• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Rabu, 03 Juli 2019

SATU CB SEJUTA KATA DAN MAKNA

Ketika seseorang memiliki kendaraan bermotor jenis CB, tak akan mungkin berhenti dalam hal pemakaian saja. Hal yang tak bisa dihindari akan mencari informasi seputar : para bikernya, kapan ada acara/ event, dimana tempat/ bengkel yang cocok jika untuk perawatan, dimana membeli merchandise nya, dimana bisa gabung sekedar untuk berbagi masalah dll. Blog ini pernah menurunkan tulisan antara satu juta saudara dan sejuta sebulan. Pengalaman saat bertemu di bengkel ganti oli, akhirnya muncul ide itu. Yang paling legendaris dan sering ditempel di berbagai stiker serta merchandise baik kaos dan jaket atau kemeja  adalah tema ini. Saat pertama saya kali memiliki jenis motor ini, masih lengket dan menjadi icon yang masih awet dan langgeng hingga sekarang.


Hal lain yang sempat dibahas adalah tentang sejuta peluang usaha, yang juga tampak berbeda dari tahun ke tahun. Sejak tampil di lapaker CB tahun 2010 dan agak mengurangi tampil di lapaker sejak 2016, karena merawat ibunda yang masuk usia senja yakni perkembangannya luar biasa. Ini sebuah tanda bahwa pergerakan komunitas penggemar motor CB akan bertambah dan berkembang tiap tahun. Judul diatas dipilih karena dengan satu CB sejuta kata dan makna menjadi dasar diterbitkannya blog ini. Gejala itu amat dirasakan dengan kreatifitas masing masing pelaku yang mendukung baik ke arah perlengkapan kendaraan hingga perlengkapan para biker nya. Tak pernah kehabisan ide. Sehingga kata kata dan makna dipilih melengkapi tulisan ini.

Sebagai argumen yang sederhana adalah kata sederhana yakni LEBARAN. Apa yang melingkupi aktivitas lebaran seperti : mudik, baju baru, silaturahim, syawalan, zakat fitrah, sedekah kepada kerabat atau bahasa kerennya angpao, dll mlingkupi 1 kata Lebaran. Indonesia yang diwacanakan dengan bahasa nasional nusantara memang kaya akan budaya serta kreatifitas yang menjadikan 1 kata akan memiliki makna makna yang berbeda beda. Inilah juga yang melanda dunia motor klasik lainnya, misal untuk motor klasik CC besar yang jika di kalangan CB terkenal dengan CB Indonesia yang akhirnya disingkat CBI, sedangkan motor klasik terkenal dengan MAC (Motor Antique Club) Indonsia yang disingkat MACI. Di kalangan CC yang super gembot ada HDCI (Harley Davidson Club Indonesia) yang berbasiskan minim 750 CC (jenis klasik) serta diatas 1500 CC (jenis medium hingga baru).

Insya Alloh meskipun hanya berbasis 1 CB saja, akan bisa ditampilkan sejuta kata kata dan makna baik membahas permasalahan yang umum hingga permasalahan khusus. Di samping tulisan ini mengedepankan makna 1 CB, adalah termasuk bagian review blog ini. Pernah salah seorang biker yang cukup dekat dengan saya menanyakan : kok blog anda bisa menurunkan berbagai tulisan dan judul sementara dasarnya cuma 1 obyek ?. Sederhana cara antisipasi soal ini, bahwa indonesia itu sperti nusantara bahwa 1 hal/ kejadian/tema akan megandung sejuta kata kata makna. Sebut saja beberapa merek yang pernah landing (terkenal) seperti kaos DAGADU. Hampir tiap mingguan (pekan) bak seperti pabrik kata kata dan jarang pembeli yang bosan. Padahal bila dicermati, basic nya adalah kejadian sehari hari serta diapresiasi dalam wujud kaos dengan sejuta tema. Bahkan hingga Raja Jogja pun akhirnya memberi izin untuk pembuatan di jalur non resmi (pelaku UKM) untuk memproduksi jenis kaos itu dengan harga khusus kerakyatan dan murah meriah, sementara produk asli hanya berada di 1 mall saja dan itu pun termasuk mall cukup besar di Jogja.

Sebut nama lain adalah JOGER di Bali. Para pembaca yang budiman akan paham, sepertinya kreatifitas JOGER tak berbeda dengan DAGADU Jogja. Inilah kenapa, dengan 1 obyek atau tema di Indonesia akan bermunculan sejuta kata serta makna. Semoga para penikmat dan pembaca blog, bisa membantu para aktifitas blogger karena dengan kepiawaiannya menulis, akan memberikan nilai tambah serta mengisi zaman zaman yang selalu berubah.  Dengan kata dan makna, tidak menutup kemungkinan akan membuka peluang peluang yang beraneka dan sulit diprediksi ke depan. Para blogger inilah yang nanti suatu saat akan menjadi atensi dan perhatian, karena kejeliannya melihat, mendengar, hingga membahas sesuatu yang sumbernya hanya bermodalkan 1 obyek saja, insya Alloh dan Allohumma Amin.

Sempat Selfi Sebelum Go Umroh 2 th Lalu

Contoh lain sebagai penutup tulisan ini, saat umroh pun penulis hanya bermodalkan kamera HP sederhana dan apa adanya bisa menurunkan tulisan yang ternyata dengan dunia motor klasik indonesia masih berkaitan. Ini dibuktikan dengan saudara Rojik lapaker kota Banyuwangi yang saat umroh memanfaatkannya untuk membuat gemuk assetnya, karena disana memang banyak makhluk makhluk berupa motor klasik yang sudah tidak terurus, dan ternyata bisa dijadikan komoditi serta bahan jual beli di Indonesia. Mantab jadinya perjalanan umroh bang Rojik atau Ojik ini, yang beberapa albumnya sempat menghiasi dunia medsos serta para penyimak dibuat kagum atas kepiawainnya dalam memburu harta karun berupa motor motor jadoel (tua). Rasanya bila kesempatan umroh itu ada, bang Ojik akan berumroh tiap tahunnya.







Selasa, 02 Juli 2019

SIM C UNTUK SAAT INI DI KOTA SURAKARTA

Tanggal 2 Juli 2019 adalah masa habisnya SIM C untuk saya sendiri atas nama Achmad Saiful Hadi. Namun seiring antrian yang membludak atas permohonan SIM C ini baik yang baru, perpanjangan, penggantian karena kehilangan cukup banyak. Saya melakukan sehari sebelum masa berlaku habis yakni tanggal 1 Juli 2019. Tujuannya agar lebih rileks dan santai saat menuju antrian setiap pos pos administrasi, karena baru kali ini melakukan sendiri. Sebelumnya sering menitipkan di biro atau periode sebelumnya hanya foto 2X3 lalu kutitipkan pada petugas satpam satlantas biar cepat. Kalau tak salah saat itu awal bulan Juli 2014, kota Surakarta akan kedatangan tamu kepala negara (bapak SBY). Praktis dan tentu sebagian pejabat kota disibukkan oleh tamu orang nomor -1 negri ini. hal itu sehari sebelumnya banyak lokasi atau titik yang dipadati petugas baik kepolisian atau TNI. Pikir saya, via jalan cepat sajalah, karena kesibukan semua jajaran keamanan sudah nampak sehari sebelumnya. Resikonya adalah sedikit ada biaya lebih istilahnya. Tidak mengapa karena kondisinya lebih safe saat itu.

Perpanjangan SIM C ini sekaligus dimulainya pemerintahan baru, karena sebelumnya sering dapat info pelayanan agar dipermudah maka momennya memang sengaja kumanfaatkan mengurus sendiri. Dan ternyata memang sedikit lebih hemat dari sebelumnya jika menitipkan di biro, meski beberapa biro jasa juga teman teman saya yang sudah kenal cukup lama. Meski artikel ini tidak ada kaitan langsung dengan kendaraan fisik, akan tetapi agar kenyamanan saat menyebe (istilah komunitas CB saat ini) lebih tenang serta nyaman. Mungkin biaya dan tenaga saat mengurus tak sebanding apabila terkena oprasi tilang atau razia yang kadang sulit diprediksi para biker yang budiman. Contohnya seperti yang ditulis sebelumnya.

