• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Selasa, 07 Februari 2017

Berapa Harga Motor CB

Tiap pagi depan studio kami zip production selalu dilewati wanita berkerudung mengendarai CB biru metalik serta seorang anak yang masih sekolah tingkat dasar ( SD ). Bisa ditebak yakni seorang ibu mengantarkan anak sekolah. Pernah iseng iseng menanyakan, jika CB ibu dijual minta berapa ? dan spontan dengan nada keras langsung dijawab : tidak dijual pak, buat kenangan sampai akhir hayat. Waah, mantab jawaban ibu yang kira kira berusia 35-40 tahun itu yang masih nampak muda, maklum pegannya motor standar pria. Pengalaman serupa pasti pernah siapapun alami jika kendaraan yang dipakai berjenis motor CB. Tak terkecuali anda sebagai pembaca yang budiman. Saya pun pernah ( iseng saja ) mengupload foto di sebuah forum jual beli, ada yang ngotot minta tukar tambah ( TT ) dengan varionya. Saya pun meminta nambah sekian sekian, dan calon konsumen dari Ngawi itu menawar sekian sekian.


One Shopping Semua Ada Disini milik Nano90

Waktu acara CB di Situbondo sempat terdengar selentingan ada  CB yang masih orisinil dan lengkap dengan nota pembelian awal serta bungkus nya laku dengan angka fantastis, sempat tersebut 30 juta. Sebab saat obrolan terjadi para panitya sedang dalam kondisi capek dan lelah  tingkat dewa. Bila benar infonya, sungguh luar biasa. meski tak ada patokan, ternyata yang masih kinyis dan orisinil tetap termasuk aset yang berharga. Lain lagi koleksi direktur muda ini pas beliaunya butuh uang ( BU ) untuk operasional kantornya masih tembus diatas 10 juta, hehehehehe sambil ketawa Mas Tito tau mau rinci berapa sih kok diatas 10 juta. Tatacara berjualan atau saat hendak membeli pun punya ragam unik, jika disimak di dunia medsos. Selalu dengan candaan dan upload foto biker CB lainnya yang sekedar ingin tampil atau menawarkan untuk barter. Seperti pagi ini ada pesan/ dialog antara penjual dengan calon pembeli yang akhirnya membuat penjual membuat statusnya cukup menggelitik, mungkin saking kesal/ kecewa.


Dialog Penjual & Calon Pembeli

 
dari dialog itu akhirnya muncul komentar pemilik yang sepertinya kurang berkenan :


Nowo pit koyo nowo rambak. Mbok kiro bangun'e gwo bpjs.. Jalukane sek pat0t ngg0 cah n0m sek wes macak.. . 
#ati karep bondo'ne cupet


Mas Kus pemilik old bike parakan Jawa Tengah, karena sedang ada kejadian diluar dugaan, kemungkinan untuk medical check mengupload foto CB simpanannya dengan bandrol harga cukup fantastik pula : 20 juta pas tak boleh kurang. Sepertinya sampai sekarang juga belum sold out, disamping masih sayang juga bila dijual karena pelan pelan dan perlu waktu buat membangun seperti pada gambar di bawah ini. Dengan keahlian bongkar pasang serta mengkonsep sendiri, tentu agak maksimal pengerjaannya dan disitulah muncul harga ideal.

Dijual 20 Juta Pas Milik Kus

Ada sesuatu yang cukup membuat perhatian pula, saat saya makan bakso di selatan pintu kereta uatara stasiun balapan Solo terpampang CB orisinil yang memang tampak " apa adanya ", yang ganti hanya jok/ tempat duduk. Dengan basic CB 79 yang punya barang minta diluar pasaran yakni 12,5 juta. Kenampakan fisik memang banyak kusamnya, namun itu asli sejak awal hingga sekarang. Milik seorang Guru, tepatnya terpakir di halaman warung bakso itu. Lucunya lagi, pemilik CB orisnil memajang motor CB itu di halaman warung, sementara CB pemilik bakso ( mas Eko ) dipinjam buat kerja/ mengajar. Tentu bisa mengeluarkan motor CB kesayangan ( pribadi ) dengan status " dipinjam " tentulah ada kedekatan melebihi daripada status pacar, wahhh.......yang benar saja. Jarang sekali memang biker meinjamkan motor Cb nya untuk bisa dipakai bukan pemiliknya yang sudah biasa dengan karakter tunggangannya.

