Rabu, 21 Agustus 2019

GANTI OLI MESIN JANGAN GUNAKAN SEMPROTAN KOMPRESOR

Pernah kah anda ganti oli mesin dengan pembersihan di blok mesin bawah disemprot dengan kompresor ?. Woooo......sudah sering masbos dan juragan juragan, kata sebagian konsumen yang sedang ganti oli. Termasuk saya pribadi. Namun saat mau mudik Jogja kemarin, pas mampir di seputaran Baki Sukoharjo, seorang karyawan bengkel menyarankan tak usah disemprot saja. Kenapa, tanya saya dengan cepat. Jawab karyawan bengkel itu : di selang selang yang tersambung ke kompresor, umumnya masih ada blendek blendek air yang meskipun sangat bersih kandungannya, namun itu tetaplah zat berupa belendek belendek. Apa belendek itu ? kata saya. Ia pun agak kesulitan menjelaskan, karena bahasanya terlalu lugu dan polos. Akhirnya sepakat, bahwa belendek adalah unsur unsur yang sangat halus yang merupakan sisa sisa penyemprotan, yang terkadang mengandung air meskipun dzat nya (sifatnya) masih bersih sekali.

ganti oli mesin tanpa semprot kompresor

Sementara oli yang ada dalam mesin, masuk kategori minyak yang kepadatannya cukup kental, lanjut karyawan itu. Bagaimana air dan minyak bersatu ?.  Jelas impossible (tidak mungkin). Inilah yang akhirnya, mesin saat oli dikosongkan tetap saja masih banyak beberapa penampang mesin baik rumit atau sederhana masih mengandung minyak. Sehingga lebih baik, pengosongan oli dilakukan dengan membiarkan mesin di tempat sambil ditunggu meski makan beberapa menit. Insya Alloh, mesin akan aman dari tidak bercampunya oli dan air halus dari semprotan kompresor. Adapun berapa kilometer ganti oli mesin musti dilakukan ? tergantung situasi dan kondisi dan pernah di blog ini juga.

Ooohh.....gitu penjelasannya. Silahkan lanjut pengosongan blok mesin bagian bawah untuk ganti oli, kata saya. Kebetulan masbro yang akan mengganti oli, pakai kaos jamnas CB I Purwokerto. Inilah yang membuat saya mau mampir di bengkel itu, meski sebelah dan sejajar jalan sepanjang Baki Sukoharjo juga banyak bengkel, maklum jalur padat dan alternatif menuju Jogja. Sampai disini, cerita tentang ganti oli selesai.

Related Posts:

  • Usai Painting Tetap Bermasalah Pada Knalpot Malam ini ada inspirasi baru dari medsos,kebetulan besok juga mau touring ke magelang, semarangvia jogjakarta sementara knalpot kami juga sedikit bocor meski kecil sifatnya, namun cukup mengganggu kenyamanan (suara).  S… Read More
  • Rantai Berisik Dari Dalam Dari dalam muncul suara theer....theerr, plus slagh berkali kali tak hidup mesinnya. Coba ahh....barangkali rantai kamrat yang mulai aus. Bener dah....apa seh pengaruhnya bila rantai ini overdosis, ehh....oversize ? Ni yang … Read More
  • Usai Ganti Rantai Kamerat Slagh Jadi Berat Tepat seminggu lalu ganti rantai kamerat seperti ulasan sebelumnya mendadak tepat seminggu pula, jika dilakukan engkel (slagh) jadi agak berat. Pengaruh dari apa, bagaimana cara mengatasi, dan hal hal apa pula yang… Read More
  • GANTI OLI MESIN JANGAN GUNAKAN SEMPROTAN KOMPRESOR Pernah kah anda ganti oli mesin dengan pembersihan di blok mesin bawah disemprot dengan kompresor ?. Woooo......sudah sering masbos dan juragan juragan, kata sebagian konsumen yang sedang ganti oli. Termasuk saya pribadi. Na… Read More
  • Pajak Tahunan CB Ku TertundaMaafkan si Biru, untuk tahun ini belum bisa mengurus pajak 5 tahunan (ganti plat nomor) yang yang jatuh bulan lalu. Semua memang efek dan pengaruh situasi pandemi saat ini yang masih secara aktif masih diumumkan pemerintah In… Read More

1 comments:

bagi pengalaman mengatakan...

ternyata tukang bengkel memang rajin ikut event cb yang hanya diijinkan bos nya khusus jawa tengah