SIM Sementara Berisi 3 Lembar 
Penulisan judul SIM C Untuk Saat Ini di Kota Surakarta sengaja dijadikan judul atau tema, mengingat setelah didapat surat dari kepolisian itu ada perbedaan dengan yang sudah sudah. Yakni tidak langsung berujud kartu seperti ATM atau KTP, akan tetapi surat keterangan sementara. Kartu yang syah dan resmi akan diberikan 1-3 bulan mendatang. Alasannya material untuk SIM C kata petugas adalah belum dikirim dari instansi pengadaan. Adapaun prosedur dan biaya sebagai berikut :
  1. Mendaftar bagian KIR kesehatan dan cek penglihatan (mata), berat badan dengan data dasar KTP serta copy 2 lembar (KTP & SIM C). Biaya administrasi Rp 40.000,-
  2. Data KIR Kesehatan lalu dibawa dan untuk permohonan perpanjangan setelah mengisi blangko informasi diri, nomor HP, email, No KK dll. Biaya administrasi Rp 75.000,-
  3. Setelah verifikasi petugas, diadakan foto jati diri (identitas) untuk dipajang di kartu (2X3) cm
  4. Ke bagian permohonan, masih di gedung yang sama untuk tahap berikutnya. Disinilah kartu untuk SIM C diterbitkan. 
  5. Keterangan Petugas, untuk saat ini kartu SIM C masih berujud Surat Sementara (Surat Keterangan) yang terdiri 3 set lembaran
  6. Surat itu meski perlu keamanan, tidak sobek, tidak hilang maka dijaga hingga maksimal 3 bulan ke depan
Demikian informasi seputar permohonan perpanjangan SIM C agar selama berkendaraan anda, kita, mereka nyaman di perjalanan. Khusus yang mengajukan kartu SIM C baru entah karena hilang atau terlambat (expired) nampaknya berbeda. Yang permohonan baru kemungkinan akan diterapkan test ride atau test berkendara (baca roda 2). Bersifat sementara ini pernah terjadi juga di identitas motor yakni saat penggantian plat nomor. Terus terang, kami menggunakan jasa pembuat plat nomor untuk memasang plat nomor menempel di kendaraan, karena plat yang lama hancur separuhnya karena jatuh.








Minggu, 30 Juni 2019

MENJAGA STAMINA TUBUH DAN KENDARAAN

Minggu ini cukup sudah gaspol dan pergi pulang Jogjakarta-Solo karena memang ada sebuah keperluan yang tak bisa diwakilkan. Hampir 2 hari sekali, bolak balik perjalanan kurang lebih 80 km antara rumah Solo dan mertuwa Jogja. Masih dalam suasana lebaran, kata sebagian orang indonesia sudah kebiasaan banyak undangan termasuk acara yang ada di jogja. Bila 1 trip PP 140 km, sepekan ini 3X berarti hampir 420 km atau total 500 km tambah keperluan kecil yang tidak mungkin dirinci. Ingat manfaat minuman teh tanpa gula yang ternyata bisa membantu stamina dari segi tubuh, sementara untuk kendaraan cek fisik kenormalan cukup dengan cek sifatnya ringan.


Syawalan & Lustrum XII /60 th Kampus Geodesi

Cukup cek karburator dan kopling serta pengereman yang sering agak alami sedikit gangguan. Untuk suasana lebaran kali ini, nampaknya yang jadi perhatian adalah stamina tubuh agar prima menghadapi jalanan yang cukup ramai/ padat kendaraan. Belum lagi kemacetan rutin sering menimpa menjelang Prambanan jika trip mulai dari Solo, atau Kalasan jika trip mulai dari Jogjakarta. Pengalaman buat biker lain, untuk yang lewat sisi utara/ ringroad Jogjakarta, harap bersabar karena ada renovasi sekitar perempatan Monjali dan Jalan Magelang dan juga sekitar utara Klaten. Sempat alami kemacetan luar biasa di Klaten ini apalagi pas siang hari, sehingga seperti mudik jelang lebaran.


reuni kecil kawan Jakarta Lampung Jogja

Tidak harus menunggu pagi, siang atau sore. Begitu stamina tubuh fit langsung ambil keputusan untuk lakukan trip sesuai yang dimaksud. Terakhir ada acara yang belum lama adalah reuni, syawalan dan Lustrum XII di kampus Geodesi di jalan Grafika UGM Jogjakarta.  Karena ada tugas juga buat kostum angkatan untuk bereuni dan bersyawalan, akhirnya harus berangkat siang hari, sementara acara ternyata meriah dan full doorprice berlangsung hingga tengah malam. Tak ayal lagi, kondisi agak drop saat balik ke rumah Jogja dan esoknya harus gaspol lagi ke Solo, karena ada acara panitya hajatan paman (pernikahan). Yang cukup berat saat menjaga rumah kakak di Semarang saat beliau pergi ke tanah suci, Gaspol Jogjakarta-Solo-Semarang tiap pekan dan pernah pernah ditulis disini.


reuni besar 60 th Geodesi UGM di kampus 

Oleh karena usai berpuasa memang sedikit penyesuaian dengan keadaan yakni banyak undangan dan keperluan yang harus didatangi, pola makan pun perlu diatur agarr tubuh tetap fit disamping istirahat yang berkualitas (tidur walaupun sebentar tapi yang nyenyak). Untuk kendaraan, juga sama perlakuannya. Bilamana meleset dari perkiraan, kendaraan (baca CB anda) akan tiba masanya istirahat total. Jangan sampai motor kesayangan anda hanya karena masalah kecil terlupakan, akhirnya tunjangan apapun berkaitan dengan lebaran jauh mencukupi bahkan merogoh kocek berlebihan.






Rabu, 26 Juni 2019

Memberi Nama Motor

Memberi nama motor ternyata sebuah perkara yang memang bisa jadi perhatian, bisa jadi hanya sekedar lewat saja. Bukankah sudah ada merek seperti yamaha, honda, suzuki, satria, force one, astrea dll. Betul dan tidak salah. Pada waktu ramadhan kemarin sempat mendengarkan seorang penceramah yang sedang menjelaskan tentang kendaraan yang dipakai perjuangan, beliau sempat menjelaskan bahwa kendaraan Rosululloh SAW memiliki beberapa nama. Diantaranama yang terkenal dan amat populer adalah Qashwa, yakni nama unta kesayangannya. Atau malaikat Jibril saat menyamar menggunakan kuda bernama Haizum saat mau membinasakan Raja Firaun. Mengawal tulisan sebelumnya yang menyinggung tentang nabi ini berkaitan dengan semboyan yang dalam komunitas CB ternyata ada kaitannya yakni bisa simak berikut ini. Sementara tulisan ini sesuatu yang berhubungan dengan eksternal atau diluar kendaraan, lebih kepada tabiat atau sikap para pemiliknya (owner).


nunut unjuk : milik tetangga sebelah

Adapun nama itu sendiri berhubungan erat dengan internal atau motor atau kendaraan yang bersangkutan karena akan menjadi panggilan keseharian. Ada formula atau nama khusus yakni #nama motor anda+jiyad sebagaimana penjelasan sang narasumber saat itu. Maksudnya Jiyad : kencang, cepat, banter (jawa). Sehingga bila motor kita atau anda adalah CB tinggal tambah Jiyad, jadilah #CB Jiyad. Kenapa sebutan honda tidak masuk ?. Honda, suzuki, yamaha dalam hal ini tidak masuk, namun nama Jiyad spesifik atau khusus yang memang benar benar khusus diluar merek (standar) kendaraan yang berlaku di dunia. Nah, sekarang sekarang berarti banyak nama Jiyad ?. Solusinya tinggal tambah nama sendiri atau nama khas lain, selesai serta jadilah #CB Jiyad by Eko, #CB Jiyad by Anas, #CB Jiyad by Sugeng dll. Mantab bukan ?

Senin, 24 Juni 2019

STNK FOTOCOPY JUGA BERLAKU

Kemarin trip dari Solo ke Jogja berangkat agak siangan, lebih kurang jam 10.00 WIB pagi. Mengingat hari Selasa ada utusan penting mendampingi keluarga besar istri di Jogja sedang ada urusan penting di pengadilan. Karena agak buru buru, lupa bahwa STNK sudah habis masa nya tahunan yakni tanggal 23 Juni 2019. Untunglah ada duplikat berupa fotocopi STNK plus SIM sudah siap sedia. Sampai sekitar masjidil Aqsho Klaten kota, tanpa disangka sangka begitu gaspol agak kencang ada oprasi besar dengan melibatkan petugas pajak (kostum coklat khas PNS atau ANS). Tetap percaya diri saja lah, karena memang STNK sedang diurus di Semarang. Ingat pernah kejadian saat touring dekat ke sragen, ada cegatan malam hari dan terulang saat ini di Klaten, beda waktu saja.

Sampai giliran ada dua petugas kostum ANS (pegawai negri sipil : era dulu) dan polisi, maka kami pilihlah polisi yang juga memanggil. Karena memang fotocopi yang dibawa, itulah sarana yang bisa kami tunjukkan sambil mengatakan : Fotocopi khan juga asalnya dari asli Pak ! kata saya. Sambil mengiyakan, akhirnya kami disuruh jalan dan malah mengucapkan hati hati ya pak di jalan ?.....hehehehe, alhamdulillah lolos dan meski cuaca cukup panas lancar jaya trip arah Prambanan. Namun, ada pemandangan tak sedap yakni kemacetan panjang menuju Prambanan. Ternyata memang ada perbaikan jalan (aspalisasi) di jalur kritis gempa lebih kurang 2 km menjelang Prambanan. yang penting STNK Fotocopy Juga Berlaku, kata saya sambil menikmati perjalanan dengan cuaca panas.

Minggu, 23 Juni 2019

Permasalahan Muncul Antara Kopling Dan Pierslagh

Aneka perawatan agar tunggangan anda masih eksis dan nyaman baik internal (mesin) hingga pakaian (sandhangan) tampil prima atau sekedar bersih bersih. Atau pengecekan bagian bawah yang pengaruhnya terhadap suara knalpot yang pernah juga berhubungan kepada spesialis knalpot yang juga dituliskan di blog ini disamping beberapa pengalaman maintenance knalpot.  Kebetulan motor kami hasil karya bengkel ini sampai sekarang telah lewat 4 tahun, alhamdulillah masih nyaman serta belum ada perubahan berarti. Permasalahan lain adalah jika motor kesayangan anda (berjenis laki) yang harus ngeslagh (manual) tanpa double starter. Pernah kami alami hingga menuliskan ide itu disini. Sampai sekarang pun masih seperti itu meski pernah dicoba dengan menghidupkan starter, namun ada feel kurang PD (percaya diri). Motor klasik kok distarter ?. Apa kata pemilik motor baru ?. Perlu diketahui bagian depan CB kami ada keranjang jepit diatas lampu, sehingga posisi kabel sering terdesak oleh muatan yang dijepit.


kabel kopling overlap dengan kranjang depan

Karena menggunakan tali dari ban untuk elastisitas slagh karena pierslagh putus, mengakibatkan geseran geseran bagian panel kabel kopling dekat mesin. Dengan tenaga lelaki untuk mengeslagh (menstarter) dengan kaki yang tentu saja kekuatan penuh (full power) apalagi pagi hari, lama kelamaan talibannya aus melar bahkan bisa putus. Yakni tali yang diungkitkan batang slagh dengan panel kabel kopling. Kejadian barusan adalah kabel kopling menjadi kaku, tidak bergerak dan bisa patah bila dipaksa untuk digerakkan. Praktis kopling tak berfungi. Memang ini sederhana bila bisa memperbaiki kabel kopling nya, namun untuk jangka panjang ada baiknya pemakaian kembali double starter dengan accu minim 6 Ampere. Tentu saja pernah dicoba milik Accu NMax yang punya daya 6 Ampere lebih, dan hasilnya lumayan. Asal panas sedikit, tombol starter ditekan mesin langsung hidup.

Accu Vario 125 6A : sumber tokopedia

Akhirnya diserahkan kepada anda, masih bertahan dengan slagh manual dengan full power yang akhirnya mengganggu stabilitas kopling atau mengurangi itu semua itu dengan anggaran lebih. Menginstall accu dengan catu daya optimum, konon milik vario 125 pun sudah cukup untuk standar tiger atau megapro. Harga kisarannya antara 225 - 250 ribu. Sekarang accu bekas pun mudah didapat, resikonya paling banter bertahan 2 bulan (sudah dicoba). Tentu yang baru lebih ajib, gitu khan masbro dan sobat biker !!!. Masalah sederhana ini akhirnya dituangkan menjadi permasalahan muncul antara kopling dan pierslagh.

