Garansi Service Usai Ganti Manifold

Bagi yang paham dan biasa mengoprek motor sendiri, seeprti yang ada di koleksi astina knalpot seberat masalah apapun bisa ditangani sendiri. Atau yang sudah mahir bisa pinjam kunci pass di bengkel atau sudah siap dengan kunci sendiri. Lin dengan yang belum banyak pengetahuan dan bermain hal ikhwal  ( baca motor lawas ), justru persoalan datang alamat akan hadir pengetahuan baru. Setelah merasakan speed yang agak cepat kira kira 2 minggu lalu, ternyata apa problem baru yakni sekitar karburasi yang ada di tunggangan saya. Basic nya GL berkaburasi megapro, ternyata ada beberapa hal yang perlu disesuaikan dan persoalan sendiri saat membuka ( space yang agak sempit ). Bermula dari masukan kawan sesama pengguna CB, manifold kepunyaan saya sudah aus, perlu ganti apalagi seperti bergetar saat mesin hidup.

Tali Ban dan Manifold Berpelapis Hitam

Ngopeni CB Ojo Sambat Wae, demikian slogan atau kata kata yang muncul di merchandise/ kaos bagkan stiker memang tak salah lagi. Ada berbagai macam problem bisa mingguan, harian atau bulanan. Seperti yang saya alami usai problem rangka belakang pada bulan lalu. Kini hadir lagi tamu, hehehehe......saya sebut tamu karena akan keluar dana dan penerima dana ( barokah masalah ) yakni karburasi yang mulai ngadat posisi manifold yang aus ( bengkak ). Atas saran kawan tadi akhirnya saya cari bengkel yang tidak biasa ( cari pandangan baru ) dekat BCA Jalan Godean dan manajemen toko ini lain dengan lainnya. Part/ Onderdil masuk toko, sedang jasa servis langsung ke tukang/ tenaga yang bersangkuta dan langsung saya cari part itu dan akhirnya dapat juga, bedanya dengan yang awal : bahan dasar metal, yang sudah terpasang dilapisi karet hitam. Apa pengaruhnya...? silakan kawan bahas.

Ganti Manifold Jangan Lupakan Ini ( kran )
Konsumen di bengkel dekat kantor bank itu cukup banyak juga, mungkin aturan tenaga lepas sebagai prestasi ( freelance ) menjadikan value sendiri, saya sendiri pernah jadi tenaga freelance untuk konsultan dan agar eksis memang perlu kredibilitas tinggi. Namun ada buruknya, bila pekerjaan banyak bisa akan serampangan. Ini yang mungkin menimpa tukang servis tadi karena banyak yang antri hingga usai pemasangan tidak sempat cek dan ricek atau testing dulu, dan saya sebagai konsumen tidak sampai kesitu. Asal bisa nyala, gass saja. 3 hari kemudian setelah saya pacu kencang ke Solo, ternyata bautnya ada yang kendor hingga efeknya kemana mana. Berbekal sekedar mengencangkan tanpa pengetahuan yang cukup akhirnya saya kencangkan sendiri baut baut. Dan ternyata......tetap masalah karena bukan ahlinya yang jelas, hehehehe, ngaku dan jujur lebih baik.

Sing penting gass.....ini juga slogan kawakan di dunia CB, dan saya coba lintas balik dari Solo ke Jogja dengan kondisi tadi yakni pikir nya hanya di manifold saja. Sampai Klaten dekat masjid Al Aqsho, brebet brebt berat dan tak bisa meneruskan perjalanan dan akhirnya memang kendor lagi manifold nya. Kunci pss L ternyata hilang, waduuuw......biker apalagi ni, hilang kunci tidak tahu. Akhirnya atas saran bakul wedangan tempat singgah, disarankan jalan ( gass ) ke Jogja dengan dicoke, gass lumpsum saja. Waduuw.....berapa jam nanti sampainya.

Sabar Dhee Ngopeni Cebe......laa ini apalagi, judul kaos pernah moncer di pasaran biker CB akhirnya saya dituntut untuk sabar, meski hujan sedang turun. Akhirnya keep safety perlu dijalankan, dengan coke dan laju hanya bisa dengan lambat lambat meski sampai traffic light kadang mesin mati. Alhamdulillah sampai gamping atau studio jam 21.30 an malam. hampir 1,5 jam dari klaten ke Jogja, alamaaak.....!!


Bengkel Pak Handoko Langganan anak UMY
Brebet brebet asal selamet, ini lagi dia dan paginya, baru 100 meter sudah macet lagi berarti efek dan pengaruh manifold cukup besar. Akan dibawa ke bengkel dekat bank jadi pesimis, baru 100 m saja sudah OFF sedang bengkel yang pasang manifold  1 km an lebih. Yahh, sudahlah akhirnya memilih bengkel Pak Handoko Gamping yang biasa buat servis kecil, resikonya ada memang karena Pak handoko kerja sendirian, alias waktu buat cek dan ricek juga sering diabaikan karena ditunggu para pengantri yang rata rata relativ mau menunggu dan Pak Handoko meminta kran bensin perlu ganti juga ( kok tidak kemarin kemarin yaa saat ganti manifold ). Bagaimana dengan pengalaman anda...? Ternyata memang perlu dan mengusahakan minta " garansi servis usai ganti manifold " dan sebaiknya untuk sehari hari dulu, jangan buat keluar kota. Berapa lama waktu buat testing manifold ini, masing masing punya cara sendiri. Tapi yang jelas malam jumat nanti, buat ke Solo lagi tentunya.




Comments

bagi pengalaman said…
barusan service gunting kaos, alhamdulillah ada garansi 7 hari atau seminggu