Untuk pemula atau penggemar yang ingin memiliki motor CB apapun basic nya, bilamana ingin membeli atau tukar tambar dengan miliknya sebaiknya lakukan COD ( cek langsung ), kecuali memang sudah saling kenal dekat sebelumnya, meski ini juga belum jaminan 100 persen. Pengalaman yang saya alami disamping simak status media sosial, simak pula forum jual beli khususnya barang second. Kalau tak salah, saat di jogja saya sempat COD 2 lokasi, saat di Solo 3 lokasi dan akhirnya yang sesuai budget dan rencana serta selera jatuh di model dream yang dimiliki Guru sebuah SMA di Solo meski plat luar kota juga. Jual Beli semua dibolehkan sesuai selera dan cara yang penting kedua belah pihak " saling rela " dan teringat akan sebuah sabda N Muhammad SAW yang isinya :

Dari Abu Said Al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, “Yang namanya jual beli itu hanyalah jika didasari asas saling rela.” (HR. Ibnu Majah, no. 2269. 

Adapun pemilik akan jual dengan keuntungan/ margin yang kecil dan besar adalah haknya. Sedang pembeli berhak memilih dengan cara cash, tempo atau bagaimana yang penting keduanya sepakat. Umumnya jenis motor CB, yah...ada barang ada uang atau bahasa kerennya : Beli Putus, sebab motor CB tak ada platform yang pasti tentang Berapa Harga motor CB.











Sabtu, 04 Februari 2017

Mengatasi Kabel Agar Terhindar Komplain

Sudah bukan rahasia lagi, begitu motor anda (CB) saat ada masalah sekedar ganti part lampu atau  ( bohlam ) para tukang service akan bergumam : ongkos sama bisa makan waktu. Pagi ini kejadian belum lama, lampu depan ( front lamp) putus. Mirip dengan peristiwa sebelumnya, saya hanya meminta ganti laampu saja, yakni ganti manifold mungkin buat bengkel yang ramai agak membosankan yakni ganti satu part harus bongkar sana sini. Dan bila ada jenis " osram " yang terbukti cukup awet. Jelas sekali masbro sekalian, hanya meinta " ganti lampu ". Mungkin sedang longgar konsumen, agak sedikit kantuk mulai muncul, tukang itu malah bongkar pasang kabel dan mencoba mengurutkan jalur atau kelistikan. Kira kira 1/4 jam, saya terbangun dan kaget, kenapa kabek kabel dibedahin..?. Mengenai lampu, seorang mekanik yang sudah landing menuliskan sebagai berikut.


Lampu CB Mudah Dapat Di Acara Ini

Juragan bengkel (seorang ibu paruh baya) dengan pendekatan kepada saya meminta agar CB nya ditinggal dulu sebab mungkin tidak bis selesai seharian, dan kasihan konsumen yang mulai ramai masuk antrian. Mau jawab apa adanya, lihat bongkaran kabel sedikit agak kurang tega bila distop tengah jalan. Solusinya bagaimana kawan...? akhirnya kembali ke awal saja, saya meminta hanya ganti lampu, namun ternyata tukangnya punya sistem/ cara kerja berbeda. Lampu pendek sedang off connecting sehingga hanya lampu jauh yang bisa dikerjakan. Bahkan juragan wanita tadi sedikit kecewa dengan anak buatnya  yang terlanjur bedah kabel. 

Mungkin hal semacam ini sering menimpa anda atau siapapun juga, antara permintaan konsumen dan penafsiran pelaksana muncullah beda paham. Cara yang terbaik  adalah dengan penawaran atau pemberitahuan bilamana persoalan ganti onderdil, ternyata perlu setting pekerjaan lain lain. Kesalahan saya, timbul kantuk lalu tertidur sebentar ( tapi badan malah jadi fresh ). Sedang kesalahan tukang service, tidak kompromi dulu dengan user. Melihat perkataan sang Juragan pada pegawainya yang sedikit menyalahkan juga kurang tepat.Dengan kejadian ini, maka saran yang baik adalah .

  1. Awasi saat tukang/ bengkel bekerja sesuai kerusakan siapa tahu perlu ganti komponen lainnya
  2. Konfirmasi sedini mungkin bilaman ada kejadian ekstra ( diluar kerusakan )
  3. Lihat kemampuan dan kantong anda, siapa tahu akibat ganti macam macam saldo dompet anda tak cukup
  4. Tetap menjaga hasil kerja bengkel; meski kesalahannya bukan wilayah yang kita usulkan, meskipun ada ekstra biaya
  5. Antara majikan dan pegawai, selayaknya saling kontrol dan memberitahu. Yang saya alami, pegawai itu mungkin karena penasaran ingin bedah semuanya, berakibat seperti dikejar kejar sedang konsumen lain berdatangan
  6. Bilaman ada ekstra, jangan sampai diatas 20 persen dari rencana penggantian part anda. Kenapa 20 persen...? pengalaman pribadi saja, misal anggran setel/ ganti sekitar 100 rb an jangan sampai bengkak melebihi 150 ribu.

Telisik Arpitshop Blog Tentang Lampu

Demikian kiranya, mengurangi komplain atau kesalahpahaman memang tak ada rumus matematisnya dan masing masing orang berlainan. Beruntung bila pekerjaan yg ekstra, sang juragan memaafkan dan biarlah dia yang tanggung ( sudah jarang kali yaa ). Bila membengkah hingga macam macam ( sering terjadi saat modifikasi CB anda ), bisa bisa hubungan perkawanan bisa luntur, saling salah paham bahkan sering dijumpai kurang puas muncul di status media sosial. Masalah kabel adalah sebuah contoh saja, bisa terulang di keperluan yang lain. Hingga perlu saya angkat  Mengatasi Kabel Agar Terhindar Komplain.





Kamis, 02 Februari 2017

Acara CB Semester Awal 2017

Meski situasi domestik sedang kurang bergairah di semua sektor kecuali dunia kuliner (pengamatan sementara) , program komunitas otomotif klasik baik kelas CC besar hingga standard/ umum yang sudah dekat dengan masyarakat seperti CB, C70 dan lainnya tetap harus landing dan keep on going. Prinsipnya tidak tergantung dengan perpolitikan yang terjadi, karena melestarikan kalangan CB di Indonesia sangat dan amat netral. Penulis pernah menemani ngobrol saat Jamnas MAC I di Solo dengan sang Jendral Purn. Suyono yang memang welcome di dunia klasik CC besar dan HDCI. Beliau tanggalkan pangkat dan status, untuk seterusnya sebagaimana biker nasional saat itu yang sedang berkumpul.

Logo Baru CBnews Info CB Mania

Untuk komunitas CB di Indoensia, ada beberapa yang bisa dicatat disini bersumber dari portal CB News Info CB Mania yang selalu update berita  dengan sukarela menginformasikan beberapa agenda dan acara CB di indonesia. Baik yang berada di pulau Jawa sebagai komunitas terbesar dan lintas pulau. Adapaun yang punya bodi agak gemuk minim 200 CC sudah pernah dibahas yang wadahnya berbeda lagi meski untuk acara CB kalangan itu juga andil. Adapaun catatan yang bisa dikumpulkan sementara adalah sebagai berikut :

A.  JANUARI : 
  1. Anniversary  ke 5 CB Bringka Tasik Malaya Tangal 14 -15 Januari di Lap Dahana Lanud Tasikmalaya Jabar. (telah berlansung lancar dan sukses).
  2. Deklarasi Paguyuban CB Sala Tiga , tgl 22 Januari lokasi Telaga Tuntang Sala Tiga Jateng
  3. Anniv ke 4 th, Komunitas Motor Klasik (KMK) Sulawesi Utara, tgl 29 Januari, lokasi Balai Parjurit TNI –AL Kota Bitung Sulawesi Utara.
B. PEBRUARI
  1. Anniversary 3th K-One HCB ( Honda Clasic Bondowoso ), minggu 5 Pebruari lokasi Destinasi Desa Wisata Alas Sumur (Rawa Indah) Pujer Bondowoso.
  2. Deklarasi CB SURAKARTA dan Triwulan CB Plat AD. hari minggu tgl 19 Peb 2017
    Lokasi : lap Desa Gulon,Plesungan,Gondangrejo, Karanganyar.
  3. nniv ke 14 th CB Club Lampung (CBCL) tanggal 18-19 Pebruari. Lokasi
    di Lap Margayu Desa Labuhan Ratu Baru, Kec. Way Jepara Lampung Timur
  4. MUSDA CB JATENG tanggl belum pasti lokasi di Bandungan Ambarawa.

C.  MARET
  1. Deklarasi CB Lereng Semeru (CBLS) -Lumajang Jatim, Tanggal 4-5 Maret di Lapangan Desa Sumbnerowo, kec Pronojiewo, Kab Lumajang Jatim.
  2. Anniv 2 dekade CB Bondowoso, tanggal 25-26 Maret lokasi Stadion Magenda Bondowoso Jatim.
D.  APRIL
  1. Anniversary 15 th CHIP Purbalinga Jateng tanggal 1-2 April , lokasi di obyek Wisata Gua Lawa Karangreja, Kab Prurbalingga Jateng
  2. Musyawarah Daerah .(MUSDA) CB JATIM  tanggal 22-23 April lokasi Lap Pacuan Kuda Ledug –Tretes , Prigen - Pandaan.
  3. Deklarasi CB Banten dan Deklarai CB Anti Narkoba, tgl 29 April di Kawasan Pantai Anyer Pantai Adem Teneng Cinangka Anyer.
  4. Sewindu CB Sragen , Tgl 29-30 April 2017 di Gedung Sasana Manggala Sukowati Sragen , JL. Dr Soetomo depan SMA 3 Sragen –Jateng.
E.  M E I

  1. Jambore Daerah (JAMDA) CB Jateng tgl 6-7 Mei di Kawasan Agro Teh Tambi Ds Sapuran Wonosobo.
  2. MUSDA III CB Borneo Kalselteng & TEMU KANGEN CB BORNEO KALSELTENG, sabtu 6 mei 2017, tempat STADION DATU MUNING RANTAU TAPIN KALSEL.
  3. Haul/1000 hari alm Kang Ndun (mantan Ketua CBI) Tanggal dan lokasi akan di informasikan lebih lanjut .
F.  J U N I :  Aktivitas ibadah sosial di Bulan Romadhan

Rabu, 01 Februari 2017

NgeBLOG Tak Semudah Tinggal NgeGAS

Sudah 3 hari ini blog ini dilakukan cek dan ricek dari sisi internal, mengingat meski ada beberapa visitor atau pengunjung akan tetapi dalam beberapa grafik yang diperlukan belum optimal. Yang telah dilakukan beberapa uji yang nantinya sequent antara tulisan dengan bobot yang diperlukan. Dan ternyata hanya ketekunan dan kesabaran diperlukan dengan kata lain dunia blogging sekalipun seperti yang penting menampilkan tulisan ( NgeBLOG ) ternyata tak semudah tinggal starter kick ( NgeGAS ) bila motor apapun sudah siap dinaiki.

Pada motor sebut saja CB sebagai tema utama blog ini, dengan sesekali cek dan ricek kondisi internal motor meski tidak rutin atau masalah yang sederhana sekalipun manfaatnya besar. Apalagi sedang dilakukan stanby total akan memperoleh kesehatan CB kita atau anda terdeteksi bermacam macam kekurangan baik internal atau eksternal yang sedang terjadi dengan motor anda. Kira kira seperti inilah waktu yang saya alokasikan untuk melakukan ini, yang akhirnya saya jadikan tema " NgeBLOG tak Semudah Tinggal NgeGAS ".Perlakuan terhadap blog ini antara lain :

Template Yang Dipakai Sekarang

  1. Memlilih template yang SEO Firiendly, yang didapat dari download atau unduh browsing yang arahannya sederhana namun komunikatif dan terpilihlah tenplate : Confroma Blogger Template yang menurut hemat saya mirip apa yang diharapkan
  2. Memasang head utama ( page ) yang berisikan antara lain : sitemap/ daftar isi, disklaimer/ sanggahan, pengenalan ( about me ), dan Kontak serta Kebijakan Pribadi ( Privacy Policy ) yang uniknya daftar muatan ini tak ada dalam template, sehingga harus dilakukan test html secara manual, dan ini ternyata cukup menyita waktu juga ( maklum masih baru dalam hal bahasa/ teks mesin ) yang hasil akhirnya berupa grafis lewat proses scripting ( scr ). Bisa dilihat page ini menempel di kiri atas, meski belum proporsional dari sisi font size nya ( nanti saja ).
  3. Banyak tutorial dan tatacara yang ditulis para master, setelah dipraktekkan memang ada yang langsung settle ( sesuai ) ada juga yang meleset meski dilakukan berulang, biasanya saya tempuh hingga 3 kali dan akhirnya mencari ( seaching ) metode lainnya. Dengan cara ini, tentu akan menambah pengalaman tersendiri meskipun tidak sempurna sekali. Karena diperlukan pengetahuan lagi, misalnya header yang isinya kaoskomunitasmu terinstall disamping " home ". Ini sebenarnya kurang cantik, namun tidak apalah karena belum menemukan cara mengalihkan di kolom yang tepat.
  4. Memverifikasi ( daftar ulang lagi ) blog yang menyatu ( linked ) dengan blog ini. Dengan perubahan wadah, organisasi, lembaga atau template untuk blog perlu registrasi lagi yang kadangak terbaca atau terindeks baik via Google Analityc serta Search Console.
  5. Mengulang setting lokasi halaman sidebar/ bilah samping yang diperlukan, dengan pertimbangan tidak banyak tempat namun komunikatif dengan kata lain singkat tepat.
  6. Meriview beberapa tulisan ( tidak semua ), adakah tulisan tulisan yang lampau mengalami perubahan/ missing baik tanda atau tautan yang hilang ( missing link ), ini juga meski perlakuan sepintas namun perlu dilakukan karena wadah/ template yang berubah.
  7. Merivew gambar atau foto, apakah terjadi perubahan dimensi, ukuran setelah beberapa perubahan akibat penerapan html proses.

Cek & Ricek Meminimalisir Kejadian Ini
 
Masih ada beberapa hal yang sebenarnya terkait alokasi waktu cek dan ricek terhadap internal blog yang ternyata sama juga perlakuannya terhadap kendaraan anda. Sering kita lihat motor semacam CB itu nangkring atau perkir di bengkel beberapa hari bahkan hingga hitungan bulan, apa tujuannya.....? Tujuannya agar mudah dan nyaman bila nanti digunakan keperluan sehari hari hingga yang dinantikan yakni andil dalam acara CB atau private touring ( turing pribadi ) sehingga perjalanan terasa aman 86. Inilah tema hari ini yang saya angkat meski agak keluar jalur, namun perlakuan ini bisa diterapkan pada bidang bidang lain. Para blogger terlebih yang senior memang biasa menggunakan waktunya untuk pekerjaan ini, mengingat review apapun diperlukan dan judul diatas yakni NgeBLOG Tak Semudah Tinggal NgeGAS sebagai tema pilihan.





Sabtu, 28 Januari 2017

Ide Mengatasi Perslagh Putus

Motor CB atau jenis lain mengalami perslaagh (kick starter) yang sedang rusak/ atau putus, akan terjadi pemandangan : slagh nya semampir (sengkleh : bahasa jawa). Jenis kerusakan ini beda dengan jenis ini meski nampak dari luar efeknya, namun perbaikan memerlukan pekerjaan cukup besar ( dalam bodi mesin ). Dibiarkan akan terasa risih, dan cara yang paling mudah dibuat  tali ban  yakni irisan tali berasal dari ban bekas seperti pada motor saya, sudah 1 tahun ini. Resiko yang muncul saat tengah malam, tali ban putus karena kepanasan, akhirnya mengganjal dengan kaki agar bunyi ther..ther...ther  tak muncul. Berapa lama anda kuat dengan sikon ini...?. Contoh pengikat yang didapatkan dari sumber : motorplus online.

