• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Minggu, 23 Juni 2019

Permasalahan Muncul Antara Kopling Dan Pierslagh

Aneka perawatan agar tunggangan anda masih eksis dan nyaman baik internal (mesin) hingga pakaian (sandhangan) tampil prima atau sekedar bersih bersih. Atau pengecekan bagian bawah yang pengaruhnya terhadap suara knalpot yang pernah juga berhubungan kepada spesialis knalpot yang juga dituliskan di blog ini disamping beberapa pengalaman maintenance knalpot.  Kebetulan motor kami hasil karya bengkel ini sampai sekarang telah lewat 4 tahun, alhamdulillah masih nyaman serta belum ada perubahan berarti. Permasalahan lain adalah jika motor kesayangan anda (berjenis laki) yang harus ngeslagh (manual) tanpa double starter. Pernah kami alami hingga menuliskan ide itu disini. Sampai sekarang pun masih seperti itu meski pernah dicoba dengan menghidupkan starter, namun ada feel kurang PD (percaya diri). Motor klasik kok distarter ?. Apa kata pemilik motor baru ?. Perlu diketahui bagian depan CB kami ada keranjang jepit diatas lampu, sehingga posisi kabel sering terdesak oleh muatan yang dijepit.


kabel kopling overlap dengan kranjang depan

Karena menggunakan tali dari ban untuk elastisitas slagh karena pierslagh putus, mengakibatkan geseran geseran bagian panel kabel kopling dekat mesin. Dengan tenaga lelaki untuk mengeslagh (menstarter) dengan kaki yang tentu saja kekuatan penuh (full power) apalagi pagi hari, lama kelamaan talibannya aus melar bahkan bisa putus. Yakni tali yang diungkitkan batang slagh dengan panel kabel kopling. Kejadian barusan adalah kabel kopling menjadi kaku, tidak bergerak dan bisa patah bila dipaksa untuk digerakkan. Praktis kopling tak berfungi. Memang ini sederhana bila bisa memperbaiki kabel kopling nya, namun untuk jangka panjang ada baiknya pemakaian kembali double starter dengan accu minim 6 Ampere. Tentu saja pernah dicoba milik Accu NMax yang punya daya 6 Ampere lebih, dan hasilnya lumayan. Asal panas sedikit, tombol starter ditekan mesin langsung hidup.

Accu Vario 125 6A : sumber tokopedia

Akhirnya diserahkan kepada anda, masih bertahan dengan slagh manual dengan full power yang akhirnya mengganggu stabilitas kopling atau mengurangi itu semua itu dengan anggaran lebih. Menginstall accu dengan catu daya optimum, konon milik vario 125 pun sudah cukup untuk standar tiger atau megapro. Harga kisarannya antara 225 - 250 ribu. Sekarang accu bekas pun mudah didapat, resikonya paling banter bertahan 2 bulan (sudah dicoba). Tentu yang baru lebih ajib, gitu khan masbro dan sobat biker !!!. Masalah sederhana ini akhirnya dituangkan menjadi permasalahan muncul antara kopling dan pierslagh.

Kamis, 20 Juni 2019

1001 ALASAN MEMILIKI HONDA CB

Kali ini penulis sajikan bahan pertimbangan yang mudah tapi sulit diungkapkan, sulit dijabarkan namun mudah ditemui di lapangan apalagi sedang ada acara atau event CB baik regional, lokal serta nasional. Apa sebenarnya motivasi anda, mereka atau bahkan orang dulu banyak minatnya dengan jenis motor klasik ini. Meskipun sekarang banyak sisi ubahan baik internal maupun eksternal, ada banyak ragam yang dalam sesi ini diwakili dengan judul 1001 Alasan Memiliki Honda CB. Beberapa alasan atau motivasi masing masing pemilik baik biker atau sekedar penggemar saja antara lain :


  1. Mudah Perawatan, meski bila komponennya banyak jadi tidak mudah
  2. Murah Pajaknya (maklum broo....30 th lebih usianya, tidak ABG lagi
  3. Banyak kawannya di berbagai kota
  4. Hemat serta Irit BBM nya
  5. Bebas selera sesuai ide atau keinginan pemiliknya
  6. Mudah modif nya
  7. Banyak even even yang mendukung kecil, menengah maupun acara besar
  8. Bangga memiliki koleksi barang (kendaraan) lama
  9. Biar lain dari umumnya, meski roda 2 nya tetap sama
  10. Cepat atau Lambat mudah disesuaikan asal ada biaya
  11. Lahan usaha alternatif buat penggemar, biker atau sekedar buka lapak
  12. Mudah dalam mendapat kawan baik yunior hingga senior
  13. Merakyat komunitasnya
  14. Banyak yang sukses hingga kaya karena motor jenis tua ini
  15. Bengkelnya umumnya tidak terlalu formal baik layanan atau pembayaran
  16. Tampilan motor yang jelek pun tetap membuat percaya diri
  17. Merawat warisan orang tua
  18. Bebas gaya baik merchandise atau asesoris lainnya yang tidak mengikat
  19. Mudah untuk dibuat klub klub
  20. Lahan usaha/ bisnis yang fleksibel saat ada acara dari baju sd kuliner
  21. Bergantinya waktu dijual akan mahal
  22. Jadi perhatian di lampu merah

Silahkan para penyimak, penggemar, biker, bengkel mania, ketua klub, organisasi sejenis yang bergerak bidang otomotif menambah keterangan atau memberikan masukannya. Penulis pilih judul di atas, sekali lagi karena memang sulit untuk mendefinisikan serta menguraikan. Jangankan uraian teoritis, 2 motor honda CB yang diparkir pun akan mencerminkan keinginan pemilik yang sangat dan amat berbeda.




