Sein Lokal Bertahan 6 Bulan Saja

Tadi sore berniat ganti oli plus sein depan karena kedapatan mati semua. Sein ini berbahan lokal dan kalau tidak salah sekitar 35 ribu harganya yang dibeli sekitar 6 bulan lalu di toko variasi/ bengkel umum. Tidak seperti sein sekarang yang ada di lapaker sebut saja bengkel bro kus temanggung berada pada posisi harga 100 ribuan yang memang bentuk dan struktur bahannya stabil. Sein lokal berbentuk seperti peluru besar kandungan bahannya agak tipis, sedang kabel di dalam dan fittingnya hampir sama dengan umumknya. Alangkah kagetnya, saat dibuka kondisinya hancur semua. Apakah kepanasan, aus, atau sebab lain tanpa pikir panjang langsung ganti bolam dan fittingnya ( variasi ). 


Sein Lokal Sebelah Kiri

Ono rego Ono Rupo ( bahasa Jawa ) atau Ada Harga Ada Performa ( kualitas ), dengan selisih harga 3-4 kali lipat memang ada efeknya. Sein belakang meskipun tergolong jadul ( lama ) namun karena orisinil;an, alhamdulillah 3 tahun masih bertahan meski pernah jatuh 2 kali, tidak hancur, hanya lecet sedikit. Untuk sein atau retting dengan bentuk kotak yang banyak dijual di bursa atau forum jual beli sekitar 100 ribuan adalah seperti gambar berikut ( milik moto asesoris Denpasar ) di tokopedia.

Sein Milik Moto Asesoris di Tokopedia

Umpomoi Aku Ora Ragad CB, Aku Wes Munggah Kaji.  Bila di indonesiakan : seumpama saya tidak membiayai CB, saya sudah naik haji. Woow....keren sekali sumpah setia biker CB yang biasa menjadi icon atau judul merchandise yang beredar di seputar komunitas CB. Pemilihan asesoris atau pelengkap motor sangat tergantung dari pemilik yang bersangkutan. Alasan klasik adalah karena anggaran atau budgetting yang memang selalu ramai di kalangan penggemar motor klasik/ tua. Padahal aslinya, mereka bila sudah masuk arena acara, kadang kadang sudah lupa berapa sehh yang perlu dibelanjakan. Saat ini aneka pilihan baik produk lokal atau import membanjiri kawasan indonesia tak kecuali untuk variasi motor secara umum, namun akhirnya diletakkan atau dipasang di motor klangenan ( kegemaran ). 


Sein Mewah Milik Loak CB Diatas 500 rb

Bahkan yang terjadi, bila dibandingkan dengan motor jenis baru, variasi yang menempel di CB atau klasik lainnya bisa lebih mahal atau lebih besar harganya. Semuanya terserah anda atau para kanjeng biker yang budiman, yang pasti untuk sein saja dengan bahan lokal ( tipis ) tak sampai 1 tahujn sudah rusak. Atau memang lebih baik, sambil nunggu kesiapan dana, dan mulailah memakai produk dengan bahan stabil. Kadang waktu lebihy mahal, jika terjadi sesuatu dengan CB anda akan tetapi sekaliu lagi anggaran yang dimilki sangat penting untuk dip[ertimbangkan.

Comments

bagi pengalaman said…
matur nuwun masbro CB teyeng yg bantu betulin kabel lampu dan sein yg mampir di bengkel