Kamis, 20 Juni 2019

1001 ALASAN MEMILIKI HONDA CB

Kali ini penulis sajikan bahan pertimbangan yang mudah tapi sulit diungkapkan, sulit dijabarkan namun mudah ditemui di lapangan apalagi sedang ada acara atau event CB baik regional, lokal serta nasional. Apa sebenarnya motivasi anda, mereka atau bahkan orang dulu banyak minatnya dengan jenis motor klasik ini. Meskipun sekarang banyak sisi ubahan baik internal maupun eksternal, ada banyak ragam yang dalam sesi ini diwakili dengan judul 1001 Alasan Memiliki Honda CB. Beberapa alasan atau motivasi masing masing pemilik baik biker atau sekedar penggemar saja antara lain :


  1. Mudah Perawatan, meski bila komponennya banyak jadi tidak mudah
  2. Murah Pajaknya (maklum broo....30 th lebih usianya, tidak ABG lagi
  3. Banyak kawannya di berbagai kota
  4. Hemat serta Irit BBM nya
  5. Bebas selera sesuai ide atau keinginan pemiliknya
  6. Mudah modif nya
  7. Banyak even even yang mendukung kecil, menengah maupun acara besar
  8. Bangga memiliki koleksi barang (kendaraan) lama
  9. Biar lain dari umumnya, meski roda 2 nya tetap sama
  10. Cepat atau Lambat mudah disesuaikan asal ada biaya
  11. Lahan usaha alternatif buat penggemar, biker atau sekedar buka lapak
  12. Mudah dalam mendapat kawan baik yunior hingga senior
  13. Merakyat komunitasnya
  14. Banyak yang sukses hingga kaya karena motor jenis tua ini
  15. Bengkelnya umumnya tidak terlalu formal baik layanan atau pembayaran
  16. Tampilan motor yang jelek pun tetap membuat percaya diri
  17. Merawat warisan orang tua
  18. Bebas gaya baik merchandise atau asesoris lainnya yang tidak mengikat
  19. Mudah untuk dibuat klub klub
  20. Lahan usaha/ bisnis yang fleksibel saat ada acara dari baju sd kuliner
  21. Bergantinya waktu dijual akan mahal
  22. Jadi perhatian di lampu merah

Silahkan para penyimak, penggemar, biker, bengkel mania, ketua klub, organisasi sejenis yang bergerak bidang otomotif menambah keterangan atau memberikan masukannya. Penulis pilih judul di atas, sekali lagi karena memang sulit untuk mendefinisikan serta menguraikan. Jangankan uraian teoritis, 2 motor honda CB yang diparkir pun akan mencerminkan keinginan pemilik yang sangat dan amat berbeda.




Selasa, 18 Juni 2019

Nama Lain Honda CB Adalah KUDA BESI

Kapan nama KUDA BESI atau Iron Horse dalam inggris dikenal dalam dunia otomotif terutama komunitas penggemar motor klasik ?. Pertanyaan ini sulit dijawab, sebab saat memulai gemar atau bahkan memiliki akan selalu sebut kepemilikannya (roda 2) dengan KUDA BESI. Secara pribadi istilah kuda besi memang sangat akrab kepada semua : pencinta, penggemar, pemilik motor klasik. Tak hanya itu, sekelas slebritis indonesia meskipun dengan koleksi kendaraan barunya tetap menyebut dengan KUDA BESI dan bisa dilihat pada infotaienment disini yakni MC favorit di berbagai stasiun televisi di Indonesia.


Depan THR Sriwedari Solo

Akan tetapi khusus kalangan motor klasik berjenis motor tua (lama), istilah KUDA BESI memang lebih akrab dengan mereka. Kenapa ? inilah diantara rahasianya. Komponen dan bahan mayoritas motor atau mobil mereka berbahan besi (iron) hampir mendekati 90%. Sehingga bila ada proses perawatan, service hingga penggantian spare part (komponen) memang melibatkan bahan baku besi serta pengerjaannya dengan Las (whelding), apapun jenis motor/ mobil itu. Di samping itu pengambilan kata KUDA tak lain beberapa sifat kuda adalah bisa berjalan dengan kencang atau cepat. Tidak kata yang tepat menggantikan kuda meskipun berkategori sama seperti : kerbau, sapi, keledai, khimar (khusus timur tengah). 

