Kamis, 18 Juli 2019

Suspend 30 Hari Dari GA Menjadi Hikmah Tersendiri

Terhitung Mulai tanggal 10 Juli 2019 sebagaimana blogger blogger lainnya yang pernah alami suspend dari Google Adsense (GA) tentu tidak membuat nyaman baik iklim penulisan serta blog itu sendiri, termasuk blog ini. Akan tetapi tanpa teguran keras, terkadang menjadikan para blogger yang terhormat terlena diri atau lupa diri. Entah itu invalid ckliks atau keanehan dari pengunjung (visitor) atau mengklik sendiri iklan yang sedang tayang, sementara masih dalam taraf tinjauan, revisi atau tepatnya tahap-2.

Klik Aneh  Di Analityc Google

Dugaan semula saat ngeblog siang hari, tanpa dirasa terasa kantuk sekali (di warnet kebetulan), tiba tiba saat mau nulis layar dalam keadaan posisi normal, tanpa layar editing. Entah kepencet sengaja atau tidak, pada posisi tertidur kurang lebih 10 menit, mungkin ada iklan yang terklik dengan sendiri. Setelah dicek memang ada 2 buah klik. Tetapi, tanpa disangka pula ada pengunjung dlam jumlah fantastis muncul bahkan sempat disimak hingga angka mendekati 400. Aneh dan ajaib dan sempat terekam saat iseng buka di google analityc nya. Wahh.....aneh nih, pikir saya. Malam nya kira kira jam 21.00 muncul nformasi bahwa akun sedang suspended selama 30 hari, dan bila lolos uji masa itu, iklan akan tampil otomatis apabila tidak ada kesalahan yang serius.

Reset Akun di Analityc Google dg New Name

Setelah browsing kesana kemari, dan memang untuk keanehan, perilaku yang mencurigakan bisa menyebabkan iklan adsense tidak ditayangkan sementara sambil nunggu evaluasi, dan itu masih merupakan peluang pertama. Namun jika masih terulang hingga ada kesalahan fatal, bisa berlanjut hingga dibanned (ditoalak selamanya).......kata orang di jalanan : mampuslah dikau....hehehehe, sementara ngeblog sudah dilakukan dengan makan waktu serta finansial tentunya termasuk ide yang tentunya tidak datang tiba tiba. Sempat juga mengajukan informasi tentang keanehan itu, namun yahh.....itu sebatas informasi saja.

nampaknya ada invalid visitor yang aneh 

Justru di saat suspended time ini, bisa digunakan untuk menelaah tiap tulisan/ judul yang sudah publish dan ternyata sedikit sedikit bisa membantu penambahan jumlah visitor organik meski tidak begitu significant (berarti), daripada stagnant (berdiri di tempat). Bersih bersih tempat menemukan barang berharga, surat yang dicari hingga kunci duplikat yang tak disangka. Sama halnya bersih bersih blogging, ternyata memang ada saja bahasa, susunan, gambar, sketsa dll yang memang belum pantas menyandang full approved. Inilah pelajaran lain yang didapat akibat Suspend 30 Hari Dari GA  Menjadi Hikmah Tersendiri.

Yang bikin heran, iklan dinyatakan OFF tayang akan tetapi tetap saja ada klik yang invalid (gambar paling atas). Bahkan ada 37X ....?? aneh bukan....!! Memang di dunia ini mana ada yang gak aneh ?. Esoknya daripada nanti bikin tidak sehat, karena ada invalid 37X, maka akun Analityc Google nya direset saja alias didelete lalu ganti baru (akun baru). Lalu setelah di cek, terdapat sesuatu yang normal yakni angka 0 (zero). 






1 comments:

bagi pengalaman mengatakan...

alhamdulillah hari ini sudah working lagi ads nya