bahkan kampus kampus sudah pada mengenal dan customer tetap meski hanya untuk jasa potongan dan jahitan. Tak ada rotan, akar pun jadi. Di situasi yang serba " apa apa naik " seperti sekarang, survival adalah sesuatu yang mahal. ketatnya persaingan, produk yang murah dari import,  bahan baku justru semakin naik, operasional yang merangkak tidak pernah turun seperti listrik dll, merupakan komponen yang tak bisa dihindarkan. namun semua memang harus dihadapi agar usaha tetap berjalan dan salah satunya dengan promosi.
 
Aktivitas Harian Di Zip Production
  
Oleh karenanya " kelangsungan usaha itu perlu iklan " atau pengenalan terus menerus tiada henti dan tak boleh bosan. Bosan adalah bumerang dan bumerang sangat mematikan diri sendiri, betulkah...?

0 komentar: