• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Kamis, 03 Oktober 2019

Humor Biker Malam Jumat

Toirun adalah biker pemula yang baru dapat motor CB dengan pembelian iklan online. Sebagai pengantin yang baru dikarunia anak seumur 4 tahun, kebahagian bertambah karena si Otong (demikianpanggilan anak lucu ini) oleh ayahnya. Namun ada kebiasaan buruk dari pasangan Toirun dan Jeng Naimah itu. Jika sedang ON atau asyik asyikan malam hari, kadang lupa menutup pintu yang rapat dan harus dikunci. Mungkin saking capeknya sebagai sales produk makanan ringan. Usai pulang selalu manasin CB kesayangannya dan ajak anak semata wayang nya putar putar kampung. Si Otong nampaknya menikmati biker pemula CB nusantara ini.

sumber : saptopo krucuk krucuk on pinterest

Suatu hari yakni kamis tiba, spirit Toirun sedang high tension atau tensi tinggi dalam arti lain looh, tensi tinggi karena hasil kerja seharian juga menggembirakan. Banyak bonus diberikan para agen baik souvenir, senyuman, hingga kulakan/ grosir yang bertambah nilainya. Nampaknya partai ON memang sudah direncakan dan tibalah saatnya. Sekali lagi, masbro Toirun saking asyiknya lupa mengunci pintu yang akhirnya dari lubang kunci, bisa dilihat anak yang masih lugu ini. Tengah malam, si otong terbangun karena mendengar suara aneh plus menggoda, seperti di yu tub yu tub yang kadang tak sengaja dibuka teman main Otong. Sehingga adegan kalangan yang buat berumur itu meski hanya tampil pemanasan saja, lama lama berpengaruh pada persepsi anak anak, padahal bentuknya juga cuma iklan saja. 

Dari kamar terdengar suara, jelas itu suara maminya sendiri  terdengar : minta lagi bang.....minta lagi bang......minta nambah baang !!!

Esoknya, karena masih terngiang dengan suara tadi malam nampaknya Otong ada cara untuk meniru aksi yang lain dari yang lain. Namanya juga anak anak.

Sore hari, usai si ayah berkeliling sebagai sales dan sampai rumah terjadi percakapan ringan antara bapak anak.


  • Toirun      :  Wahh, otong tampak senang dan happy....sambil masuk kamar tamu sekaligus sruput kopi yang sudah tersedia. 
  • Otong        :  ayo paap, habisin kopinya....biar panas tapi semangat
  • Toirun        :  looh.....kamu ngapain Leee.....(panggilan ayah ke anak)
  • Otong      :  sambil duduk di knalpot tirev nya, sambil bilang keras keras, Otong minta sepedah.....Otong minta sepedah.......sambil duduk duduk dan goyang goyang di atas kenalpot yang nanti motor nya biasa dipakai buat mutar mutar
  • Toirun      :  wooh.....dasar anak biker kreatif......(## si ayah sambil senyum jalan ke belakang harus mandi) karena harus muter muterkan anaknya

Hayyoh.......kena nih si ayah.....si Toirun. Makanya saat ON, kudu nutup pintu dan dikunci yang aman, biar safety riding 86, gaspol dan rem dikit lah.

Jumat, 27 September 2019

Rantai Berisik Dari Dalam

Dari dalam muncul suara theer....theerr, plus slagh berkali kali tak hidup mesinnya. Coba ahh....barangkali rantai kamrat yang mulai aus. Bener dah....apa seh pengaruhnya bila rantai ini overdosis, ehh....oversize ? Ni yang lagi mau pingin tahu dari suhu suhu dan dukun nya CB. Barangkali ini juga manfaat buat yang lain, kebetulan punya problem sama.



Saat ditulis inipun masih pakai HP jadoel, maaf agak irreguler (susunan kalimatnya). Yang penting problem bisa ditampilkan saat nunggu di bengkel sambil blogging. Yahh inilah pengalaman singkat siang hingga sore baru kelar juragan ...!! Sudah seminggu tidak terpakai alias parkir saja, kejadian hampir mirip pengalaman ini 2 tahun lalu, sudah habis kaos oblong 2 buah plus keringat, mantaaab brother.


Rabu, 25 September 2019

JAMNAS CB INDONESIA VIII SULAWESI SELATAN

Jangan lupa saudaraku semua pecinta motor tua CB, CLASIK, CASTOM, dan sejenisnya tanpa terkecuali untuk hadir meramaikan di acara JAMBORE NASIONAL CBI yang baru dilaksanakan di sulawesi.

