• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Minggu, 06 Oktober 2019

ANEHNYA JUAL BELI CB Tulisan Kedua

Ada yang baru, atau memang sudah klasik bahwa jual motor simpanannya yang sudah banyak memakan biaya akhirnya dimaharkan (dijual) disebabkan  BU yang sudah umum : Butuh Uang. Berbahagialah yang masih mampu dan merawatnya, meski kadang harus menghemat sana sini. Maklum untuk bertahan dengan ongkos ongkos yang makin naik harga perlu alokasi yang serius minimal mencadangkan anggaran bila ada kerusakan kecil hingga berat, terlebih bila ada kecelakaan saat jalan biasa atau touring atau sekedar jalan jalan. Yahhh.....memang inilah romantikanya.

cukup terjangkau CB Basic MP

Malam ini brother Firyal sedang menawarkan tunggangan kesayangannya yang sudah cukup alami perubahan banyak untuk dijual dengan harga cukup terjangkau dengan barang yang sebenarnya sudah mewah untuk ukuran CB yang wajar. Dengan siaran langsungnya berupa tulisan sebagai berikut :


di dol mawon bos barkenek musibah ,BU

Cb basic mp up tiger
niki dalane no:085763680822

Silakan dan please kontak dengan bro Firyal sesuai nomor dan CP diatas.

Sabtu, 05 Oktober 2019

CB TEYENG ALA MOEKTY CAH CB

Tak berlebihan CB Teyeng tetap disuka sepanjang komunitas CB Indonesia berada. Bukan berarti tak ada dana untuk perawatan, perbaikan hingga modifikasi dengan selera khusus. Memang itu adalah pilihan dan tak bisa ditawar. Sebut saja milik brother Moekty Cah CB yang bangga dengan CB Teyeng nya. Bukan pada teyengnya, namun ada sesuatu yang aneh, yakni tangki dibuat lubang (hole) hingga kenampakan susunan kabel bodi dan lainnya kelihatan. Unik bukan ?, hahahaha....mau coba ? silakan, please....makin nyentrik, makin asyik, tentu ini harapan sang owner (pemilik) nya. 

membuat lubang di bodi tangki

Berbeda dengan di gambar ini, teyeng namun tetap sopan santun, byuh.....ada istilah apalagi. teyeng namun tetap sopan santun ?. Tenang masbro.....inilah style jika para biker sudah menjadikan jati dirinya keluar jalur dari semestinya namun tetap dalam garis lurusnya para biker. Tidak asal, akan tetapi juga bukan asal asalan. Dulu sebelum membentuk dream, kami juga berkeinginan untuk masuk teyengisasi, namun terlanjur terucap samakan saja dengan warna motor harian (smash biru). Akhirnya bengkel milik brother Uus Parakan memberikan masukan dengan biru metalik. 

selfi dulu saat kerja di lokasi

Sebagai karyawan SPBU, bro Moekty Cah CB selalu hadir dalam status media sosial khususnya berbasis facebook. Malam ini, kami ijin caption dan passion CB Teyengnya untuk ditampilkan dalam blog ini. Rupanya beliau mengiyakan saja dan jadilah tulisan ini.  Lumayan, meski resensi singkat bisa untuk pengalaman pembaca dan pengalaman penulis, bahwa teyeng itu bukan sebuah rasa minder, namun sebuah pilihan, karena hidup adalah pilihan, termasuk CB Teyeng......!!


bravo mas moekty cah CB




Jumat, 04 Oktober 2019

Usai Ganti Rantai Kamerat Slagh Jadi Berat

Tepat seminggu lalu ganti rantai kamerat seperti ulasan sebelumnya mendadak tepat seminggu pula, jika dilakukan engkel (slagh) jadi agak berat. Pengaruh dari apa, bagaimana cara mengatasi, dan hal hal apa pula yang musti dilakukan ? Tulisan pendek ini biar jadi bagi bagi pengalaman buat lain lainnya. Sesekali menulis cukup dengan sebuah pertanyaan juga tak apalah, yang penting bisa disimak sama sama. Syukur syukur ada suhu dan senior yang kasih pencerahan dan ilmunya. Karena syarat tulisan harus ada tema, maka dipilihlah Usai Ganti Rantai Kamerat Slagh Jadi Berat. Suara mesin juga tambah sedikit ngebass, bukan trible loh, hehehe.

