Kamis, 12 Oktober 2017

Merubah Foto Slider Template Dengan Sabar Dan Teliti

Merubah Foto Slider Template Dengan Sabar Dan Teliti hampir memakan waktu bahkan bisa semalam untuk permulaan seperti yang kami lakukan tadi malam. Kesempatan ini kami gunakan untuk membagikan pengetahuan ini secara sederhana. Sebelumnya browsing dulu cara cara merubah foto atau gambar, karena data yang ada pada template bawaan berbasis bahasa script/ huruf/ ASCII file serta memerlukan link sebagai sumber foto. Sempat membaca berulang ulang dari point 1 hingga point 7 untuk memahami dan langsung praktik. Alhamdulillah, penggantian bisa berhasil meski kualitas masih belum maksimal. Yang penting perubahan sudah bisa ditampilkan sesuai keinginan dan tema blog.

Untuk merubah foto atau gambar pada slider ( gambar atau foto yang berjalan secara bergantian ) di atas tulisan,  dan umumnya tampil di atas. Memang tak ada fungsi yang baku, namun tak lebih sebagai pemanis teh atau kopi jika itu minuman. Untuk blog ?, tentu ada sisi menarik atau perhatian tersendiri. Ada kenampakan dinamis yang menjadikan blog lebih memiliki nilai lebih. Singkatnya akan diuraikan sebagai berikut :
  1. Unduh atau Download theme/ template yang memiliki sliding atau slider
  2. Ambil kode XML file nya, umumnya lewat zip file atau rar file
  3. View file atau klik xml di editor media atau notepad & paste di edit theme nya. Sebelumnya hapus dulu script atau kode kode di template sebelumnya. Misalnya template default dari blogger atau blogspot yang tentunya jenis slider belum ada. Mudah mudahan ada di kemudian hari semakin tingginya persaingan antar penyedia layanan.
  4. Perhatikan, semua bahasa yang terjadi dengan nomor dan kode kode yang nanti akan jadi gambar
  5. Edit Theme di Blogger Dashboard, klik kotak Edit html 
  6. Jika ada 4 atau 5 foto/ gambar, maka sebagai cara-1 cari foto : slide 2. Dengan bantuan atau cara mudah tekan Contol F, nanti akan muncul kotak kosong : tuliskan slide 2 ( contoh saja, karena akan ditampilkan berikut contohnya ). Bisa saja slide 1, slide 2 dst. Pada kotak search : disi slide 2

klik untuk memperbesar

      7.  Kursor akan mengarah ke tulisan slide 2

klik untuk memperbesar

     8.  Copy link sumber asli gambar, lalu bukalah di jendela baru dengan paste
     9.  Misalkan foto atau gambar yang ada pada slider bawaan sebagai berikut :



     10.   Siapkan gambar atau foto bebas, dan usahakan ukurannya sama 

    


      11.  Hasil *.JPG masukkan dalam media photoshop, ukuran yang terjadi 
            image size dan buatlah ukuran secara manual yakni : 615 x 300 pixel.                   Hasilnya dibawah.
            
Ada perbedaan antara hasil dengan corel dan photoshop yakni kolom layarnya. Dengan ukuran yang sesuai bawaan, maka foto siap dipakai untuk gantikan foto slide aslinya



       12.  Buat tulisan baru di entry new sebagai pancingan untuk ambil link foto yang akan dipakai menggantikan foto asli template. Masukkan foto pada no : 12 di bodi tulisan, tanpa kata kata, toh nanti akan dihapus lagi. Setelah publish, klik lihat dan klik foto nya, maka akan   tampak foto atau gambar baru dengan format blogspot. Lalu copy link dengan klik kanan di mouse, ambil dan copy image adress (alamat link). Kemudian sebagaimana nomor 2, gantilah link asli/ bawaan dengan link baru. Hati hati, jangan merubah, atau mengurangi atau menambah kode. Salah titik, koma, kode mengakibatkan gagal attachment foto. Jika berhasil perlu pratinjau dulu, hasilnya sbb :




         13.  Untuk memudahkan bagi yang menggunakan notebook, edit html yang terlalu kecil bisa dibantu dengan control+ agar nampak besar, lalu dikembalikan dengan control- . Setelah berhasil dan tampil di kolom edit template, segera simpan/ save perubahan. Hasilnya di blog adalah sebagai berikut  ( sudah final ). Tampilan pun beda dengan sketsa2 diatas.


  
Demikian sekilas antara pengetahuan & praktek semalam berkaitan dengan Merubah Foto Slider Template Dengan Sabar Dan Teliti, semoga ada manfaatnya. Kekurangan pada tulisan ini sebaiknya disampaikan agar kiranya jadi masukan yang sifatnya konstruktif dan memberi nilai
   



















1 comments:

bagi pengalaman mengatakan...

iki iklan opo neh, hahahaha.
Plise sajalah