Honda CB tentu tak luput dan masuk kategori jenis motor klasik yang sangat populer di dunia meski asal produsennya dari Jepang. Di Indonesia dimulai sejak tahun 1971 jenis K-1 yang dikelola oleh Federal Motor yang memang perusahaan ini mulai beroperasi sejak 1971. Berarti sekarang sudah hampir 50 tahun keberadaanya di Indonesia atau 1/2 abad. Sebuah usia yang mendekati usia matang seorang manusia mencapai puncak karier nya. Bagaimanapun dan kapanpun motor klasik berjenis CB akan pantas dijuluki nama lain honda CB adalah KUDA BESI.

Minggu, 16 Juni 2019

Sering Lupa MK Akhirnya Dapat MK Yang Baru

Eiiith..........nama MK sedang hangat hangat nya braath. Namun ini bukan persidangan Mahkamah Konstitusi (MK) yang berat dan menyita banyak pemirsa. MK ini versi blogging motorist saja yakni Menaruh Kunci (MK), hehehehe. Lalu yang kedua MK : Material Kunci. Penyakit yang sering diderita para biker entah dari pergi jauh atau sekedar belanja ke warung sering lupa Menaruh Kunci (MK) atau kontak. Gara gara kejadian akhir puasa ramadhan lalu yakni ceroboh Menaruh Kunci yang belum ketemu sampai sekarang, baru kemarin bisa ganti MK (Material Kunci) yang sedikit beda. Biasanya hanya Mengganti Kunci saja, namun sang ahli kunci malah menawarkan Material Kunci baru. Alhasil, tidak sampai 50 ribu sudah lengkap Material Kunci plus bodinya yakni jadilah TT (Tukar Tambah).

Parkiran Yang Milik Bersama

Problem pemilik motor seperti CB jika belum banyak perubahan, memang suka install pengaman dengan kunci bagian roda depan yang terpisah dengan kunci kontak utama (On-Off). Pernah ditulis disini secara sederhana tabiat pemilik CB yakni MK (Meninggalkan Kontak) di Motor. Ini sudah tak bisa dipungkiri, baik sengaja atau tidak. Khusus untuk pengaman di roda depan, memang tidak semua menyempatkan untuk punya. Mungkin malas cari MK (Material Kunci) yang langka, atau bila bekas (second), harus diutak atik lagi sementara kebutuhan keamanan juga penting.


MK (Material Kunci) Baru

Saya tinggal di komplek yang banyak orang orang lewat termasuk anak anak karena ada komplek masjid tua, dipastikan halaman yang ada menjadi lahan parkir keluarga besar. Tak urung, saya memanfaatkan itu karena memang rumah peninggalan ibunda alm. tidak memungkinkan buat parkir. Sudah 5X ganti MK (Material Kunci) namun semuanya bekas, kadang hanya dapat batang vertikalnya saja, lalu harus cari batang horisontalnya lalu bikin kunci. Terakhir, justru batang vertikalnya yang hilang (raib), hehehehehe......Biar raib, tetep saja harus tersenyum karena meski hanya batangan kunci pengaman, tentu yang mengambil akan memanfaatkannya. Pengalaman sederhana namun unik ini memunculkan ide buat mencurahkan dalam catatan sering lupa MK (menaruh kunci) akhirnya dapat MK (material kunci) baru.


Jumat, 14 Juni 2019

GOOD NEWS

Hari ini 14 Juni 2019 memperoleh email yang berisi pemberitahuan bahwa blog ini telah diizinkan untuk memasang percobaan atau trial set up adsense code. Tentu lewat jalan panjang sejak dituliskannya blog ini pada awal awal hingga saat ini. Meski masih bersifat trial atau percobaan, akan tetapi cukup menggembirakan karena rentetan kejadian, peristiwa, kronologi beberapa waktu lalu hingga saat ini diwujudkan dalam tulisan, sudah memenuhi sebagian syarat google untuk mengizinkan pemasangan unit iklan adsense walaupun belum nampak betul (tampilannya). Sebuah apresiasi yang bagus serta memacu untuk berkarya di kemudian hari. Semoga diberi kelancaran, Amin.


Email 14 Juni Jam 12.38 WIB