• CB Project Pipeline Bojonegoro

    kenangan tiada batas saat pernah mengerjakan job ini

  • kangndun in memoriam

    gajah mati tinggalkan gading - maestro tiada tinggalkan jasa untuk CB nusantara

  • bumi sumatra jadi saksi

    ketangguhan lahir karena ketekunan yang selalu diasah bukan warisan - mister CB blogger

  • ibukota jakarta juga saksi sejarah

    ribuan CB seantero nusantara dalam jamnas di lapangan MNC TV

  • bersama KCBI Peduli

    siapa bilang biker tidak bisa peduli ? KCBI lah jawabannya....!!

Sabtu, 10 Agustus 2019

ANEHNYA JUAL BELI CB

Malam ini bertepatan dengan tanggal 10 Agustus 2019, hari bahagia buat muslim dunia karena besok lebaran agung Idul Adha, sementara yang di Makkah sedang laksanakan kumpul agung di Arofah menandai resminya seseorang lakukan ibadah haji. Hari ini juga ada kabar bagus bro Danny D'lawas yang berhasil menjual motor kesayangannya CB Biru nya. Sudah diminta izinnya untuk menuliskan di blog ini tentang proses jual belinya yang tentu sudah ada komunikasi sebelumnya. Memang pernah juga diulas tentang disini tentang para senior berjualan. Entah suksesnya di marketplace, media sosial, WA Group atau sekedar mejeng di jejaring sosial yang umum seperti facebook. Yang lain boleh menyusul bila keanehan, keunikan serta rumitnya jual beli CB yang kami masukkan tag di blog ini, termasuk malam ini adalah brother Danny D'Lawas yang motor CB birunya berpindah sang majikan baru. Terus terang kami tertarik dengan rasa syukurnya dengan ungkapan :

CB bluesky tersoldkan atau terjual 
-------------------------------------------------------------------------------------------
Alhamdulillah awal yg baik mugia barokah di tempat Enggal amin. Bluesky tersoldkan
-------------------------------------------------------------------

Coba simak kalimat terakhir Bluesky tersoldkan ini terasa aneh dan unik namun pas di reader (pembaca) berita tentang jual beli CB nya. Memang untuk sebuah status dengan gaya bebas serta apapun ungkapannya tanpa kontrol dari pihak medsos sendiri. Namun di tulisan via media blogging akan diperluas dengan sebuah bahasan bisa saja singkat atau luas tergantung kreativitas copy writer (penulis itu sendiri). Ini bukti bahwa hanya dengan 1 motor CB saja varian dan berita yang dikeluarkan sesuai dengan tema ini. Perasaan yang gembira serta ungkapan gembira yang singkat namun tulus bisa terekspresikan pasca sepeda motor kesayangannya laku atau terjual. Tentu saja, proses tawar menawarnya juga sesuatu yang kadang tidak lazim (maklum jual beli CB termasuk diluar standard) sebuah jual beli. 

Bagi sohib, biker, brother, seller atau buyer yang punya kenangan indah, insya Alloh dengan senang hati bisa kami tuliskan disini dan menjadi kenangan menarik yang suatu saat atau kapan kapan bisa dibuka kembali. Pasti dehh.....untuk mendapatkan sebuah motor CB, tentu riwayat serta kesiapan dalam mendapatkan hingga perjuangan kesana kemari adalah sayang sekali bila tidak tertuliskan hingga menjadi sejarah tersendiri. Penulis sendiri juga sampai kelupaan bagaimana dulu ingin memiliki CB Dream yang jadi angan anganannya setiap hari serta harus browsing dan cari cari berbagai iklan, mana harga yang pas dengan saku, dimana lokasi penjual, berapa tingkat negonya serta kapan janjian buat COD, adalah kejadian yang langka dan nyata. Akhirnya baik pemilik dan calon pembeli menjadikan satu CB sejuta saudara adalah tak bisa diingkari.

Selamat berhappy ria buat pemilik karena sudah tersoldkan, serta selamat merawat buat juragan baru bluesky CB sesuai nama yang oleh pemilik dinamai dengan sebutan demikian.










Minggu, 04 Agustus 2019

Koleksi Merpati Motor Jogja

Tak sengaja buka buka you tube, menemukan video yang diupload oleh brother Alit Susanto yang memuat koleksi Bp Handoko Merpati Motor Jogja. Dulu saat masih di Jogja sering lewat dan mampir 2X namun sepertinya belum diijinkan untuk sekedar ambil gambar. Ternyata, sekarang sudah longgar sang pemilik rumah jual beli motor bekas oke (mokase) serta motor baru dengan branding toko bernama Merpati Motor. Yang tak bisa dilupakan seputar cerita sang jendral penggemar motor klasik yakni Jendral Purnawirawan Suyono yang masuk museum motor klasik dan antik ini hingga memakan waktu lebih kurang 3 jam di dalam. Beliau dikenal luas baik penggemar motor klasik eropa atau jenis amerika HD (Harley Davidson).




Tentu upload an sdr Alit Susanto cukup membuat lega bagi penikmat motor klasik berbagai jenis yang ada di dunia kumpul di gedung Merpati Motor yang terletak sebelum PKU Muhamadiyah jika dari jalan wates (studio ziproduction) dulu berbase camp seputar gamping Jogja. Memang tiada jemu atau bosan bila masuk di ruang yang menampung ratusan motor berbagai jenis dari tahun jadul paling lama hingga yang belakangan hadir. Baik merek honda, yamaha, suzuki, BSA, Norton, Triumph, Jawa, Matchles, hingga Harley Davidson dan lain lain. Dijamin para penikmat dan penggemar motor tua akan betah dan berlama lama di ruangan yang cukup lebar untuk ukuran lantai-2.

Seperti dilansir media online tempo.co, yang rencananya akan buka cabang museum barunya di sleman seperti informasi ini, maka akan menambah daya magnit wisata otomotif Jogja, baik di kota Sleman. Bagi para penggemar baik independent atau komunitas, silakan mampir di museum motor tua (klasik) yang membanggakan tentunya bagi bangsa indonesia, dan tak perlu ke luar negri. Diantara bocoran yang penting, saat kami kunjungi dulu katanya semua motor dalam keadaan bisa dihidupkan (ready to swtch on). Woww.....keren..... Terima kasih Bp Handoko yang ternyata ide itu telah dipasang sejak tahun 1987 dan tak lekang ide membuat cabang hingga tahun ini (2019) yang katanya akan launching tahun depan (2020). Semoga sukses sang juragan .....!! bravoo.






Selasa, 30 Juli 2019

CB Indonesia Kembali Berduka Usai Acara Semarang

Kemeriahan acara atau event Semarang CB Club (SCBC)  tanggal 27-28 Juli 2019 kemarin, memang diakui beberapa biker CB yang hadir. Dan ini bisa disimak dengan beberapa status (TS) mereka yang akan berangkat ke lokasi acara. Namanya event CB entah sebelum atau usai acara, tetap akan menyisakan cerita, dari selfi, mejeng otw (on the way), service dadakan, pamitan hingga doa bersama menjelang keberangkatan.  Bahkan ada berita dari Jawa Barat, rombongan ada yang mengalami kecelakaan cukup serius hingga sang biker meninggal di TKP (sengaja tidak ditampilkan). Ingatan kita pada sosok ini yang sudah mendahului sebelumnya. Tak bisa digambarkan betapa besar jasa jasanya.


screenshot informasi kepergian almarhum

Kemarin, ramai ada video hasil CCTV daerah jalan lintas selatan gembongan Kartasura memperlihatkan dengan jelas bagaimana seorang biker CB dengan speed tinggi menyenggol mobil jenis avansa lengkap dengan tukang parkirnya serta kejadian jatuhnya korban. Masih selamat biker nya, dan kendaraan rusak dengan tingkat medium (belum parah). Tentang kemeriahan di acara (lokasi) tak perlu diwartakan lagi, karena memang tiada event CB Indonesia dikatakan tidak meriah. Apalagi kota Semarang adalah ibukota propinsi Jawa Tengah.