Pada hari sabtu tgl 26/27 Oktober 2019 di kompleks rumah adat atakkae sengkang Kab Wajo.....


DATANGLAH UNTUK BERTEMU SAUDARA SENUSANTARA......


(Imran Ketua Sulsel)


Demikian release pagi ini via group CB Indonesia yang dikeluarkan oleh saudara Imran Ketua Sulsel (Sulawesi Selatan).  Yahh, kanjeng juragan yang terhormat, bumi selebes (zaman belanda) atau makasar zaman sekarang, walaupun cuaca cukup tropis namun banyak kenangan     disana beberapa tahun lalu. Dipilihnya bumi ujung pandang (nama yang sempat beken pula) sebagai alternatif agar acara CB bahkan lebih atas lagi jambore nasional tidak fokus di pulau Jawa. Seperti di gambar atas (sliding : berjalan) ada foto Jamnas CBI di Pantai Panjang Bengkulu  Sumatra. Sekilas saat di jogja dulu sempat punya kawan makasar dan obsesi motor nya dibuat japs style yang meski belum sempurna, yang penting bisa buat kuliah di UMY Jogja

mejeng pesisir sungai jeneberang makasar

Penulis yang pernah merasakan bumi makasar beberapa tahun lalu, rasanya ingin menikmati suasana : pasar sentral, pantai losari serta coto sungguminasa. Yahh, para juragan sekalian, sebelum bermain kaos dengan brand ziproduction Jogja sempat kerja di proyek irigasi 8 lokasi di sulawesi selatan. Semua sungai besar kecil telah kami susuri semua, dimana sulsel termasuk mempunyai banyak sungai yang potensial mulai : tallo ( di kota), maros, gowa, takallar, taman roya hingga jeneponto, yang penuh kenangan bahkan saat mobil panther mogok tengah malam di tikungan angker menjelang taman roya.


release tiket ke makasar

Andai bisa kesana, insya Alloh daerah daerah itu akan kami sambangi (temui lagi), seperti apa saat ini ?. Masih ingat bahasa bahasa lokal seperti : rewako gowa, ngandre (makan), binangaya (sungai), leppa leppa (perahu) dan lain lain. Yang mau gas sana, belum ajib kalau belum rasakan sop konro atau coto sungguminasa, jiaaah.....jadi pingin makan lagi nih....!!!

selfi yang cakep dan cantik dengan kostum Jamnas CBI (upload an ayahe febian faidhan ) , lokasi Jogja.

cakep & cantik dg kostum Jamnas








CB 100 K3 1976-1981

Generasi berikutnya setelah K2 adalah K3. Umumnya warga indonesia K3 berhubungan dengan slogan kemasyarakatan : Kesehatan, Kebersihan, Keamanan. Naah, buat jenis motor CB benda juragan ? apalagi jika sebut kaki-3, hehehehe. Kaki-3 adalah sejenis air dalam kemasan untuk kesehatan. Masih mengusung konsep dengan performa sama sebelumnya K-2, hanya ada beberapa performa yang berbeda sedikit yakni performa warna.

Ada variasi merah dan silver serta putih seperti sebelumnya. Dengan tampilan agak sporty serta lebih elegan. Perkembangan dari tahun ke tahun nampaknya diperhatikan oleh pabrikan selaku stake holder pengadaan barang. Ini contoh saja yang pernah jadi koleksi brother Abydunda di album list nya. Jenis CB 100 K3 tahun 1976 untuk warna silver.

CB 100 K3 koleksi abydunda di flickr

  • Tipe Mesin                : 4 langkah, 1 silinder
  • Power                        : 11,5 HP @ 10.500 RPM
  • Top Speed                 : 110 km/hour
  • Kompresi                  :  9.5 : 1
  • Bore x Stroke            :  50.5 x 49.5 mm
  • Valve per cylinder     :  2
  • Pengapian                  :  Platina
  • Pendingin                  :  Udara
  • Transmisi                   :  5 speed
  • Tipe Transmisi          :  Chain
  • Ban                            : - Depan : 2.50-18
  • Ban - Belakang          : 2.75-18
  • Rem  dpn-blk             : Tromol
  • Berat (Kosong)          : 92 kg
  • Kapasitas Tangki       : 10 lite

Selasa, 24 September 2019

HONDA CB GELATIK K2 1972-1975

Masyarakat Indonesia jika dihadapkan motor CB entah wujudnya seperti apa, langsung menanyakan ini gelatik tahun berapa ?. Meski bentuknya dream atau sedikit ada perubahan. Inilah icon dunia per CB an indonesia. Dan terkesan menikmati namanya gelatik. Dulu pun sebagai pengadaan kaos di awal awal acara CB baik komunitas honda klasik. Bahkan hingga beberapa item atau judul. Yahh, memang gelatik is the best thing in CB owner.

CB 100 K2 sumber : otofreak dot com

Masih mengusung konsep tangki berwarna putih serta warna listing yang terkenal dengan biru, jenis ini menjadi favorit untuk tipe CB. Dengan tahun pembuatan 1972-1975 jika dihitung mundur hingga 2019, sudah berapa tahun ?. Tak luput dari bidikan panitya even atau acara CB dimana pun, jika ada yang orisinil untuk jenis itu dipakai sebagai doorprise utama, umumnya memang untuk acara acara besar. Spesifikasinya sebagai berikut :

film Dilan dg mengusung CB 100 dg ubahan
  • Nomor Seri       :  CB 100 - 1200001
  • Kapasitas          :  99 CC, OHC
  • Tipe Mesin       :   4 langkah, 1 silinder
  • Kekuatan          :  11,5 HP @10.500 RPM
  • Top Speed        :  110 km/ hour
  • Kompressi        :  9.5 : 1
  • Pengapian         :  Platina
  • Pendingin         :   Udara
  • Transmisi         :  5 speed
  • Tangki              :  10 liter
  • Berat kosong    :  92 kg


Sabtu, 21 September 2019

SEKILAS REKOR MURI KONVOI CB

Tidak banyak bahasan dalam tulisan ini, hanya sekilas atau resume acara CB pekan ini yakni 3 Dekade  In Harmony CB Nganjuk yang berlangsung kemarin 21 September 2019. Kreatif dengan acara lokal seperti dua tahun lalu dengan tajuk nya CB Bersholawat lalu dilanjut dengan suksesnya acara ini tak lepas dari para peserta dari berbagai kota di Indonesia. Penulis sendiri sedianya mau hadir, ternyata masih trouble di head blok nya. Alhasil, masih diurungkan niyat hadiri di kota kelahiran kakek kami tepatnya masih masuk wilayah Nganjuk. Semoga nama panitya setempat makin losta masta dan makin moncer di dunia CB Indonesia karena berhasil mencatat kan ke Rekor MURI Konvoi CB yang berawal di Warujayeng, sebuah wilayah timur Nganjuk. Ada 2 lampiran resume ini, yakni persiapan dan pelaksanaan di lapangan ( A dan B)

A. Persiapan


B. Pelaksanaan










Rabu, 18 September 2019

PENGKILAP KROM KARYA KANG NUR JEPARA

Pagi ini ada semacam pesan penting yang diunggah Kang Nur Jepara yang jagoan dalam hal rosok merosok, dengan karya mengagumkan. Yakni hasil pengkilap krom yang digunakan untuk blok mesin CB. Pekan depan memang ada acara CB besar di nganjuk mengulang kebesaran acara ini yang sudah ditunggu tunggu para biker CB nusantara (indonesia). Pesan penting ini kemungkinan berkaitan dengan andilnya di acara besar pekan depan. Tinggal di seputaran pantai utara jawa, Kang Nur Jepara sudah pengalaman baik offline maupun online serta dunia pemburuan besi berkarat. Dengan gaya khas santainya, selalu absen (hadir) di media sosial, nama Kang Nur Jepara makin membuat familier para pelanggan baik lokal dan regional.

Passion Kang Nur Jepara

Bagi yang telah mengenal baik personal maupun kualitas karyanya silakan saja menghubungi langsung dengan yang bersangkutan. Sepertinya karya ini memang layak naik cetak baik CC kecil atau CC besar sekalipun. Semoga sukses Kang Nur Jepara. Gajah mati meninggalkan gading, pengrajin krom meninggalkan kilapan blok mesin atau komponen yang lain. Melalui pengkilap krom karya kang nur jepara, semoga ada manfaat buat kanjeng penyimak blog yang terhormat, Amin.







Senin, 16 September 2019

ELEMEN HONDA CB K1 1971

Varian kedua muncul tahun 1971 yakni Honda CB 100 K-1. Masih sama seperti generasi sebelumnya 1970, akan tetapi hanya perubahan 1 tahun menjadikan sedikit lebih gagah, yakni unsur warna putih pada konsep warna tangki bahan bakar minyak (BBM) nya. Mencoba menampilkan elemen atau unsur yang menjadi konstruksi atau built in honda CB 100 K-1 ini diambil dari berbagai media. Dengan kata lain konstruksi mesin mesin utama nya beserta elemen pendukung, bersumber dari cmsl dot com.

1.  Silinder Head


2.  Spark Advancer


3.  Camshaft


4.  Left Crankase Cover/ Alternator


5.  Oil Filter Screen



6.  Right Crankase Cover


7.  Crankshaft/ Piston












Jumat, 13 September 2019

MENCIPTAKAN REKOR MURI UNTUK KONVOI CB

Luar biasa persiapan acara CB Nganjuk yang digelar  tanggal 21 September 2019 yang akan datang atau kira kira minggu depan. Tak banyak ungkapan kecuali  menghaturkan welcome CB Biker di Nganjuk Jawa Timur. Silakan berpartisipasi di acara atau hajatan besar yang diajukan dari jadwal semula serta support full dari polantas setempat. Kota sejuta CB ini selalu sukses menyelenggarakan acara CB baik regional atau event insidentil (lokal) seperti sebelumnya.

sudah siapkan anda ...?


hasil dari lapangan hari ini dari Nganjuk Jawa Timur

bahagia saat masuk arena warujayeng






Kamis, 12 September 2019

HONDA CB 100 SUPER SPORT

Ulasan tentang motor baik jenis CB atau saudara klasik lainnya, memang perlu media lain agar enak dibaca dan perlu....sport menjad kekuatan awal awal sebab memang menunjukkan kepraktisan dan kecepatan saat itu serta sederhana buat atasi lapangan berikut jarak antar tujuan, belum sedetail sekarang yang mencakup lifestyle (gaya). Dengan 5 speed (persneling) dengan silinder tunggal diluncurkan 1970. Dengan konsep praktis serta harga terjangkau menjadikan jenis CB 100 ini menjadi icon beberapa orang tua atau kakek kakek kita.....Jangan dilupakan yaah, sekarang yang masih ori alias asli masih jadi incaran para kolektor, apalagi kolekdol....woowww....2 jenis makhluk ini apabila sedang borju (doku tebal), bisa mampus barang barang simpanan atau warisan kakek nenek kita.

sumber : motorklasik.wp.com

Rumor atau gosip pernah terjadi, lupa tahunnya atau sekitar th 2011 saat acara di Situbondo, ada yang lepas atau sold out dengan 3x,00 juta ?. Coba cek saja sama panitya kalau masih ingat looh.  Alamaaak, harga segitu masih nyangkut di tangan penggemar berat honda CB 100 yang katanya masih DB (dus buku lengkap) dan dipinang warga kalimantan....jiaah, kayak HP saja dus buku lengkap. Kalau bisa, yang masih punya jenis itu dan orisinil anggap saja deposit berjalan, siapa tahu di tahun yang akan datang bisa buat bayar anak kuliah ?, hehehehe. Namanya harapan, siapa bisa larang.....dilarang melarang looh.

Ciri khas yang umum di jenis ini antara lain ;

  • Jangan lupa sebut Super Sport...hehehehe
  • Angka dibelakang CB adalah 100 atau cepek
  • Ada variasi strip/ list di tangki BBM nya kombinasi warna : Candy Blue Green, Candy Ruby Red, dan Candy Gold.
  • Serial number mesinnya mulai 100-100001
  • Tahan banting serta dengan beban, jalan hingga puluhan km bahkan bisa ratusan km.
  • Fender colour nya : krome alias sifatnya mengkilap
  • Tutup sock depan dan sock belakang, warnanya mirip/ sama dengan warna batok lampu (rumah lampu)

Dari perintis CB 100 K-0  ini dikembangkan dan jadilah model CB 125S serta uji coba TL 125 yang amat langka. Dan akhirnya harus rela berakhir dengan angka 185 CC. Prestasi dari pemakaian motor ini adalah sukses menjuarai berbagai lomba klas klasik, seperti di Inggris serta sub stroke 200 CC 4 tak.

Sayang sekali, dulu saat masih di Jogja punya jenis 125 sudah dilamar tetangga, maklum ia makelar dan tak sampai 2 jam sudah laku kembali, dan esuknya saya harus balik lagi ke jakarta buat kerja di proyek JORR kalau tak salah (lupa lupa ingat).....Alhamdulillah, sambil mengenang memori terindah sepanjang kehidupan.