• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Sabtu, 04 Maret 2017

Andai Ada Bengkel Di Gunung Magnit Madinah

Ketika menyempatkan wisata tour sekitar Madinah, ada wilayah yang dinamakan Bukit Putih ( Wadi Al Baidha ). Betapa tidak aneh, bus dengan mesin OFF bisa jalan sendiri tertarik oleh magnit bumi. Tak tanggung tanggung kecepatan bus dapat mencapai seperti di jalan toll mulus 130 km/ jam. Namun setelah 150 km/jam akan berkurang pelan pelan hingga perlu menstarter mesin bus. Masih misteri dan perlu uji atau penelitian berkala tentang potensi ini.

Pada hari kedua saya menginap di Madinah (dari total 4 hari) diajak keliling seputar Madnah dan kira kira nempuh jarak 50 km lebih ditemui fenomena gunung magnit atau jabal magnit. Alhamdulillah, saya berhasil merekam detik detik kepergian bus dari kecepatan 60 km/jam hingga 130 km/jam. Unik, Aneh, Kaget...? memang semua kumpul menjadi satu. Untungnya model jalannya tidak miring ( slope ) namun seperti menanjak. Mungkin ini bentuk kemurahan Alloh SWT juga, apabila dengan mesin mati ( OFF 0 dengan slope amat berbahaya, namun dengan menanjak pengaturan bisa lebih terkendali.

Latar Belakang Gunung Magnit

Biasa merambah dari bengkel ke bengkel akhirnya punya pikiran aneh juga, andaisaja ada bengkel disini bagaimana..? Setelah di sampai madinah lagi, usut punya usut cerita atau kisah " gunung magnit ini " ternyata dulu ada driver suku Badui sedang bermobil ria. mendadak pria ini ingin buang air kecil karena tak tertahan lagi. Ditinggallah mobil dalam keadaan tanpa hand rem, saat pria itu buang air kecil ( BAK ) mobil jalan sendiri. bahkan dikejarnya malah makin kenceng itu mobil. Mobil akhirnya berhenti setelah tertambat gundukan pasir. Yahh, tapi ini sekedar cerita dari warga Madinah, yang kebenarannya masih diperdebatkan namun masuk akal juga. Akhirnya driver itu menamai bukit putih atau jabal magnit




Ada videoklip tentang gunung magnit ini yang berhasil saya sampaikan meski dengan HP tipe sederhana dengan gambar kurang tajam, akan tetapi sudah cukup buat kenampakan visual karena diambil dari bus yang sedang melaju dengan cukup cepat, diatas 125 km/jam.


Raja Salman Dan Potensi Rosok Bekas Mobil Mewah

Khusus pembaca yang kebetulan pernah ke negrinya Raja Salman minimal kawasan Madinah dan Makkah serta Jeddah (hanya 3 kota ini) yang kebetulan saya singgahi, meski ibukotanya masih jauh dari Riyad. Ada pemandangan beberapa lapangan terbuka dengan deretan truk, sedan, bus, trailer dan semuanya bekas. Meski melihat dari kejauhan yakni dari bus yang sedang berjalan, nampak negeri petrodolar ini menyimpan potensi bagi penggemar besi bekas, apalagi bekas nya bukan kendaraan sembarangan.

Toyota HiLux Second Buat Lapaker

Perjalanan ini sebenarnya masih kaitan dengan umroh saya, akan tetapi tak ada salahnya sambil menyelam minum air  serta berbagi informasi yang update yakni pengamatan langsung Melihat sisi sisi baik dan potensi yang terkandung di bumi yang disucikan Alloh SWT (haromain). Namanya Jogja terkenal Istimewa karena ibukota Indonesia pertama kalinya, apalagi tanah suci. Ternyata perlakuan masyarakat terhadap sarana gerak ( kendaraan ) terbilang diluar kebiasaan kita ( baca warga indonesia ). Indonesia khususnya pemilik mobil meskipun rusak berat tetap akan memelihara hingga pulih meski dengan waktu dan biaya besar, karena kesabarannya.


Mangkrak Tapi Jangan Coba Ambil

Ada mobil yang penyok ditinggal di jalan begiru saja tetap dengan parkir yang tak ganggu pengguna, ada yang dipakai buat melapak dagangan musiman sementara masih kinyis, ada juga seperti habis terbakar, bahkan tidak sedikit kondisi masih bagus hanya kotor oleh buritan tanah dibiarkan diam 1000 bahasa.

Lapak Dengan Sedan mewah Second

Belum banyak yang bisa kita tanyai, hanya sekilas info dari beberapa pekerja katering asal indonesia katanya bila mobil sudah ada cacat apalagi suka ngadat atau mogokkan langsung dilempar di bursa mobil bekas yang terdapat diluar keramaian kota. Di kawasan makkah ada 1 tempat, begitu juga di Madinah 1 tempat di pinggir jalanan dengan sangat terbuka dan sangat jelas meski dari kejauhan. Beberapa merek memang ada di bumi haromain itu seperti : daihatsu, nissan, ford amerika, hyundai dan toyota. Khusus satpol kedua masjid besar  baik masjid Nabawi Madinah dan Masjidil Harom Makkah, menghususkan dengan Daihatsu Taft yang cukup gagah dan megah dilengkapi nomor seri dan terbilang update modifikasinya serta dikenal dengan mudah karena pengguna memakai seragam polisi, di belakang ada penjara mini mobil buat pelaku kriminal saat itu.


Seminggu Mogok Tak Diambil Cukup Dibiarkan

Bisa saja para pemburu besi besi bekas apabila menghendaki dengan tekad dan kemauan keras untuk memiliki itu semua, namun seharusnya tak sendirian. Meski harga miring, perlu penyiapan armada atau cargo cost yang cukup fantastis, kecuali punya kapal tanker atau kapal induk sendiri..? Naah, ini baru masuk di budget atau anggaran. Pokoknya bila dapat kendaraan kendaraan bekas itu, tak akan menyesal dehh.....!


Tanki Air Gratis Buat Masjid Seputar Jedah

Rekaman Singkat Trip Madinah Makkah



Itulah sekelumit gambaran kecil diantara kekuasaan wilayah Raja Salman Dan Potensi Rosok Bekas Mobil Mewah, yang tak mungkin diceritakan siapapun kecuali memang mereka yang ada perhatian dengan dunia besi bekas atau dunia besi tua. Atau simak tulisan  sekilas ini yang ada sebagian pembeli adalah warga negara indonesia dengan harga yang terjangkau.


Kamis, 02 Maret 2017

Dislagh 50 Kali CB nya Baru Hidup Normal

Setelah 13 hari meninggalkan mu  CB Biru, hari ini dan pagi ini ternyata perlu kesabaran prima. Tadi malam sudah 20 kali ngeslagh/ nyetarter tidak hidup dan hanya hidup 2 kali saja. Akhirnya kutinggalkan saja di rumah ibu mertuwa. Paginya atau tadi jam 09.00 saya ambil dan tak diduga perlu beberapa juga buat ngeslagh lebih kurang 20 kali. Total 50 kali untuk hidupkan CB Biru yang sekian waktu saya tinggalkan. Tak ada yang rembes, tak ada yang bocor, tak ada yang kempes dan semua normal normal saja.  Cek karburasi juga normal, cek busi juga norlam. Kepergian umroh ke tanah suci Madinah dan Makkah selama 12 hari plus 1 hari isrtirahat, ternyata menyisakan cerita yang mungkin bisa saling berbagi info.


Berkostum CB Pas Jalan Di Madinah

Lalu masalahnya apa dan dimana..?. Inilah yang mungkin akan sama dialami sohib dan kawan pemilik motor jenis lama/ lawas. Kebiasaan memanasi di pagi hari (warming up) atau buat jalan jalan meski tempo yang sebentar pengaruhnya besar terhadap sirkulasi, putaran, pembiasaan jalannya mesin dan komponen. Bisa diibaratkan, tubuh yang dipakai bergerak tiap hari, akan beda dengan tubuh yang hanya duduk duduk di meja nyaman dengan AC. Para petani di sawah, kuli bangunan dan semisal nya, secara fisik dan tubuh akan lebih sehat dibandingkan mereka yang berjam jam duduk dengan seabrek gadget dan HP atau notebook. Secara kasad mata demikian. Persoalan lain adalah saat mau akses email ternyata juga berubah saat di Jedah, sebuah kota kira kira 2 jam dari Makkah.




Ada empat (4) langkah bisa lebih tentunya, saat mau meninggalkan motor lawas anda untuk sementara waktu (sumber mpm-motor), meski untuk segala jenis motor namun bisa diterapkan bila motor anda berjenis klasik, lawas spt CB.

  1. Kondisi Sebelum Ditinggal
Sedapat mungkin meninggalkan sepeda motor ( baca CB anda ) dengan kondisi bersih dan kering. Hal ini untuk menghindari korosi atau karatan selama ditinggal. Biasanya sebelum ditinggal sepeda motor dicuci dulu, dalam kondisi tersebut harap dipastikan kondisi benar – benar kering setelah dicuci.

  1. Memastikan Sepeda Motor dalam Kondisi Terkunci
Pastikan kondisi motor dalam keadaan terkunci dan jangan meninggalkan kuncinya di rumah atau tertancap pada sepeda motor. Sering terjadi lupa, ketika sepeda motor matic posisi mati karena standar samping turun, tetapi posisi kontak tetap on. Hal ini menyebabkan aki atau baterai tetap terpakai padahal kondisi mesin mati. Pada saat mesin akan dihidupkan kembali maka electric starter akan tidak berfungsi. Untuk mengatasinya adalah dengan memastikan posisi kunci dalam posisi off.  Khusus CB biasanya, kunci sering nancap baik kondisi aman atau ditinggal ( pantauan saya kepada beberapa pemilik demikian tabiatnya ). Mungkin pikirannya, melihat motornya sudah mikir berkali lipat bagaimana mau hidupkan..?

  1. Perhatikan Posisi Penyimpanan
Ketika meninggalkan sepeda motor perlu diperhatikan posisi parkir atau penyimpanannya. Yang pertama untuk keamanan, agar tidak mengundang niat buruk orang jahat. Usahakan agar tidak terlihat dari luar rumah. Yang kedua untuk menjaga kondisi sepeda motor, bila terpapar panas matahari dan hujan dalam waktu lama, maka akan timbul resiko terjadinya korosi atau karat pada komponen – komponen tertentu di sepeda motor. Berikutnya, perlu diperhatikan juga untuk lokasi yang rawan dengan tikus. Siapkan jebakan di sekitar sepeda motor, agar tikus tidak bersarang di sepeda motor dan merusak kabel atau komponen sepeda motor. Khusus motor saya, malah terparkir di luar rumah karena lingkungan ibu mertuwa di perumahan maka penguncian pagar sangat teratur. Yakni jam 10.00 malam semua pagar dalam keadaan terkunci. Motor motor di luaran masih aman.

  1. Start Awal Setelah Ditinggal
Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika start awal jangan langsung dihidupkan dan dileter blyer. Karena pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Untuk mencegah rusaknya komponen mesin, disarankan untuk melakukan starter dengan kaki tetapi posisi kunci kontak posisi off. Lakukan hal ini selama kurang lebih 10 detik. Hal ini untuk mensirkulasikan oli tanpa memberi beban ke mesin. Ternyata tak cukup 10 detik buat sepeda motor saya, tadi malam sampai kaos dan kemeja basah semua masih belum hidup. Kebiasaan saya memang pakai kaos daleman, baru kemeja/ baju.


Silakan memberi tambahan terutama para suhu senior, tips tips perawatan bila akan meninggalkan motor dalam tempo yang cukup lama atau tempo yang sebentar. Bisa jadi 3 hari adalah waktu ideal buat interval meninggalkan kendaraan.






Kamis, 16 Februari 2017

Road To Jeddah Up To Umroh

Perjalanan untuk berbakti pada kakak di Semarang meski hanya menjaga rumah tiap pekan yang sedang ibadah haji tahun 2016 bulan oktober dan muncul tulisan gas 1000 km, alhamdulillah penulis bisa diberi kesempatan untuk menyusul. Bedanya belum full ibadah haji, namun masih sebatas Umroh tanpa wukuf atau standby di Arofah. Sebagai perintah Alloh SWT dalam menjalankan aturan aturan Nya, tentu perlu persiapan : fisik, mental, finansial dan spiritual. Bersyukur meski ini pertama kali, punya pengalaman dan kesempatan urus surat dan antrian di Imigrasi sejak bulan Nopember 2016 dengan keperluan mendapatkan paspor (surat ijin tinggal sementara). Tulisan yang ke 74 ini, menutup sementara kegiatan blogging dan copywriting atau lain lainnya, untuk sementara fokus dan konsentrasi ke tujuan semula ( umroh ) yang kira kira akan mengambil watu 12 hari dari tanggal 18 Pebruari hingga 2 Maret 2017.


Antrian di Imigrasi
Kepada sahabat, rekan, kawan, sohib, biker CB, admin grup, lapak CB, juragan kaos CB, biker klasik inggrisan, onthelist dan lain lainnya yang tergabung baik di grup media sosial atau blog maupun akun pribadi. Apabila ada kata kata , kalimat, tutur kata, komentar yang kurang berkenan atau tidak sreg, kami selaku manusia biasa biasa untuk bisa memaafkan baik langsung atau tidak langsung. Karena ini lintas negara dan wilayah otomatis, tak bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bahasa betawinya semau guwe. Pemberangkatan diperkirakan, insya Alloh Hari Sabtu pagi tanggal 18 Pebruari besok dari Jogjakarta transit Jakarta, dan dari Jakarta langsung ke Jeddah. Tidak ada planning atau rencana dalam hal perjalanan umroh ini, ternyata Yang Maha Kuasa memberikan jalannya dengan relativ cepat di awal.

Test Drive Baju Ihrom Ternyata Adem

Untuk itu segala hal dan urusan dengan zip production kami pasrahkan pada istri yakni : Mbak/ Ibu  Nuri 0816 423 0954 yang kebetulan belum bisa barengan umroh, mudah mudahan dimudahkan jalannya untuk segera menyusul ke tanah suci, dambaan kaum muslimin dunia serta banyak kisah di tanah padang pasir tersebut. Akhirnya, kami mohon doa restu dan sekali lagi mohon maaf sebesar besarnya jika selama ini ada rasa terganggu atau kurang nyaman sebagai manusia kita, kami bisa saling memaafkan. Semoga semua diberi kelancaran baik di jalan atau selama di lokasi Madinah-makkah. Kami doakan semuanya tetap solid, tetap keep safety riding, keep brotherhood dan keep your lovely motorcycle. Yang masih jomblo segera dapat jodoh, yang belum kerja semoga dimudahkan. Yang suka mogokkan motornya, segera dilancarkan urusannya, yang nanggung pinjaman bengkel semoga dimudahkan negosiasinya dan sebagainya. Juga yang masih punya masalah pribadi yang berat, semoga jadi ringan bila perlu segera bablas badai anginnya, Amin Ya Robbal Alamin.....^^

Hari Ini Tenaga Potong Masih Masuk


Labbaik Allohumma Labbaik, Labbaika Laa Syariika Laka Labbaik, 

Ifoel, Pebruari 2017

Selasa, 14 Februari 2017

Tutup Speedometer pun Lepas Gara Gara Lubang

Sebaiknya apapun kondisi di jalanan umum seiring musim hujan saat ini tak diremehkan sekecil apapun khususnya lubang akibat kualitas jalan memang mendekati rusak. Lepas dari masalah pembiayaan atau konstruksi jalan serta pelaksananya, masyarakat umum atau biker secara luas tinggal menikamti saja karena merasa sudah membayar retribusi, pajak bahkan denda bila kena tilang. Tulisan pendek ini mengingatkan khususnya penulis sendiri atau lainnya, gara gara lubang apalagi tidak hafal kondisi jalan bisa fatal. Mulai truk jatuh, roda 2 tersungkur, rasa shok/ trauma misal punya sakit di kaki, hingga lepasnya anggota tubuh kendaraan atau motor anda serta masih banyak akibatnya. Apresisi yang tinggi dan semoga menjadi amalan baik bagi kelompok, grup, komunitas yang melingkari lubang dengan garis putih  meskipun belum jaminan akan segera mendapat respon dari pemegang kebijakan. Ada juga setelah penggarisan ini, dalam waktu tidak lama direspon masyarakat atau dinas yang bersangkutan diadakan perbaikan/ penutupan lubang.


 

Gambar atau foto diatas menimpa CB yang yang saya pakai beberapa hari lalu. Dan ternyata pada saat siang atau terang, saya lewat di jalan yang sama lubangnya cukup lebar dan agak dalam sekitar 15 cm antara jalur Solo Baru sampai dengan Pakis Baru Delanggu. Akibatnya....? Tutup Speedometer pun Lepas Gara Gara Lubang. Keep safety riding to all bikers, hujan masih berlangsung dan kelistrikan umum terkadang mati mendadak pun tak bisa dipungkiri. Ada bimbingan install speedo DISINI berikut contoh contohnya.



Aku Memang Pegawai Biasa Tapi CB ku Penuh Cerita

Sebagai pegawai toko yang menjual keperluan yang dipakai kumpulan, pertemuan serta kebutuhan publik lain yang agak massal seperti : karpet, sajadah masjid, plastik ukuran besar dll. Sohib Biker yang rendah hati ini, memang tak banyak gaya dalam penampilan fisiknya. Dengan pakaian kerja berupa kaos seragam  berlabel  toko santri Solo, saya bertemu tak sengaja saat membeli es teh dan mungkin es susu buat kawan kawannya di toko persis depan rumah Ibu saya di Solo. Langsung minta ijin buat jepret sana jepret sini, dan ini sebagian penampilan motor CB nya dan obsesinya ke depan.


Brother Ya'koeb : Penasaran Terus

Usai dari Pati dan terakhir dari Banyuwangi katanya motornya sehat wal afiat aman 86. Dengan basic MP sengaja penampilan dibiarkan polosan, lugu, apa adanya tanpa cat (colour)  mungkin saya menjulukinya masuk kelas CB teyeng dan diamini oleh pemiliknya. 


Tanki Dibiarkan Dulu Apa Adanya
Pekerjaannya di toko, ternyata masih melonggarkan waktu buat andil acara CB yang terpampang di media sosial atau informasi kawannya. Jok menggunakan irisan roti (biasa dipakai model japs), dengan variasi benik besi ( lingkaran kecil metalik ) memang bikin agak bernilai. Karena saat cari minuman sudah masuk waktu kerja, tidak bisa banyak yang didapat dari brother yang kayaknya agak pendiam, tapi liar juga motornya, waaaa.... mantab masbro.