teringat jaket biru muda saat di bengkulu

Terakhir, yang menghiasi media penyambung komunikasi antar CB Indonesia (medsos) sore hingga malam ini dengan wafatnya Senior (Sesepuh) CB Indonesia dari Bali : Bp, Hanung Tefa sekaligus penasehat CB Indonesia. Dengan bapak ini, memang tidak asing wajahnya, hanya nama memang kadang luput perhatian. Hanya saat berbagi makanan dengan tamu (jaket levis biru muda), itu adalah biker dari Sumatra, yang pernah bertemu 2X di acara jamnas CB I Bengkulu dan CB Jambi. Beliau selalu mampir di lapak kami zip production terutama untuk membelikan oleh oleh cucu atau ponakan ponakannya (kid biker tshirt).


senior lapaker seno nganjuk jelang ke semarang

Semoga alm. Bapak Hanung Tefa, selaku tokoh yang berjasa besar terhadap perkembangan CB Indonesia menempati tempat yang baik sesuai amal amalnya saat disisi Tuhan YME serta keluarga yang ditinggalkan, juga diberi kesabaran terhadap kepergian bapak Hanung Tefa yang sebelumnya menderita sakit beberapa waktu.

Jumat, 19 Juli 2019

Jangan Biarkan Motor Hidup Sendiri

Dear brother CB er nusantara, ingatkah lagu lagu klasik bertemakan melankolis dengan gubahan : jangan biarkan, aku sendiri lagi. Saat almarhumah ibunda saya masih setia kami temani, jika saya pamitan mau ke Jogja menemui mbok enom (istri sendiri), maka mbok tuwo (ibunda saya) selalu bersyair : sendiri lagi.....duhh sedih rasanya. Habis gimana lagi, Jogja juga penting karena ada sesuatu yang harus diurus dan disana ada karyawan yang bekerja. Ini sudah dilakukan semenjak ibunda masuk usia 70 th an, usia yang sudah cukup banyak bonus, alhamdulilah. Beliau dipanggil Alloh SWT tanggal 27 Maret 2018 dan alhamdulillah 1 tahun kami bisa mendampingi langsung tanpa repot perawatan di Rumah Sakit atau Klinik.

ditinggalkan sementara karena terburu belanja

Kembali ke topik utama, bagaimana bila motor anda sedang hidup dan tanpa sadar serta tiba tiba anda turun dan karena sesuatu urusan, motor masih hidup ?. Untuk jenis matik nampaknya beresiko tinggi, karena siapa tahu ada tangan jahil langsung sambar bagai kilat. Akan tetapi untuk jenis motor klasik, insya Alloh dan semoga saja tidak terjadi apa apa (aman 86). Mengingat tidak semua orang bahkan teman sendiri, belum tentu familier dengan kuda besi kita. Karena tabiat, cara menghidupkan, akrab di jalanan, serta bagaimana mengoprasikan kuda besi ini sangat unik dan personal sekali (pribadi). 

Akan tetapi secara umum, disamping kebiasaan meninggalkan kunci kontak di motor, meninggalkan kendaraan dalam keadaan hidup meskipun dari jarak dekat, tetap tidak dibenarkan kecuali memang dalam perawatan, servis, transkasi jual beli dan lain lain. Bisa jadi, karena sedang sial sementara motor hidup datanglah tamu tak diundang lalu menyambar kuda besi anda. Yang sering terjadi, yakni sudah  sering terjadi saat test riding justru langsung tancap gas yang akhirnya membuat salah satu pihak gundah  dan ternyata tidak balik lagi. Yang demikian, tak lama kemudian akan menyebar di dunia media sosial dan biasanya, baik teman kenal atau tidak akan cepat antisipasinya. Inilah ide ini dan akhirnya tercurah lah Jangan Biarkan Motor Hidup Sendiri.

