Harga Sekring & Persaingan Bisnis

2 hari lalu kelistrikan off semua kecuali hidupnya mesin tetap dengan " ngeslagh " atau manual/ engkel. Baru kali ini alami dan dugaan saya cukup di sekring karena pengetahuan sebatas ini dulu. Mampir toko onderdil langsung beli 2 buah dan 1 buah untuk cadangan. Ada yang lucu dengan harga sekring, waktu beli di toko A dan dulu pernah beli di toko B yang letaknya berdekatan ternyata harganya berbeda 2X lipat. Dua kali lipat cuma karena harga murah tak berpengaruh. Toko A harga @sekring : 1000 rupiah, sedang toko B : 2000 rupiah. Bagaimana jika sebuah part dengan harga 100.000 ?.  Toko toko itu sekaligus merangkap sebagai bengkel baik perawatan ringan hingga motor harus menginap ( kerusakan berat ).

Banyak Lapak Banyak Persaingan..Betulkah ?

Dalam teori ekonomi mkiro persaingan dalam suatu pasar dibedakan menjadi persaingan sempurna dan tidak sempurna. Pasar yang tidak memiliki persaingan disebut dengan monopoli. Adanya persaingan menyebabkan perusahaan-perusahaan komersial untuk mengembangkan produk, teknologi dan jasa, sehingga menyebabkan lebih banyaknya pilihan, menghasilkan produk yang lebih baik, dan harga yang lebih rendah, ini yang tersebut dalam : wikipedia untuk bisnis

Hari kedua pembelian sekring dan sekarang mati/ off lagi, memerlukan cek fisik langsung. Kemarin tanpa dugaan langsung kita ganti, dan hari ini rasanya tak cukup hanya dengan mengganti. Kemungkinan kemungkinannya perlu dilihat apakah karena hal hal berikut ini :

1.  Mati saat lampu besar di ON kan
2.  Mati pada saat goncangan
3.  Mati saat rem difungsikan ( pedal )
4.  Mati saat dimmer dan lampu besar dinyalakan
5.  Mati saat perseneling gigi mundur
6.  Mati saat reting/ sein dinyalaka

Ini hanya kemungkinan saja dan nanti saat longgar akan kita lakukan cek dan ricek. Tentang persaingan harga/ bisnis tidak atau belum layak untuk dibahas disini, cukup kemukakan realitas yang ada dan ternyata ada bukti meski kedua toko/ bengkel itu berdekatan. bagaimana untuk skala lebih luas ?. Pernah terjadi tak ada persaingan karena acara CB nya cenderung internal.


0 komentar: