• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Jumat, 19 Juli 2019

Jangan Biarkan Motor Hidup Sendiri

Dear brother CB er nusantara, ingatkah lagu lagu klasik bertemakan melankolis dengan gubahan : jangan biarkan, aku sendiri lagi. Saat almarhumah ibunda saya masih setia kami temani, jika saya pamitan mau ke Jogja menemui mbok enom (istri sendiri), maka mbok tuwo (ibunda saya) selalu bersyair : sendiri lagi.....duhh sedih rasanya. Habis gimana lagi, Jogja juga penting karena ada sesuatu yang harus diurus dan disana ada karyawan yang bekerja. Ini sudah dilakukan semenjak ibunda masuk usia 70 th an, usia yang sudah cukup banyak bonus, alhamdulilah. Beliau dipanggil Alloh SWT tanggal 27 Maret 2018 dan alhamdulillah 1 tahun kami bisa mendampingi langsung tanpa repot perawatan di Rumah Sakit atau Klinik.

ditinggalkan sementara karena terburu belanja

Kembali ke topik utama, bagaimana bila motor anda sedang hidup dan tanpa sadar serta tiba tiba anda turun dan karena sesuatu urusan, motor masih hidup ?. Untuk jenis matik nampaknya beresiko tinggi, karena siapa tahu ada tangan jahil langsung sambar bagai kilat. Akan tetapi untuk jenis motor klasik, insya Alloh dan semoga saja tidak terjadi apa apa (aman 86). Mengingat tidak semua orang bahkan teman sendiri, belum tentu familier dengan kuda besi kita. Karena tabiat, cara menghidupkan, akrab di jalanan, serta bagaimana mengoprasikan kuda besi ini sangat unik dan personal sekali (pribadi). 

Akan tetapi secara umum, disamping kebiasaan meninggalkan kunci kontak di motor, meninggalkan kendaraan dalam keadaan hidup meskipun dari jarak dekat, tetap tidak dibenarkan kecuali memang dalam perawatan, servis, transkasi jual beli dan lain lain. Bisa jadi, karena sedang sial sementara motor hidup datanglah tamu tak diundang lalu menyambar kuda besi anda. Yang sering terjadi, yakni sudah  sering terjadi saat test riding justru langsung tancap gas yang akhirnya membuat salah satu pihak gundah  dan ternyata tidak balik lagi. Yang demikian, tak lama kemudian akan menyebar di dunia media sosial dan biasanya, baik teman kenal atau tidak akan cepat antisipasinya. Inilah ide ini dan akhirnya tercurah lah Jangan Biarkan Motor Hidup Sendiri.

Kamis, 18 Juli 2019

Suspend 30 Hari Dari GA Menjadi Hikmah Tersendiri

Terhitung Mulai tanggal 10 Juli 2019 sebagaimana blogger blogger lainnya yang pernah alami suspend dari Google Adsense (GA) tentu tidak membuat nyaman baik iklim penulisan serta blog itu sendiri, termasuk blog ini. Akan tetapi tanpa teguran keras, terkadang menjadikan para blogger yang terhormat terlena diri atau lupa diri. Entah itu invalid ckliks atau keanehan dari pengunjung (visitor) atau mengklik sendiri iklan yang sedang tayang, sementara masih dalam taraf tinjauan, revisi atau tepatnya tahap-2.

Klik Aneh  Di Analityc Google

Dugaan semula saat ngeblog siang hari, tanpa dirasa terasa kantuk sekali (di warnet kebetulan), tiba tiba saat mau nulis layar dalam keadaan posisi normal, tanpa layar editing. Entah kepencet sengaja atau tidak, pada posisi tertidur kurang lebih 10 menit, mungkin ada iklan yang terklik dengan sendiri. Setelah dicek memang ada 2 buah klik. Tetapi, tanpa disangka pula ada pengunjung dlam jumlah fantastis muncul bahkan sempat disimak hingga angka mendekati 400. Aneh dan ajaib dan sempat terekam saat iseng buka di google analityc nya. Wahh.....aneh nih, pikir saya. Malam nya kira kira jam 21.00 muncul nformasi bahwa akun sedang suspended selama 30 hari, dan bila lolos uji masa itu, iklan akan tampil otomatis apabila tidak ada kesalahan yang serius.

Reset Akun di Analityc Google dg New Name

Setelah browsing kesana kemari, dan memang untuk keanehan, perilaku yang mencurigakan bisa menyebabkan iklan adsense tidak ditayangkan sementara sambil nunggu evaluasi, dan itu masih merupakan peluang pertama. Namun jika masih terulang hingga ada kesalahan fatal, bisa berlanjut hingga dibanned (ditoalak selamanya).......kata orang di jalanan : mampuslah dikau....hehehehe, sementara ngeblog sudah dilakukan dengan makan waktu serta finansial tentunya termasuk ide yang tentunya tidak datang tiba tiba. Sempat juga mengajukan informasi tentang keanehan itu, namun yahh.....itu sebatas informasi saja.

nampaknya ada invalid visitor yang aneh 

Justru di saat suspended time ini, bisa digunakan untuk menelaah tiap tulisan/ judul yang sudah publish dan ternyata sedikit sedikit bisa membantu penambahan jumlah visitor organik meski tidak begitu significant (berarti), daripada stagnant (berdiri di tempat). Bersih bersih tempat menemukan barang berharga, surat yang dicari hingga kunci duplikat yang tak disangka. Sama halnya bersih bersih blogging, ternyata memang ada saja bahasa, susunan, gambar, sketsa dll yang memang belum pantas menyandang full approved. Inilah pelajaran lain yang didapat akibat Suspend 30 Hari Dari GA  Menjadi Hikmah Tersendiri.

Yang bikin heran, iklan dinyatakan OFF tayang akan tetapi tetap saja ada klik yang invalid (gambar paling atas). Bahkan ada 37X ....?? aneh bukan....!! Memang di dunia ini mana ada yang gak aneh ?. Esoknya daripada nanti bikin tidak sehat, karena ada invalid 37X, maka akun Analityc Google nya direset saja alias didelete lalu ganti baru (akun baru). Lalu setelah di cek, terdapat sesuatu yang normal yakni angka 0 (zero). 






Selasa, 16 Juli 2019

PERHATIKAN KEKUATAN SLEBOR DEPAN CB ANDA

Pulang dari event Wonogiri tepatnya di lokasi Waduk Gadjah Mungkur beberapa tahun lalu jadi inspirasi tulisan ini. Adalah brother Nandar yang saat masih kuiah di Jogja sering membantu lapak zip production di hajatan event otomotiv baik di pulau Jawa atau luar jawa. Brother  satu ini termasuk biker yang cukup paham mesin juga baik roda 2 atau roda 4. Sayangnya, dengan motor CB nya terkadang kurang perhatian dari sisi asesoris nya, yang dalam materi ini adalah slebor depannya. Kebetulan slebor depannya mengaplikasikan asesoris batangan besi di atasnya seperti pada gambar berikut :

Asesoris Batangan Besi Di Atas Slebor
Memang, jika pengerjaan las (whelding) nya bagus, keamanan dan kenyamanan slebor depan menjadi kepuasan sendiri. Lain yang dialami brother Nandar, karena alpa/ lupa cek dan ricek terhadap keadaan slebor depannya menjadi kecelakaan yang fatal yakni kecelakaan tunggal, akan tetapi beda dengan model atau kecelakaan ini yakni brother Nandar luka dan lecet di wajahnya serta sedikit lecet di kaki. Kejadiannya sesaat akan pulang dari acara di atas (wonogiri) sementara 2 minggu lagi akan melangsungkan pernikahan. Sempat jadi candaan dan tawaan tetangganya, owalaaah......mau nikah kok apes ?, demikian logat daerah khas nya Karanganyar Jawa Tengah. Ternyata kejadiannya adalah baut yang jadi pengunci batangan besi ke slebor serta yang porok lepas (loss). Karena kebiasaan gaspol dengan cepat, maka ia terpental dengan posisi jalanan masih agak sepi, sehingga hanya luka di badan (wajah, kaki).

Dengan kejadian itu, maka perlu menjadi perhatian diantaranya :
  1. Las (whelding) harus perfect (sempurna) sebelum test ride untuk touring
  2. Pemakaian mur baut usahakan yang kualitas asli (original)
  3. Ada suara berisik ringan segera hentikan touring
  4. Jika nomor 1-3 masih berlanjut, stop dulu perjalanan anda dan selamatkan dulu motor CB Anda
Sebenarnya secara teknis masih ada beberapa yang ditambahkan, silakan para pembaca yang budiman tambahkan. Materi ini meski hanya sering menjadi posting dalam media sosial, akan tetapi menjadi kurang perhatian pada sisi asesoris meski tergolong bukan utama. Ini menjadi bukti, bahwa memang hanya dengan motor saja bebarapa ide bisa dicurahkan sebagaimana gambar ini yang ternyata tidak akan pernah habis menjadi bahan/ judul tulisan










Sabtu, 13 Juli 2019

Tampil Beda

Ada saatnya tampil bukan seperti biker CB di jalanan yang akan mendatangi acara atau event CB atau memang sengaja dalam rangka ritual aspal tertentu, seperti napak tilas untuk menelusuri jejak para wali songo di pulau Jawa. Ada beberapa komunitas membuat acara khusus semisal itu. Namun ini sebuah acara keluarga yang mungkin terjadi hanya 1X dalam hidup yakni pesta pernikahan. Kebetulan paman sebelah rumah punya hajat besar menikahkan putra terakhirnya dengan lebih kurang 1000 undangan bertempat di tengah kota Solo, yakni Gedung Wanita Manahan.

sesekali berformal ria

Karena harus bertugas menerima tamu di acara khusus dan besar ini, sengaja bukan memakai pakaian (kostum) batik sebagai icon kota Solo, akan tetapi dengan jas hitam, celana hitam serta pakaian dasar putih. Teringat dalam tulisan blog ini yang pernah membahas romantic biker, yang tampil elegan dengan asesoris bunga di motornya. Namun dengan penampilan formal ala kantoran, sesekali menghiasi para biker CB untuk Tampil Beda dan ini syah syah saja. Alhamdulillah, tetap dengan rasa pede dengan cebe jadilah hari ini sebagai hari spesial dan mungkin baru pertama kali ini berjas ria serta berparkir di arena yang banyak tamu berbagai luar kota serta dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota Solo. Barokallohu Lahuma, semoga barokah kedua mempelai yakni bagus Fahmi putra terakhir paman kami, yang mempersunting roro ayu Arum dari Salatiga.

Minggu, 07 Juli 2019

Media Sosial Manfaat Buat Yang Mogok

Pernah di blog ini dikisahkan sohib yang sedang alami kendala di jalan dan penulis sendiri ada di seputar pasangan muda itu bisa simak disini. Malam ini juga terjadi di pelataran barat Semarang atau tepatnya Kendal dari sohib Miftahul Arzaq yang dalam postingannya meminta bantuan. Persoalannya ngelos atau loss saat distarter manual. Yang sering saya alami dulu saat masih bolak balik baik Solo-Jogja atau dari  Jogja-Solo. Yang akhirnya hingga menginap saat ramadhan pas sahur atau sekitar jam 3.00 pagian.

Postingan Malam Ini Saudara Kendal

Memang mogok di tengah malam, itu sesuatu banget, hehehehe. Apalagi menyebe sendirian seperti yang saya alami di saat tengah malam. Setelah dicek semua kelistrikan dan tentunya brother yang datang dengan peralatan terbatas untuk solusi kagetan ini. Alhasil, motor harus disepet/ didorong ke lokasi atau rumah sang dewa penolong karena waktu sahur sudah hampir habis. Keesokan harinya ternyata ada kelistrikan menuju kontak yang trouble, dan karena kunci kontak juga sudah usang akhirnya ganti baru sajalah walaupun kelas KW, dan alhamdulillah masih work (bagus) hingga saat ini.

Semoga yang diposting di atas oleh sohib/ brother Miftahul Arzaq segera ada brother brother Kendal yang merapat hingga trouble segera diatasi, minim mampir ngopi atau sekedar istirahat. Manfaat ngopi jelas sederhana namun penuh dengan makna.