Kamis, 18 Juli 2019

Suspend 30 Hari Dari GA Menjadi Hikmah Tersendiri

Terhitung Mulai tanggal 10 Juli 2019 sebagaimana blogger blogger lainnya yang pernah alami suspend dari Google Adsense (GA) tentu tidak membuat nyaman baik iklim penulisan serta blog itu sendiri, termasuk blog ini. Akan tetapi tanpa teguran keras, terkadang menjadikan para blogger yang terhormat terlena diri atau lupa diri. Entah itu invalid ckliks atau keanehan dari pengunjung (visitor) atau mengklik sendiri iklan yang sedang tayang, sementara masih dalam taraf tinjauan, revisi atau tepatnya tahap-2.

Klik Aneh  Di Analityc Google

Dugaan semula saat ngeblog siang hari, tanpa dirasa terasa kantuk sekali (di warnet kebetulan), tiba tiba saat mau nulis layar dalam keadaan posisi normal, tanpa layar editing. Entah kepencet sengaja atau tidak, pada posisi tertidur kurang lebih 10 menit, mungkin ada iklan yang terklik dengan sendiri. Setelah dicek memang ada 2 buah klik. Tetapi, tanpa disangka pula ada pengunjung dlam jumlah fantastis muncul bahkan sempat disimak hingga angka mendekati 400. Aneh dan ajaib dan sempat terekam saat iseng buka di google analityc nya. Wahh.....aneh nih, pikir saya. Malam nya kira kira jam 21.00 muncul nformasi bahwa akun sedang suspended selama 30 hari, dan bila lolos uji masa itu, iklan akan tampil otomatis apabila tidak ada kesalahan yang serius.

Reset Akun di Analityc Google dg New Name

Setelah browsing kesana kemari, dan memang untuk keanehan, perilaku yang mencurigakan bisa menyebabkan iklan adsense tidak ditayangkan sementara sambil nunggu evaluasi, dan itu masih merupakan peluang pertama. Namun jika masih terulang hingga ada kesalahan fatal, bisa berlanjut hingga dibanned (ditoalak selamanya).......kata orang di jalanan : mampuslah dikau....hehehehe, sementara ngeblog sudah dilakukan dengan makan waktu serta finansial tentunya termasuk ide yang tentunya tidak datang tiba tiba. Sempat juga mengajukan informasi tentang keanehan itu, namun yahh.....itu sebatas informasi saja.

nampaknya ada invalid visitor yang aneh 

Justru di saat suspended time ini, bisa digunakan untuk menelaah tiap tulisan/ judul yang sudah publish dan ternyata sedikit sedikit bisa membantu penambahan jumlah visitor organik meski tidak begitu significant (berarti), daripada stagnant (berdiri di tempat). Bersih bersih tempat menemukan barang berharga, surat yang dicari hingga kunci duplikat yang tak disangka. Sama halnya bersih bersih blogging, ternyata memang ada saja bahasa, susunan, gambar, sketsa dll yang memang belum pantas menyandang full approved. Inilah pelajaran lain yang didapat akibat Suspend 30 Hari Dari GA  Menjadi Hikmah Tersendiri.

Yang bikin heran, iklan dinyatakan OFF tayang akan tetapi tetap saja ada klik yang invalid (gambar paling atas). Bahkan ada 37X ....?? aneh bukan....!! Memang di dunia ini mana ada yang gak aneh ?. Esoknya daripada nanti bikin tidak sehat, karena ada invalid 37X, maka akun Analityc Google nya direset saja alias didelete lalu ganti baru (akun baru). Lalu setelah di cek, terdapat sesuatu yang normal yakni angka 0 (zero). 






Selasa, 16 Juli 2019

PERHATIKAN KEKUATAN SLEBOR DEPAN CB ANDA

Pulang dari event Wonogiri tepatnya di lokasi Waduk Gadjah Mungkur beberapa tahun lalu jadi inspirasi tulisan ini. Adalah brother Nandar yang saat masih kuiah di Jogja sering membantu lapak zip production di hajatan event otomotiv baik di pulau Jawa atau luar jawa. Brother  satu ini termasuk biker yang cukup paham mesin juga baik roda 2 atau roda 4. Sayangnya, dengan motor CB nya terkadang kurang perhatian dari sisi asesoris nya, yang dalam materi ini adalah slebor depannya. Kebetulan slebor depannya mengaplikasikan asesoris batangan besi di atasnya seperti pada gambar berikut :

Asesoris Batangan Besi Di Atas Slebor
Memang, jika pengerjaan las (whelding) nya bagus, keamanan dan kenyamanan slebor depan menjadi kepuasan sendiri. Lain yang dialami brother Nandar, karena alpa/ lupa cek dan ricek terhadap keadaan slebor depannya menjadi kecelakaan yang fatal yakni kecelakaan tunggal, akan tetapi beda dengan model atau kecelakaan ini yakni brother Nandar luka dan lecet di wajahnya serta sedikit lecet di kaki. Kejadiannya sesaat akan pulang dari acara di atas (wonogiri) sementara 2 minggu lagi akan melangsungkan pernikahan. Sempat jadi candaan dan tawaan tetangganya, owalaaah......mau nikah kok apes ?, demikian logat daerah khas nya Karanganyar Jawa Tengah. Ternyata kejadiannya adalah baut yang jadi pengunci batangan besi ke slebor serta yang porok lepas (loss). Karena kebiasaan gaspol dengan cepat, maka ia terpental dengan posisi jalanan masih agak sepi, sehingga hanya luka di badan (wajah, kaki).

Dengan kejadian itu, maka perlu menjadi perhatian diantaranya :
  1. Las (whelding) harus perfect (sempurna) sebelum test ride untuk touring
  2. Pemakaian mur baut usahakan yang kualitas asli (original)
  3. Ada suara berisik ringan segera hentikan touring
  4. Jika nomor 1-3 masih berlanjut, stop dulu perjalanan anda dan selamatkan dulu motor CB Anda
Sebenarnya secara teknis masih ada beberapa yang ditambahkan, silakan para pembaca yang budiman tambahkan. Materi ini meski hanya sering menjadi posting dalam media sosial, akan tetapi menjadi kurang perhatian pada sisi asesoris meski tergolong bukan utama. Ini menjadi bukti, bahwa memang hanya dengan motor saja bebarapa ide bisa dicurahkan sebagaimana gambar ini yang ternyata tidak akan pernah habis menjadi bahan/ judul tulisan










Sabtu, 13 Juli 2019

Tampil Beda

Ada saatnya tampil bukan seperti biker CB di jalanan yang akan mendatangi acara atau event CB atau memang sengaja dalam rangka ritual aspal tertentu, seperti napak tilas untuk menelusuri jejak para wali songo di pulau Jawa. Ada beberapa komunitas membuat acara khusus semisal itu. Namun ini sebuah acara keluarga yang mungkin terjadi hanya 1X dalam hidup yakni pesta pernikahan. Kebetulan paman sebelah rumah punya hajat besar menikahkan putra terakhirnya dengan lebih kurang 1000 undangan bertempat di tengah kota Solo, yakni Gedung Wanita Manahan.

sesekali berformal ria

Karena harus bertugas menerima tamu di acara khusus dan besar ini, sengaja bukan memakai pakaian (kostum) batik sebagai icon kota Solo, akan tetapi dengan jas hitam, celana hitam serta pakaian dasar putih. Teringat dalam tulisan blog ini yang pernah membahas romantic biker, yang tampil elegan dengan asesoris bunga di motornya. Namun dengan penampilan formal ala kantoran, sesekali menghiasi para biker CB untuk Tampil Beda dan ini syah syah saja. Alhamdulillah, tetap dengan rasa pede dengan cebe jadilah hari ini sebagai hari spesial dan mungkin baru pertama kali ini berjas ria serta berparkir di arena yang banyak tamu berbagai luar kota serta dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota Solo. Barokallohu Lahuma, semoga barokah kedua mempelai yakni bagus Fahmi putra terakhir paman kami, yang mempersunting roro ayu Arum dari Salatiga.

Minggu, 07 Juli 2019

Media Sosial Manfaat Buat Yang Mogok

Pernah di blog ini dikisahkan sohib yang sedang alami kendala di jalan dan penulis sendiri ada di seputar pasangan muda itu bisa simak disini. Malam ini juga terjadi di pelataran barat Semarang atau tepatnya Kendal dari sohib Miftahul Arzaq yang dalam postingannya meminta bantuan. Persoalannya ngelos atau loss saat distarter manual. Yang sering saya alami dulu saat masih bolak balik baik Solo-Jogja atau dari  Jogja-Solo. Yang akhirnya hingga menginap saat ramadhan pas sahur atau sekitar jam 3.00 pagian.

Postingan Malam Ini Saudara Kendal

Memang mogok di tengah malam, itu sesuatu banget, hehehehe. Apalagi menyebe sendirian seperti yang saya alami di saat tengah malam. Setelah dicek semua kelistrikan dan tentunya brother yang datang dengan peralatan terbatas untuk solusi kagetan ini. Alhasil, motor harus disepet/ didorong ke lokasi atau rumah sang dewa penolong karena waktu sahur sudah hampir habis. Keesokan harinya ternyata ada kelistrikan menuju kontak yang trouble, dan karena kunci kontak juga sudah usang akhirnya ganti baru sajalah walaupun kelas KW, dan alhamdulillah masih work (bagus) hingga saat ini.

Semoga yang diposting di atas oleh sohib/ brother Miftahul Arzaq segera ada brother brother Kendal yang merapat hingga trouble segera diatasi, minim mampir ngopi atau sekedar istirahat. Manfaat ngopi jelas sederhana namun penuh dengan makna.  

Rabu, 03 Juli 2019

SATU CB SEJUTA KATA DAN MAKNA

Ketika seseorang memiliki kendaraan bermotor jenis CB, tak akan mungkin berhenti dalam hal pemakaian saja. Hal yang tak bisa dihindari akan mencari informasi seputar : para bikernya, kapan ada acara/ event, dimana tempat/ bengkel yang cocok jika untuk perawatan, dimana membeli merchandise nya, dimana bisa gabung sekedar untuk berbagi masalah dll. Blog ini pernah menurunkan tulisan antara satu juta saudara dan sejuta sebulan. Pengalaman saat bertemu di bengkel ganti oli, akhirnya muncul ide itu. Yang paling legendaris dan sering ditempel di berbagai stiker serta merchandise baik kaos dan jaket atau kemeja  adalah tema ini. Saat pertama saya kali memiliki jenis motor ini, masih lengket dan menjadi icon yang masih awet dan langgeng hingga sekarang.


Hal lain yang sempat dibahas adalah tentang sejuta peluang usaha, yang juga tampak berbeda dari tahun ke tahun. Sejak tampil di lapaker CB tahun 2010 dan agak mengurangi tampil di lapaker sejak 2016, karena merawat ibunda yang masuk usia senja yakni perkembangannya luar biasa. Ini sebuah tanda bahwa pergerakan komunitas penggemar motor CB akan bertambah dan berkembang tiap tahun. Judul diatas dipilih karena dengan satu CB sejuta kata dan makna menjadi dasar diterbitkannya blog ini. Gejala itu amat dirasakan dengan kreatifitas masing masing pelaku yang mendukung baik ke arah perlengkapan kendaraan hingga perlengkapan para biker nya. Tak pernah kehabisan ide. Sehingga kata kata dan makna dipilih melengkapi tulisan ini.

Sebagai argumen yang sederhana adalah kata sederhana yakni LEBARAN. Apa yang melingkupi aktivitas lebaran seperti : mudik, baju baru, silaturahim, syawalan, zakat fitrah, sedekah kepada kerabat atau bahasa kerennya angpao, dll mlingkupi 1 kata Lebaran. Indonesia yang diwacanakan dengan bahasa nasional nusantara memang kaya akan budaya serta kreatifitas yang menjadikan 1 kata akan memiliki makna makna yang berbeda beda. Inilah juga yang melanda dunia motor klasik lainnya, misal untuk motor klasik CC besar yang jika di kalangan CB terkenal dengan CB Indonesia yang akhirnya disingkat CBI, sedangkan motor klasik terkenal dengan MAC (Motor Antique Club) Indonsia yang disingkat MACI. Di kalangan CC yang super gembot ada HDCI (Harley Davidson Club Indonesia) yang berbasiskan minim 750 CC (jenis klasik) serta diatas 1500 CC (jenis medium hingga baru).