Terima kasih semua nya kanjeng pembaca yang budiman

Kamis, 03 Oktober 2019

ROAD TO 1 DEKADE CB POLICE JOGJA

Kesuksesan acara CB Police sebelum sebelumnya di kawasan pantai selatan (seputaran Depok) Jogja memang tak bisa dilupakan. Kami pun pernah buka stand (lapak) yang saat itu mulai diberlakukan billing out (pembayaran) stand di muka, yang amat beda dengan pada umumnya acara yakni billing out jelang mau bubaran acara CB. Yahh, untuk acara besar dengan tawaran billing di muka memang masih beralasan karena untuk operasional awal memang perlu suplemen yang memadai (cukup). Meski berbalut tanah yang ada yang keras dan becek, berhasilnya acara CB Police memang selalu membuat biker CB Indonesia terpancing untuk hadir, apalagi kawasan pantai cukup menjadikan acara CB ini membuat ijin para biker untuk keluar rumah amat mudah, apalagi keluarga ikutan ?, wooow.......mantab, sekaligus yang dari luar jogjakarta sekedar bertemu kawan kawan kampungnya yang menapaki belajar, kuliah di Jogja.


Saat masih aktif di ziptshirt yang berbase camp di Jogja, ada kenangan manis seputaran Janti Jogja bila gaspol dari Solo-Jogja. Kadang karena fisik kurang siap, selalu parkir di Janti (utara jalan) bawah jalan layang. Dan di pos polisi itulah ada brother anggota CB Police Jogja, sesekali ngobrol bersama dan pernah ngopi, walaupun dibatasi oleh waktu. CB beliau, karena memang masih aktif di polantas, maka sangat simple idenya dan mantab motor CB nya, yakni beraliran Japs Style.


Semoga kawan kawan yang mau hadir di road to 1 dekade CB Police Jogja bisa siap siap dari sekarang, mengingat akan banyak kenangan didapat di kota ini, apalagi kami juga pernah 8 th di kota ini. Sekedar ingatan bahasa yang mirip, ada grup band the police untuk lagu cadas (lawas) nya. Kita ambil judul lagunya karena ada kata police nya.



Humor Biker Malam Jumat

Toirun adalah biker pemula yang baru dapat motor CB dengan pembelian iklan online. Sebagai pengantin yang baru dikarunia anak seumur 4 tahun, kebahagian bertambah karena si Otong (demikianpanggilan anak lucu ini) oleh ayahnya. Namun ada kebiasaan buruk dari pasangan Toirun dan Jeng Naimah itu. Jika sedang ON atau asyik asyikan malam hari, kadang lupa menutup pintu yang rapat dan harus dikunci. Mungkin saking capeknya sebagai sales produk makanan ringan. Usai pulang selalu manasin CB kesayangannya dan ajak anak semata wayang nya putar putar kampung. Si Otong nampaknya menikmati biker pemula CB nusantara ini.

sumber : saptopo krucuk krucuk on pinterest

Suatu hari yakni kamis tiba, spirit Toirun sedang high tension atau tensi tinggi dalam arti lain looh, tensi tinggi karena hasil kerja seharian juga menggembirakan. Banyak bonus diberikan para agen baik souvenir, senyuman, hingga kulakan/ grosir yang bertambah nilainya. Nampaknya partai ON memang sudah direncakan dan tibalah saatnya. Sekali lagi, masbro Toirun saking asyiknya lupa mengunci pintu yang akhirnya dari lubang kunci, bisa dilihat anak yang masih lugu ini. Tengah malam, si otong terbangun karena mendengar suara aneh plus menggoda, seperti di yu tub yu tub yang kadang tak sengaja dibuka teman main Otong. Sehingga adegan kalangan yang buat berumur itu meski hanya tampil pemanasan saja, lama lama berpengaruh pada persepsi anak anak, padahal bentuknya juga cuma iklan saja. 

Dari kamar terdengar suara, jelas itu suara maminya sendiri  terdengar : minta lagi bang.....minta lagi bang......minta nambah baang !!!

Esoknya, karena masih terngiang dengan suara tadi malam nampaknya Otong ada cara untuk meniru aksi yang lain dari yang lain. Namanya juga anak anak.

Sore hari, usai si ayah berkeliling sebagai sales dan sampai rumah terjadi percakapan ringan antara bapak anak.


  • Toirun      :  Wahh, otong tampak senang dan happy....sambil masuk kamar tamu sekaligus sruput kopi yang sudah tersedia. 
  • Otong        :  ayo paap, habisin kopinya....biar panas tapi semangat
  • Toirun        :  looh.....kamu ngapain Leee.....(panggilan ayah ke anak)
  • Otong      :  sambil duduk di knalpot tirev nya, sambil bilang keras keras, Otong minta sepedah.....Otong minta sepedah.......sambil duduk duduk dan goyang goyang di atas kenalpot yang nanti motor nya biasa dipakai buat mutar mutar
  • Toirun      :  wooh.....dasar anak biker kreatif......(## si ayah sambil senyum jalan ke belakang harus mandi) karena harus muter muterkan anaknya

Hayyoh.......kena nih si ayah.....si Toirun. Makanya saat ON, kudu nutup pintu dan dikunci yang aman, biar safety riding 86, gaspol dan rem dikit lah.

Jumat, 27 September 2019

Rantai Berisik Dari Dalam

Dari dalam muncul suara theer....theerr, plus slagh berkali kali tak hidup mesinnya. Coba ahh....barangkali rantai kamrat yang mulai aus. Bener dah....apa seh pengaruhnya bila rantai ini overdosis, ehh....oversize ? Ni yang lagi mau pingin tahu dari suhu suhu dan dukun nya CB. Barangkali ini juga manfaat buat yang lain, kebetulan punya problem sama.



Saat ditulis inipun masih pakai HP jadoel, maaf agak irreguler (susunan kalimatnya). Yang penting problem bisa ditampilkan saat nunggu di bengkel sambil blogging. Yahh inilah pengalaman singkat siang hingga sore baru kelar juragan ...!! Sudah seminggu tidak terpakai alias parkir saja, kejadian hampir mirip pengalaman ini 2 tahun lalu, sudah habis kaos oblong 2 buah plus keringat, mantaaab brother.


Rabu, 25 September 2019

JAMNAS CB INDONESIA VIII SULAWESI SELATAN

Jangan lupa saudaraku semua pecinta motor tua CB, CLASIK, CASTOM, dan sejenisnya tanpa terkecuali untuk hadir meramaikan di acara JAMBORE NASIONAL CBI yang baru dilaksanakan di sulawesi.

Pada hari sabtu tgl 26/27 Oktober 2019 di kompleks rumah adat atakkae sengkang Kab Wajo.....


DATANGLAH UNTUK BERTEMU SAUDARA SENUSANTARA......


(Imran Ketua Sulsel)


Demikian release pagi ini via group CB Indonesia yang dikeluarkan oleh saudara Imran Ketua Sulsel (Sulawesi Selatan).  Yahh, kanjeng juragan yang terhormat, bumi selebes (zaman belanda) atau makasar zaman sekarang, walaupun cuaca cukup tropis namun banyak kenangan     disana beberapa tahun lalu. Dipilihnya bumi ujung pandang (nama yang sempat beken pula) sebagai alternatif agar acara CB bahkan lebih atas lagi jambore nasional tidak fokus di pulau Jawa. Seperti di gambar atas (sliding : berjalan) ada foto Jamnas CBI di Pantai Panjang Bengkulu  Sumatra. Sekilas saat di jogja dulu sempat punya kawan makasar dan obsesi motor nya dibuat japs style yang meski belum sempurna, yang penting bisa buat kuliah di UMY Jogja

mejeng pesisir sungai jeneberang makasar

Penulis yang pernah merasakan bumi makasar beberapa tahun lalu, rasanya ingin menikmati suasana : pasar sentral, pantai losari serta coto sungguminasa. Yahh, para juragan sekalian, sebelum bermain kaos dengan brand ziproduction Jogja sempat kerja di proyek irigasi 8 lokasi di sulawesi selatan. Semua sungai besar kecil telah kami susuri semua, dimana sulsel termasuk mempunyai banyak sungai yang potensial mulai : tallo ( di kota), maros, gowa, takallar, taman roya hingga jeneponto, yang penuh kenangan bahkan saat mobil panther mogok tengah malam di tikungan angker menjelang taman roya.


release tiket ke makasar

Andai bisa kesana, insya Alloh daerah daerah itu akan kami sambangi (temui lagi), seperti apa saat ini ?. Masih ingat bahasa bahasa lokal seperti : rewako gowa, ngandre (makan), binangaya (sungai), leppa leppa (perahu) dan lain lain. Yang mau gas sana, belum ajib kalau belum rasakan sop konro atau coto sungguminasa, jiaaah.....jadi pingin makan lagi nih....!!!

selfi yang cakep dan cantik dengan kostum Jamnas CBI (upload an ayahe febian faidhan ) , lokasi Jogja.

cakep & cantik dg kostum Jamnas








CB 100 K3 1976-1981

Generasi berikutnya setelah K2 adalah K3. Umumnya warga indonesia K3 berhubungan dengan slogan kemasyarakatan : Kesehatan, Kebersihan, Keamanan. Naah, buat jenis motor CB benda juragan ? apalagi jika sebut kaki-3, hehehehe. Kaki-3 adalah sejenis air dalam kemasan untuk kesehatan. Masih mengusung konsep dengan performa sama sebelumnya K-2, hanya ada beberapa performa yang berbeda sedikit yakni performa warna.

Ada variasi merah dan silver serta putih seperti sebelumnya. Dengan tampilan agak sporty serta lebih elegan. Perkembangan dari tahun ke tahun nampaknya diperhatikan oleh pabrikan selaku stake holder pengadaan barang. Ini contoh saja yang pernah jadi koleksi brother Abydunda di album list nya. Jenis CB 100 K3 tahun 1976 untuk warna silver.

CB 100 K3 koleksi abydunda di flickr

  • Tipe Mesin                : 4 langkah, 1 silinder
  • Power                        : 11,5 HP @ 10.500 RPM
  • Top Speed                 : 110 km/hour
  • Kompresi                  :  9.5 : 1
  • Bore x Stroke            :  50.5 x 49.5 mm
  • Valve per cylinder     :  2
  • Pengapian                  :  Platina
  • Pendingin                  :  Udara
  • Transmisi                   :  5 speed
  • Tipe Transmisi          :  Chain
  • Ban                            : - Depan : 2.50-18
  • Ban - Belakang          : 2.75-18
  • Rem  dpn-blk             : Tromol
  • Berat (Kosong)          : 92 kg
  • Kapasitas Tangki       : 10 lite

Selasa, 24 September 2019

HONDA CB GELATIK K2 1972-1975

Masyarakat Indonesia jika dihadapkan motor CB entah wujudnya seperti apa, langsung menanyakan ini gelatik tahun berapa ?. Meski bentuknya dream atau sedikit ada perubahan. Inilah icon dunia per CB an indonesia. Dan terkesan menikmati namanya gelatik. Dulu pun sebagai pengadaan kaos di awal awal acara CB baik komunitas honda klasik. Bahkan hingga beberapa item atau judul. Yahh, memang gelatik is the best thing in CB owner.

CB 100 K2 sumber : otofreak dot com

Masih mengusung konsep tangki berwarna putih serta warna listing yang terkenal dengan biru, jenis ini menjadi favorit untuk tipe CB. Dengan tahun pembuatan 1972-1975 jika dihitung mundur hingga 2019, sudah berapa tahun ?. Tak luput dari bidikan panitya even atau acara CB dimana pun, jika ada yang orisinil untuk jenis itu dipakai sebagai doorprise utama, umumnya memang untuk acara acara besar. Spesifikasinya sebagai berikut :

film Dilan dg mengusung CB 100 dg ubahan
  • Nomor Seri       :  CB 100 - 1200001
  • Kapasitas          :  99 CC, OHC
  • Tipe Mesin       :   4 langkah, 1 silinder
  • Kekuatan          :  11,5 HP @10.500 RPM
  • Top Speed        :  110 km/ hour
  • Kompressi        :  9.5 : 1
  • Pengapian         :  Platina
  • Pendingin         :   Udara
  • Transmisi         :  5 speed
  • Tangki              :  10 liter
  • Berat kosong    :  92 kg


Sabtu, 21 September 2019

SEKILAS REKOR MURI KONVOI CB

Tidak banyak bahasan dalam tulisan ini, hanya sekilas atau resume acara CB pekan ini yakni 3 Dekade  In Harmony CB Nganjuk yang berlangsung kemarin 21 September 2019. Kreatif dengan acara lokal seperti dua tahun lalu dengan tajuk nya CB Bersholawat lalu dilanjut dengan suksesnya acara ini tak lepas dari para peserta dari berbagai kota di Indonesia. Penulis sendiri sedianya mau hadir, ternyata masih trouble di head blok nya. Alhasil, masih diurungkan niyat hadiri di kota kelahiran kakek kami tepatnya masih masuk wilayah Nganjuk. Semoga nama panitya setempat makin losta masta dan makin moncer di dunia CB Indonesia karena berhasil mencatat kan ke Rekor MURI Konvoi CB yang berawal di Warujayeng, sebuah wilayah timur Nganjuk. Ada 2 lampiran resume ini, yakni persiapan dan pelaksanaan di lapangan ( A dan B)

A. Persiapan


B. Pelaksanaan