Ide Mengatasi Perslagh Putus

Motor CB atau jenis lain mengalami perslaagh ( kick starter ) yang sedang rusak/ putus, akan terjadi pemandangan : slagh nya semampir ( sengkleh : bahasa jawa ). Jenis kerusakan ini beda dengan jenis ini meski nampak dari luar efeknya, namun perbaikan memerlukan pekerjaan cukup besar ( dalam bodi mesin ).  Dibiarkan akan terasa risih, dan cara yang paling mudah dibuat " tali ban " yakni irisan tali berasal dari ban bekas seperti pada motor saya, sudah 1 tahun ini.  Resiko yang muncul saat tengah malam, tali ban putus karena kepanasan, akhirnya mengganjal dengan kaki agar bunyi " ther..ther...ther " tak muncul. Berapa lama anda kuat dengan sikon ini...?. Contoh pengikat yang didapatkan dari sumber : motorplus online.

Penjepit Starter Ala Motorplus Online


Kira kira setengah tahun lalu, punya ide ke tukang bubut untuk dibuatkan tali besi elastis yang bisa atasi slaagh/ starter yang semampir ( sengkleh ). Rata rata lepas tangan. Ide saya sebenarnya cukup sederhana, dasarnya adalah sebagai berikut :


  1. Tidak perlu turun mesin/ servis besar, bisa seharian atau nunggu antrian tak sebanding harga per
  2. Kendaraan perlu waktu standby seperti sedang servis
  3. Jika tools/ alat kreativ ini mudah dipakai dan awet akan jadi home industri dengan syarat biaya selisih jauh bilaman harus turun mesin
  4. Tidak menyita waktu terutama CB atau lainnya memang jadi satu satunya kendaraan anda atau keluarga anda

Gerakan Slaagh Secara Umum

Akhirnya, biarlah ada reponsiv entah plus atau negativ sengaja kita tulis persoalan ini, mengingat jika sedang menunggu orang tua yang usianya sudah sepuh, keperluannya suka mendadak. Motor harus siap sedia, paling bisa pamit jika sedang perawatan ringan. Silahkan para pembaca atau siapa saja bisa mengerjakan, akan jadi pioner disebabkan permasalahan ini menimpa pengendara motor laki ( motor lanang : bahasa jawa ).  Ide ini cukup mudah dan direalisasikan karena bahan bahan juga sangat mudah ditemukan. 

Tali Ban Di Manifold Buat Pengikat Saat Jalan

Untuk keperluan pembuatan hampir sama dengan skema diatas ( gambar awal ), mungkin ada yang kurang dan silakan diperbaiki model atau bahannya.Saya menggunakan tali pengikat muatan yang dikaitkan antara slaagh dengan tuas kopling dan alhamdulillah 1 tahun ini aman. Agar tidak bergerak saat berjalan, tali ban terikat di manifold, hehehehe......pokoknya nyaman dan tak bersuara lagi. Banyak yang mencibir, looo " tali ban " ternyata ada di motor beneran. Hahahaha, tenang saja boor....yang penting aman 86, bahagia itu sederhana masbro.


Skema Tools Sederhana Plus Rel

Kembali ke tema awal, buat yang bisa dan siapa tahu harga terjangkau, ide ini hanya coretan bisa diubah semuanya atau diganti dengan metode lainnya, syarat nya asal tidak turun mesin, wahhh....hilang dong rizki bongkar pasang. Terutama buat yang memang tak bisa ditinggal dan harus siap setia setiap saat.






Comments

bagi pengalaman said…
klik gambar untuk memperbesar/ clik to extend pict