Insya Alloh meskipun hanya berbasis 1 CB saja, akan bisa ditampilkan sejuta kata kata dan makna baik membahas permasalahan yang umum hingga permasalahan khusus. Di samping tulisan ini mengedepankan makna 1 CB, adalah termasuk bagian review blog ini. Pernah salah seorang biker yang cukup dekat dengan saya menanyakan : kok blog anda bisa menurunkan berbagai tulisan dan judul sementara dasarnya cuma 1 obyek ?. Sederhana cara antisipasi soal ini, bahwa indonesia itu sperti nusantara bahwa 1 hal/ kejadian/tema akan megandung sejuta kata kata makna. Sebut saja beberapa merek yang pernah landing (terkenal) seperti kaos DAGADU. Hampir tiap mingguan (pekan) bak seperti pabrik kata kata dan jarang pembeli yang bosan. Padahal bila dicermati, basic nya adalah kejadian sehari hari serta diapresiasi dalam wujud kaos dengan sejuta tema. Bahkan hingga Raja Jogja pun akhirnya memberi izin untuk pembuatan di jalur non resmi (pelaku UKM) untuk memproduksi jenis kaos itu dengan harga khusus kerakyatan dan murah meriah, sementara produk asli hanya berada di 1 mall saja dan itu pun termasuk mall cukup besar di Jogja.

Sebut nama lain adalah JOGER di Bali. Para pembaca yang budiman akan paham, sepertinya kreatifitas JOGER tak berbeda dengan DAGADU Jogja. Inilah kenapa, dengan 1 obyek atau tema di Indonesia akan bermunculan sejuta kata serta makna. Semoga para penikmat dan pembaca blog, bisa membantu para aktifitas blogger karena dengan kepiawaiannya menulis, akan memberikan nilai tambah serta mengisi zaman zaman yang selalu berubah.  Dengan kata dan makna, tidak menutup kemungkinan akan membuka peluang peluang yang beraneka dan sulit diprediksi ke depan. Para blogger inilah yang nanti suatu saat akan menjadi atensi dan perhatian, karena kejeliannya melihat, mendengar, hingga membahas sesuatu yang sumbernya hanya bermodalkan 1 obyek saja, insya Alloh dan Allohumma Amin.

Sempat Selfi Sebelum Go Umroh 2 th Lalu

Contoh lain sebagai penutup tulisan ini, saat umroh pun penulis hanya bermodalkan kamera HP sederhana dan apa adanya bisa menurunkan tulisan yang ternyata dengan dunia motor klasik indonesia masih berkaitan. Ini dibuktikan dengan saudara Rojik lapaker kota Banyuwangi yang saat umroh memanfaatkannya untuk membuat gemuk assetnya, karena disana memang banyak makhluk makhluk berupa motor klasik yang sudah tidak terurus, dan ternyata bisa dijadikan komoditi serta bahan jual beli di Indonesia. Mantab jadinya perjalanan umroh bang Rojik atau Ojik ini, yang beberapa albumnya sempat menghiasi dunia medsos serta para penyimak dibuat kagum atas kepiawainnya dalam memburu harta karun berupa motor motor jadoel (tua). Rasanya bila kesempatan umroh itu ada, bang Ojik akan berumroh tiap tahunnya.