Selasa, 18 Juni 2019

Nama Lain Honda CB Adalah KUDA BESI

Kapan nama KUDA BESI atau Iron Horse dalam inggris dikenal dalam dunia otomotif terutama komunitas penggemar motor klasik ?. Pertanyaan ini sulit dijawab, sebab saat memulai gemar atau bahkan memiliki akan selalu sebut kepemilikannya (roda 2) dengan KUDA BESI. Secara pribadi istilah kuda besi memang sangat akrab kepada semua : pencinta, penggemar, pemilik motor klasik. Tak hanya itu, sekelas slebritis indonesia meskipun dengan koleksi kendaraan barunya tetap menyebut dengan KUDA BESI dan bisa dilihat pada infotaienment disini yakni MC favorit di berbagai stasiun televisi di Indonesia.


Depan THR Sriwedari Solo

Akan tetapi khusus kalangan motor klasik berjenis motor tua (lama), istilah KUDA BESI memang lebih akrab dengan mereka. Kenapa ? inilah diantara rahasianya. Komponen dan bahan mayoritas motor atau mobil mereka berbahan besi (iron) hampir mendekati 90%. Sehingga bila ada proses perawatan, service hingga penggantian spare part (komponen) memang melibatkan bahan baku besi serta pengerjaannya dengan Las (whelding), apapun jenis motor/ mobil itu. Di samping itu pengambilan kata KUDA tak lain beberapa sifat kuda adalah bisa berjalan dengan kencang atau cepat. Tidak kata yang tepat menggantikan kuda meskipun berkategori sama seperti : kerbau, sapi, keledai, khimar (khusus timur tengah). 

Honda CB tentu tak luput dan masuk kategori jenis motor klasik yang sangat populer di dunia meski asal produsennya dari Jepang. Di Indonesia dimulai sejak tahun 1971 jenis K-1 yang dikelola oleh Federal Motor yang memang perusahaan ini mulai beroperasi sejak 1971. Berarti sekarang sudah hampir 50 tahun keberadaanya di Indonesia atau 1/2 abad. Sebuah usia yang mendekati usia matang seorang manusia mencapai puncak karier nya. Bagaimanapun dan kapanpun motor klasik berjenis CB akan pantas dijuluki nama lain honda CB adalah KUDA BESI.

Minggu, 16 Juni 2019

Sering Lupa MK Akhirnya Dapat MK Yang Baru

Eiiith..........nama MK sedang hangat hangat nya braath. Namun ini bukan persidangan Mahkamah Konstitusi (MK) yang berat dan menyita banyak pemirsa. MK ini versi blogging motorist saja yakni Menaruh Kunci (MK), hehehehe. Lalu yang kedua MK : Material Kunci. Penyakit yang sering diderita para biker entah dari pergi jauh atau sekedar belanja ke warung sering lupa Menaruh Kunci (MK) atau kontak. Gara gara kejadian akhir puasa ramadhan lalu yakni ceroboh Menaruh Kunci yang belum ketemu sampai sekarang, baru kemarin bisa ganti MK (Material Kunci) yang sedikit beda. Biasanya hanya Mengganti Kunci saja, namun sang ahli kunci malah menawarkan Material Kunci baru. Alhasil, tidak sampai 50 ribu sudah lengkap Material Kunci plus bodinya yakni jadilah TT (Tukar Tambah).

Parkiran Yang Milik Bersama

Problem pemilik motor seperti CB jika belum banyak perubahan, memang suka install pengaman dengan kunci bagian roda depan yang terpisah dengan kunci kontak utama (On-Off). Pernah ditulis disini secara sederhana tabiat pemilik CB yakni MK (Meninggalkan Kontak) di Motor. Ini sudah tak bisa dipungkiri, baik sengaja atau tidak. Khusus untuk pengaman di roda depan, memang tidak semua menyempatkan untuk punya. Mungkin malas cari MK (Material Kunci) yang langka, atau bila bekas (second), harus diutak atik lagi sementara kebutuhan keamanan juga penting.


MK (Material Kunci) Baru

Saya tinggal di komplek yang banyak orang orang lewat termasuk anak anak karena ada komplek masjid tua, dipastikan halaman yang ada menjadi lahan parkir keluarga besar. Tak urung, saya memanfaatkan itu karena memang rumah peninggalan ibunda alm. tidak memungkinkan buat parkir. Sudah 5X ganti MK (Material Kunci) namun semuanya bekas, kadang hanya dapat batang vertikalnya saja, lalu harus cari batang horisontalnya lalu bikin kunci. Terakhir, justru batang vertikalnya yang hilang (raib), hehehehehe......Biar raib, tetep saja harus tersenyum karena meski hanya batangan kunci pengaman, tentu yang mengambil akan memanfaatkannya. Pengalaman sederhana namun unik ini memunculkan ide buat mencurahkan dalam catatan sering lupa MK (menaruh kunci) akhirnya dapat MK (material kunci) baru.


Jumat, 14 Juni 2019

GOOD NEWS

Hari ini 14 Juni 2019 memperoleh email yang berisi pemberitahuan bahwa blog ini telah diizinkan untuk memasang percobaan atau trial set up adsense code. Tentu lewat jalan panjang sejak dituliskannya blog ini pada awal awal hingga saat ini. Meski masih bersifat trial atau percobaan, akan tetapi cukup menggembirakan karena rentetan kejadian, peristiwa, kronologi beberapa waktu lalu hingga saat ini diwujudkan dalam tulisan, sudah memenuhi sebagian syarat google untuk mengizinkan pemasangan unit iklan adsense walaupun belum nampak betul (tampilannya). Sebuah apresiasi yang bagus serta memacu untuk berkarya di kemudian hari. Semoga diberi kelancaran, Amin.


Email 14 Juni Jam 12.38 WIB