Penjepit Starter Ala Motorplus Online


Kira kira setengah tahun lalu, punya ide ke tukang bubut untuk dibuatkan tali besi elastis yang bisa atasi slaagh/ starter yang semampir (sengkleh). Rata rata lepas tangan. Ide saya sebenarnya cukup sederhana, dasarnya adalah sebagai berikut :
  1. Tidak perlu turun mesin/ servis besar, bisa seharian atau nunggu antrian tak sebanding harga per
  2. Kendaraan perlu waktu standby seperti sedang servis
  3. Jika tools/ alat kreativ ini mudah dipakai dan awet akan jadi home industri dengan syarat biaya selisih jauh bilaman harus turun mesin
  4. Tidak menyita waktu terutama CB atau lainnya memang jadi satu satunya kendaraan anda atau keluarga anda

Gerakan Slaagh Secara Umum
Akhirnya, biarlah ada reponsiv entah plus atau negativ sengaja kita tulis persoalan ini, mengingat jika sedang menunggu orang tua yang usianya sudah sepuh, keperluannya suka mendadak. Motor harus siap sedia, paling bisa pamit jika sedang perawatan ringan. Silahkan para pembaca atau siapa saja bisa mengerjakan, akan jadi pioner disebabkan permasalahan ini menimpa pengendara motor laki ( motor lanang : bahasa jawa ).  Ide ini cukup mudah dan direalisasikan karena bahan bahan juga sangat mudah ditemukan. 

Tali Ban Di Manifold Pengikat Saat Jalan

Untuk keperluan pembuatan hampir sama dengan skema diatas ( gambar awal ), mungkin ada yang kurang dan silakan diperbaiki model atau bahannya.Saya menggunakan tali pengikat muatan yang dikaitkan antara slaagh dengan tuas kopling dan alhamdulillah 1 tahun ini aman. Agar tidak bergerak saat berjalan, tali ban terikat di manifold, hehehehe......pokoknya nyaman dan tak bersuara lagi. Banyak yang mencibir, looo tali ban ternyata ada di motor beneran. Hahahaha, tenang saja boor....yang penting aman 86, bahagia itu sederhana masbro.


Skema Tools Sederhana Plus Rel

Kembali ke tema awal, buat yang bisa dan siapa tahu harga terjangkau, ide ini hanya coretan bisa diubah semuanya atau diganti dengan metode lainnya, syarat nya asal tidak turun mesin, wahhh....hilang dong rizki bongkar pasang. Terutama buat yang memang tak bisa ditinggal dan harus siap setia setiap saat kuda besinya.






Kamis, 26 Januari 2017

Tips Membersihkan Blok Mesin Dengan Cairan Closet

Jika alasan minimal anggaran atau kantong anda, ada cara mudah dan realistis serta  bisa dicoba yakni membersihkan daki daki  atau kotoran yang kusut di blok mesin. Tujuan kita atau para kanjeng biker yang budiman agar kenampakan blok mesin bersih. Dengan memanfaatkan cairan pembersih lantai cukup menjadi bahan untuk kebersihan blok mesin anda. Saya memperoleh informasi ini tanpa sengaja saat nambah angin (tekanan ban) di bengkel kecil di belakang Sriwedari Solo, sejajar dengan toko toko buku.

Ternyata cukup hemat dan mudah serta hasilnya bisa dibilang "cukupan". Maklum bagi yang punya extra budget bisa langsung ke jasa crome dan hasilnya memang memuaskan. namun di saat kenaikan semua sektor barang dan jasa, tetapi ingin tampil bersih adalah sangat didambakan dalam semua hal. Cairan pembersih closet/ urinoir/ toilet dengan merek harpic ( direkomendasikan ) yang tak sampai 20 ribu perbotol nya. Caranya cukup mudah sebagai berikut :