Selasa, 02 Juli 2019

SIM C UNTUK SAAT INI DI KOTA SURAKARTA

Tanggal 2 Juli 2019 adalah masa habisnya SIM C untuk saya sendiri atas nama Achmad Saiful Hadi. Namun seiring antrian yang membludak atas permohonan SIM C ini baik yang baru, perpanjangan, penggantian karena kehilangan cukup banyak. Saya melakukan sehari sebelum masa berlaku habis yakni tanggal 1 Juli 2019. Tujuannya agar lebih rileks dan santai saat menuju antrian setiap pos pos administrasi, karena baru kali ini melakukan sendiri. Sebelumnya sering menitipkan di biro atau periode sebelumnya hanya foto 2X3 lalu kutitipkan pada petugas satpam satlantas biar cepat. Kalau tak salah saat itu awal bulan Juli 2014, kota Surakarta akan kedatangan tamu kepala negara (bapak SBY). Praktis dan tentu sebagian pejabat kota disibukkan oleh tamu orang nomor -1 negri ini. hal itu sehari sebelumnya banyak lokasi atau titik yang dipadati petugas baik kepolisian atau TNI. Pikir saya, via jalan cepat sajalah, karena kesibukan semua jajaran keamanan sudah nampak sehari sebelumnya. Resikonya adalah sedikit ada biaya lebih istilahnya. Tidak mengapa karena kondisinya lebih safe saat itu.

Perpanjangan SIM C ini sekaligus dimulainya pemerintahan baru, karena sebelumnya sering dapat info pelayanan agar dipermudah maka momennya memang sengaja kumanfaatkan mengurus sendiri. Dan ternyata memang sedikit lebih hemat dari sebelumnya jika menitipkan di biro, meski beberapa biro jasa juga teman teman saya yang sudah kenal cukup lama. Meski artikel ini tidak ada kaitan langsung dengan kendaraan fisik, akan tetapi agar kenyamanan saat menyebe (istilah komunitas CB saat ini) lebih tenang serta nyaman. Mungkin biaya dan tenaga saat mengurus tak sebanding apabila terkena oprasi tilang atau razia yang kadang sulit diprediksi para biker yang budiman. Contohnya seperti yang ditulis sebelumnya.

SIM Sementara Berisi 3 Lembar 
Penulisan judul SIM C Untuk Saat Ini di Kota Surakarta sengaja dijadikan judul atau tema, mengingat setelah didapat surat dari kepolisian itu ada perbedaan dengan yang sudah sudah. Yakni tidak langsung berujud kartu seperti ATM atau KTP, akan tetapi surat keterangan sementara. Kartu yang syah dan resmi akan diberikan 1-3 bulan mendatang. Alasannya material untuk SIM C kata petugas adalah belum dikirim dari instansi pengadaan. Adapaun prosedur dan biaya sebagai berikut :
  1. Mendaftar bagian KIR kesehatan dan cek penglihatan (mata), berat badan dengan data dasar KTP serta copy 2 lembar (KTP & SIM C). Biaya administrasi Rp 40.000,-
  2. Data KIR Kesehatan lalu dibawa dan untuk permohonan perpanjangan setelah mengisi blangko informasi diri, nomor HP, email, No KK dll. Biaya administrasi Rp 75.000,-
  3. Setelah verifikasi petugas, diadakan foto jati diri (identitas) untuk dipajang di kartu (2X3) cm
  4. Ke bagian permohonan, masih di gedung yang sama untuk tahap berikutnya. Disinilah kartu untuk SIM C diterbitkan. 
  5. Keterangan Petugas, untuk saat ini kartu SIM C masih berujud Surat Sementara (Surat Keterangan) yang terdiri 3 set lembaran
  6. Surat itu meski perlu keamanan, tidak sobek, tidak hilang maka dijaga hingga maksimal 3 bulan ke depan
Demikian informasi seputar permohonan perpanjangan SIM C agar selama berkendaraan anda, kita, mereka nyaman di perjalanan. Khusus yang mengajukan kartu SIM C baru entah karena hilang atau terlambat (expired) nampaknya berbeda. Yang permohonan baru kemungkinan akan diterapkan test ride atau test berkendara (baca roda 2). Bersifat sementara ini pernah terjadi juga di identitas motor yakni saat penggantian plat nomor. Terus terang, kami menggunakan jasa pembuat plat nomor untuk memasang plat nomor menempel di kendaraan, karena plat yang lama hancur separuhnya karena jatuh.