Simple & Pas Selera Muda

Mau dibikin kayak apalagi, pancing saya. Katanya mau dicrome dan pewarnaan seperti di bawah ini yang pengerjaannya di kota Pati Jawa Tengah. Lalu berapa ongkosnya, lanjut pancingan. Dia sempat bilang minimal, kalau tidak salah minimal angka 3. Hmmmm, gumam saya. Pokoknya ke depan, batin saya akan terucap " Aku Memang Pegawai Biasa, Tapi CB ku Penuh Cerita ". Semoga segera terlaksana obsesinya Masbro Ya'koeb, sebuah nama yang memang cukup monumental juga mengisi sejarah dan jagad para nabi nabi di dunia, dimana Bani Israil dan turunannya hingga saat ini memang akan bertemu satu titik bernama Ya'kub AS yang akhirnya memiliki putra yang sangat tampan Yusuf AS dan mengisi sejarah awal manajemen pemerintahan dunia dengan aturan pertanian, administrasi, peternakan dan lain lain.

Nabung Dulu Agar Spt Ini, Niyat Masbro Diatas

Saat kuceritakan ini, beliaunya langsung senyum dan pamit, mungkin gumamnya....woooo dalam juga dan ternyata nama pun punya makna. Selamat ngegas besok masbroo....hati hati di jalan, karena menuju Pati kayaknya masih banyak jalan berlubang jika dari Solo. Blaar....Blaaar.....Blaaar. tanpa nguntir kakinya  ( aplikasi starter nya makjreng ).

Sabtu, 11 Februari 2017

CB mu Setrukan Berapa

Sungguh ini judul bisa menjadi tema yang menarik atau tidak tergantung sang biker CB itu sendiri. Pernah saat malam dan mati lampu plus macet lagi, kebetulan pinjam kunci kunci di bengkel dekat terminal Klaten, langsung muncul pertanyaan pemilik bengkel ( tambal ban itu ) dengan ucapan : iku strukan piro ?. Atau bahasa kita : struk berapa. Tentu ini juga perlu dijawab, akhirnya saya cukup katakan : Niki standard mawon atau bawaan sajalah Pak.


CB Strukan Yang Saya Coba

Banyaknya CB meski bentuknya, katakanlah model nyamuk yang bertanki kecil, namun lajunya bak motor keluaran baru, pasti dan bisa dipastikan  mesinnya sudah naik atau dengan bahasa praktis sudah di dopping/ stroked. Namanya dopping tentu ada bagian yang dirubah, dalam kesehatan misalnya banyak minuman dijual bebas & disuka para sopir kendaraan roda 4. Secara teknis tidak diurai disini. Hanya saja CB yang sudah strukan ini beda dengan yang masih standard atau bawaan aslinya.

Pernah mencoba jenis CB setrukan itu, dan ternyata memang benar. Dengan gigi 3 saja, seakan bus bus yang lewat bisa didahului ( dilanggar : bahasa Jawa ). Bahkan masuk 4 sudah seperti tak bisa kontrol, apalagi Gigi 5. Yahh....inilah kanjeng pembaca yang budiman, istilah istilah dalam dunia perCB an Indonesia, orang awam pun mulai paham. Pertanyaan buat pembaca, milik anda  CB mu Setrukan Berapa, dan yang kuasai setrukan baik teoritis & grafis, akan dinantikan penjelasannya termasuk keuntungan dan kerugiannya. Terima kasih.

Ada link artikel bagus yang bahas " struk an ini " DI SINI. Contoh milik CB Jakarta naik 7,5 mm




Juga pernah kami ditawari untuk model stroke an demikian, namun berdasarkan usia serta kebiasaan kami dalam gaspol adalah sewajarnya saja, akhirnya kami urungkan. Mencoba CB yang (gambar diatas) saja sudah seperti terbang, maklum si pemiliknya masih mahasiswa (bro Ari Magelang) yang tak lain sering membantu lapak ziproduction setiap gelaran acara atau even even CB dimanapun hingga luar pulau Jawa yakni Bali dengan membawa barang (kaos & asesoris lainnya) dengan motor pula dengan teman setianya yang bro Nandar yang sudah malang melintang hingga Sumatra dan Kalimantan (Pangkalan Bun).