Cairan Pembersih Lantai dan Closet
  1. Cairan tuangkan pada wadah/. media lebih kecil yang bisa untuk semprot, misal wadah minyak wangi seperlunya.
  2. Semprotkan pada bagian bagian yang terkena kerak, daki atau kotoran yang akut/ menghitam
  3. Ingin hemat bisa campur air komposisi dominan cairan pembersih, jangan sebaliknya
  4. Usai semprot bagian yang dalam sekalipun, tunggu sekitar 15 menit hingga cairan itu bekerja
  5. Usap dengan kain bersih atau kuas kecil untuk bagian bagian yang sulit dengan kain
  6. Cuci blok mesin dengan air biasa atau seperti biasa mencuci dengan air plus shampo/ sabun
  7. Sambil nunggu bisa buat ngopi, nelpon kawan atau sekedar buka media sosial 

bagian kena cairan dg yang tidak dg sekali cuci

Mudah bukan masbro, dan masbos sekalian. Berikut gambaran hasil yang sudah saya lakukan atas masukan Mas Joko ( sebut saja demikian ) pemilik bengkel selatan Sriwedari. Mohon bagi yang sudah lakukan seperti ini, bisa share lagi sebagai tulisan baru. Sebab ini baru saya lakukan sekali, belum ada pengulangan. Mustinya jika diulang akan memberikan hasil maksimal, hanya kasihan lantainya....?.Silakan bila ada cara lainnya dan bisa saya tulis disini, saling berbagi dengan hal hal yang hemat tapi tetap manfaat tepat.


Rabu, 25 Januari 2017

Biker Pemalu

Biker satu ini memang ajib dan lain dari lainnya. Begitu cat motornya gores sedikit,  langsung rombak total. Saat kutanya darimana, dengan malu malu tak mau jawab. Hanya rumahnya sekitar Jogja Barat. Pemakaian tangki mengaplikasikan punya CB 200, sekok belakang dengan standar variasi, bukan bawaan honda. Velg dibiarkan dan diblow up dengan hitam pekat. Paduan warna tangki cukup menawan namun berkonsep simple setelah jadi total dan dibawa ke lapangan/ terbuka. Kalemnya hampir samadengan biker ini yang motornya dihiasi bunga merah putih.


Usai Perombakan Dan Dibawa keluar



Tidak terlalu eman eman sayang ), semua komponen part yang lama langsung dibedah dan diganti dengan dengan yang baru, maklum juragan masbro. Juragan muda. Akan tetapi ada sesuatu yang membuat saya tercengang membuat saya tercengang, ternyata saat berkendara ( riding ) brother satu  ini tak mau untuk bercepat cepat ria. Bahkan untuk kelas penunggang CB, bisa diibaratkan terlalu priyayi hehehehe apalagi ini kok ada ini kok ada istilah biker priyayi.  Kalau yang  ini suka speed tinggi. Informasi penggarap dan modifikasi motor ini, pokoknya sang juragan kelewat halus untuk kalangan biker biker CB Indonesia. Pemakaian atau aplikasi part/ komponen, hampir  semuanya masuk kategori premium. 

Kenampakan Dari Samping Atas

Di lapangan, hal demikian memang tetap ada yakni agak pemalu, padahal jika lihat sekilas asesoris dan perlengkapan yang menempel bukan klas biasa minim baru semua. Di kalangan penggemar CB Indonesia, mungkin diantaranya saya suka dan senang dengan serba bekas (second) lalu diperbaharui. Beda dengan motor CB ini, nyaris semuanya dengan part baru. Kemungkinan yang second hand hanya tangki saja. Dan melengkapi tabiat, memang 1001 macam biker yang mengendarai honda CB. 


Good Master Biker

Terpenting beliaunya setia dengan sila ini. Judul tulisan inipun sebenarnya bilamana dikaitkan pada umumnya tabiat biker CB mungkin kurang pas juga. Umumnya para biker CB itu rasa percaya diri (PD) nya cukup besar meskipun jelek, teyeng, jadul kenampakannya.  Orang media sosial bilang : masuk pak ekooo.....!!!! mantab masbro, lanjutkan dengan sifat pemalu. Toh Malu juga sebagian daripada iman, hehehehe.