Dislagh 50 Kali CB nya Baru Hidup Normal

Setelah 13 hari meninggalkan mu ( CB Biru ), hari ini dan pagi ini ternyata perlu kesabaran prima. Tadi malam sudah 20 kali ngeslagh/ nyetarter tidak hidup dan hanya hidup 2 kali saja. Akhirnya kutinggalkan saja di rumah ibu mertuwa. Paginya atau tadi jam 09.00 saya ambil dan tak diduga perlu beberapa juga buat ngeslagh lebih kurang 20 kali. Total 50 kali untuk hidupkan CB Biru yang sekian waktu saya tinggalkan. Tak ada yang rembes, tak ada yang bocor, tak ada yang kempes dan semua normal normal saja.  Cek karburasi juga normal, cek busi juga norlam. Kepergian umroh ke tanah suci Madinah dan Makkah selama 12 hari plus 1 hari isrtirahat, ternyata menyisakan cerita yang mungkin bisa saling berbagi info.


Sesekali Berkostum CB Pas Jalan Di Madinah

Lalu masalahnya apa dan dimana..?. Inilah yang mungkin akan sama dialami sohib dan kawan pemilik motor jenis lama/ lawas. Kebiasaan memanasi di pagi hari ( warming up ) atau buat jalan jalan meski tempo yang ssebentar pengaruhnya besar terhadap sirkulasi, putaran, pembiasaan jalannya mesin dan komponen. Bisa diibaratkan, tubuh yang dipakai bergerak tiap hari, akan beda dengan tubuh yang hanya duduk duduk di meja nyaman dengan AC. Para petani di sawah, kuli bangunan dan semisal nya, secara fisik dan tubuh akan lebih sehat dibandingkan mereka yang berjam jam duduk dengan seabrek gadget dan HP atau notebook. Secara kasad mata demikian. Persoalan lain adalah saat mau akses email ternyata juga berubah saat di Jedah, sebuah kota kira kira 2 jam dari Makkah.




Ada empat (4) langkah bisa lebih tentunya, saat mau meninggalkan motor lawas anda untuk sementara waktu ( sumber mpm-motor ), meski untuk segala jenis motor namun bisa diterapkan bila motor anda berjenis klasik, lawas mislanya CB.

  1. Kondisi Sebelum Ditinggal
Sedapat mungkin meninggalkan sepeda motor ( baca CB anda ) dengan kondisi bersih dan kering. Hal ini untuk menghindari korosi atau karatan selama ditinggal. Biasanya sebelum ditinggal sepeda motor dicuci dulu, dalam kondisi tersebut harap dipastikan kondisi benar – benar kering setelah dicuci.

  1. Memastikan Sepeda Motor dalam Kondisi Terkunci
Pastikan kondisi motor dalam keadaan terkunci dan jangan meninggalkan kuncinya di rumah atau tertancap pada sepeda motor. Sering terjadi lupa, ketika sepeda motor matic posisi mati karena standar samping turun, tetapi posisi kontak tetap on. Hal ini menyebabkan aki atau baterai tetap terpakai padahal kondisi mesin mati. Pada saat mesin akan dihidupkan kembali maka electric starter akan tidak berfungsi. Untuk mengatasinya adalah dengan memastikan posisi kunci dalam posisi off.  Khusus CB biasanya, kunci sering nancap baik kondisi aman atau ditinggal ( pantauan saya kepada beberapa pemilik demikian tabiatnya ). Mungkin pikirannya, melihat motornya sudah mikir berkali lipat bagaimana mau hidupkan..?

  1. Perhatikan Posisi Penyimpanan
Ketika meninggalkan sepeda motor perlu diperhatikan posisi parkir atau penyimpanannya. Yang pertama untuk keamanan, agar tidak mengundang niat buruk orang jahat. Usahakan agar tidak terlihat dari luar rumah. Yang kedua untuk menjaga kondisi sepeda motor, bila terpapar panas matahari dan hujan dalam waktu lama, maka akan timbul resiko terjadinya korosi atau karat pada komponen – komponen tertentu di sepeda motor. Berikutnya, perlu diperhatikan juga untuk lokasi yang rawan dengan tikus. Siapkan jebakan di sekitar sepeda motor, agar tikus tidak bersarang di sepeda motor dan merusak kabel atau komponen sepeda motor. Khusus motor saya, malah terparkir di luar rumah karena lingkungan ibu mertuwa di perumahan maka penguncian pagar sangat teratur. Yakni jam 10.00 malam semua pagar dalam keadaan terkunci. Motor motor di luaran masih aman.

  1. Start Awal Setelah Ditinggal
Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika start awal jangan langsung dihidupkan dan dileter blyer. Karena pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Untuk mencegah rusaknya komponen mesin, disarankan untuk melakukan starter dengan kaki tetapi posisi kunci kontak posisi off. Lakukan hal ini selama kurang lebih 10 detik. Hal ini untuk mensirkulasikan oli tanpa memberi beban ke mesin. Ternyata tak cukup 10 detik buat sepeda motor saya, tadi malam sampai kaos dan kemeja basah semua masih belum hidup. Kebiasaan saya memang pakai kaos daleman, baru kemeja/ baju.


Silakan memberi tambahan terutama para suhu senior, tips tips perawatan bila akan meninggalkan motor dalam tempo yang cukup lama atau tempo yang sebentar. Bisa jadi 3 hari adalah waktu ideal buat interval meninggalkan kendaraan.






Comments

bagi pengalaman said…
klik tuk perbesar gambar, cliks to extend pict